Nov 15

youtube

“Aku pengen liat videonya.”

“Cari aja di youtube.”

Hm, sekilas percakapan seperti itu tentu sudah tidak asing di telinga kita. Bahkan mungkin kita sendiri sering mengucapkan hal itu.

Yap, youtube adalah salah satu media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Youtube adalah salah satu jejaring sosial berbagi video di dunia. Dan situs ini merupakan situs tersukses di dunia. Dalam enam bulan pertamanya, video yang telah diunggah oleh pengguna mencapai 65.000 dengan viewers lebih dari 100 juta setiap harinya. Wow, bisa kita bayangkan kesuksesan situs ini bukanlah hal main-main. Hal ini menarik penguasa teknologi yaitu google untuk melakukan akuisi dengan harga yang tidak main-main pula. Sejak saat itu perkembangan youtube menjadi sangat pesat dan kian sulit dibendung. Video baru dengan durasi tidak kurang dari 300 jam diunggah setiap menitnya.

Hal menarik di atas tentu tidak terjadi tanpa alasan. Banyak hal yang membuat youtube menjadi situs berbagi video paling menjadi favorit masyarakat dunia. Contohnya seperti percakapan singkat di atas, dapat kita simpulkan bahwa youtube sudah tertanam di pikiran masyarakat pengguna internet. Bahkan tanpa berpikir kita akan langsung menyebut situs ini untuk menyarankan atau memberikan solusi untuk hal-hal yang berkaitan tentang video.

Banyaknya penggunggah video di youtube menambah keunikan di youtube sendiri. Para pengguna yang kreatif seringkali menggunggah videonya ke youtube baik sekedar untuk hiburan hingga menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang yang melihatnya. Banyak pula penggunggah yang akhirnya menjadi sukses dengan viewers yang melimpah. Hal ini menginspirasi banyak orang untuk melatih kreativitas mereka dan menggunggahnya lewat video di youtube sehingga semakin banyak video kreatif yang bersarang disana.

Kalian pasti tau istilah youtubers kan? Nah, itu adalah sebutan bagi orang yang hobi mengunggah video mereka sendiri ke situs youtube. Kebanyakan youtubers di Indonesia mengunggah video-video lucu yang kreatif. Terkadang video ini bukan hanya bertujuan sebagai hiburan namun ada beberapa yang bersifat mengkritik atau bahkan menyindir beberapa tokoh terkenal yang sedang booming saat itu. Dan kreativitas mereka tentu dibayar dengan kepopuleran karena banyaknya viewers yang melihat video mereka. Kini banyak youtubers yang bersliweran di layar kaca karena kreativitas video mereka. Jadilah youtube menjadi awal sumber penghasilan bagi beberapa penggunggah video kreatif. Bahkan banyak artis yang bermula dengan menunjukkan talenta mereka lewat video youtube.

Bagaimana dengan iklan? Ya, kita tentu sering sekali terganggu dengan iklan yang tiba-tiba muncul di tengah video yang sedang kita nikmati. Atau hanya sekedar iklan yang muncul di bagian bawah video. Nah, inilah sumber uang youtube yang lain. Penggunggah bisa menghadirkan iklan dengan telebih dahulu melakukan pendaftaran di google adsense. Jika viewers mereka meng-klik iklan yang muncul di video mereka, maka dari situlah para penggunggah akan mendapatkan uang  dalam jumlah tertentu.

Nah, setelah membahas beberapa bagian menarik dari situs berbagi video youtube, tentu banyak hal yang bisa kita dapatkan bukan? Kita bisa mempelajari banyak hal lewat youtube, bahkan menghasilkan uang dengan kreativitas yang kita miliki.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat video kreatif di youtube? Mari berkreasi 😉

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

preload preload preload
Skip to toolbar