Hallo. Salam semangat untuk para pembaca. Berikut ini akan dipaparkan alokasi waktu, Kompetensi dasar dan materi pelajaran SMA/MA, berdasarkan Silabus mata Pelajaran Antropologi di SMA/MA Kurikulum 2013.

Penggunaaan alokasi waktu pada mata pelajaran Antropologi kelas XII yaitu sebanyak  112 jam pelajaran

Mata Pelajaran Antropologi kelas XI Mencakup 6 (enam) Kompetensi Dasar sebagai berikut:

3.1 Memahami dampak positif dan negatif dari perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.

4.1 Melakukan pengamatan lapangan, membaca berbagai literatur/media masa, dan berdiskusi untuk memahami perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.

Dari Kompetensi 3.1 dan 4.1 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu terdiri dari berbagai materi sebagai berikut:

  • Konsep-Konsep tentang Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi
  • Dampak Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.

3.2 Mengidentifikasi, menganalisis dan menilai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif,  diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan narkoba, dan hedonisme).

4.2 Menggunakan  pendekatan Antropologi dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menilai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif,  diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, dan hedonisme).

Dari Kompetensi 3.2 dan 4.2 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu terdiri dari berbagai materi sebagai berikut:

Dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif,  diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan narkoba, dan hedonisme) sebagai dampak perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi.

3.3 Merancang strategi kultural berdasarkan sumber-sumber  kearifan lokal dan tradisi lisan untuk mengatasi berbagai dampak negatif dari perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi bagi pembangunan  karakter bangsa (nation and character building).

4.3 Membaca literatur, melakukan pengamatan (observasi), dan wawancara (interview) untuk merancang strategi kultural berdasarkan kearifan lokal dan tradisi lisan untuk mengatasi berbagai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi dalam rangka pembangunan  karakter bangsa (nation and character building).

Dari Kompetensi 3.3 dan 4.3 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu terdiri dari berbagai materi sebagai berikut:

  • Sumber-sumber Kearifan Lokal (local wisdom) dan Tradisi Lisan
  • Strategi Kultural mengatasi perilaku negatif.
  • Pembangunan Karakter Bangsa (nation and culture building)

Itulah sedikit ulasan singkat mengenai Kompetensi Dasar dan materi pelajaran Antropologi di kelas XII.

untuk lebih lengkapnya silahkan download file di bawah ini

52-silabus-antropologi-sma-2016