KABUPATEN TEGAL LAKA-LAKA

Sekarang saya akan membahas tentang daerah yang cukup terkenal di Provinsi Jawa tengah yaitu Kabupaten Tegal. Mengapa saya membahas daerah Tegal? Mengapa tidak daerah lain yang lebih bagus, menarik dari pada Tegal? Alasannya adalah karena saya berasal dari Tegal, saya ingin memperkenalkan tentang Tegal dan ini sebagai bentuk kebanggaan saya pada daerah asal saya.

Kabupaten Tegal adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Slawi, sekitar 14 km sebelah selatan Kota Tegal. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Tegal dan Laut Jawa di utara, Kabupaten Pemalang di timur, Kabupaten Banyumas di selatan, dan Kabupaten Brebes di selatan dan barat. Tegal yang terkenal dengan sebutan “TEGAL LAKA-LAKA”, yang sekarang ini dikepalai oleh Enthus Susmono (Dalang Enthus) sebgai Bupati Kabupaten Tegal.

Kabupaten Tegal memang kabupaten yang unik dan menarik. Banyak tempat wisata, makanan, dan minuman khas disini. Awal kita bahas tentang tempat wisata, Kabupaten punya tempat wisata yang sangat dikenal banyak orang yaitu tempat pemandian air panas GUCI. Guci ini tempat pemandian air panas sekaligus tempat wisata yang menjadi aset Kabupaten Tegal. Air panasnya berasal dari sumber mata air Gunung Slamet. Udaranya yang sejuk dan banyak kebun wisata seperti kebun wisata sayur dan strowbery yang menjadi ketertarikan wisatawan untuk mengunjunginya.

Makanan dan minuman khas Tegal contohnya “Tahu Aci”. Sebenarnya tahu ini terlihat seperti tahu goreng biasanya, namun ada sedikit tambahan yaitu bentuknya yang segitiga dan dibagian atas ditambahkan dengan adonan aci. Dengan dimakan selagi hangat dengan cabai rawit sangat enak, apalagi jika makan tahu aci ini ditemani dengan Teh Poci. Teh poci ini sangat khas di Kabupaten Tegal. Uniknya, teh ini disajikan di teko yang terbuat dari tanah liat dan minumnya pun dengan cangkir tanah liat dengan rasa khas yang ditambahkan dari gula batu.

Tegal juga punya karya tradisional seperti tarian tradisional, tarian ini bernama Tari Topeng Endel. Serta batik, batik tegalan yang motifnya sangat khas sekali. Serta banyak sekali keunikan dan kekhasan dari Kabupaten Tegal. Saya berharap Kabupaten menjadi kabupaten yang lebih baik dan maju.

poci_tegal

sumber : infotegal.com

HIDUP KABUPATEN TEGAL 🙂

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

PUISI UNTUK IBU TERCINTA

My Mother My Life

Ibu…

Ibu engkau sangat berharga bagiku

Engkau pemberian Tuhan yang terbaik bagiku

Engkau hidupku Ibu…

Engkau semangat bagiku

Ibu tak akan ada yang bisa menggantikanmu

Tak akan ada yang sama denganmu

Engkau hidupku Ibu…

Ibu…

Jasamu sungguh besar bagiku

Jasamu tak akan terbalaskan dengan apapun

Engkau hidupku Ibu…

Pemberian semangat darimu

Membuat hidupku lebih berwarna

Senyummu bentuk semangat untukku

Engkau hidupku Ibu…

Terima kasih atas segala pemberianmu

Atas segala pengorbananmu

Atas segala doamu yang mengiringi langkahku

Atas segala-galanya yang engkau berikan untukku

PARIKAN KONSERVASI

Esuk-esuk mangan pisang

Sing mangan namane Susi

Yo Universitas Negeri Semarang

Siji-sijine kampus konservasi

 

Wayah bengi maring pak kades

Balik mampir tuku trasi

Yen kowe pancen bocah unnes

Yo kudune konservasi

 

Nang dalan ketemu pak kades

Ketemune bareng pak darya

Konservasi yaiku unnes

Kang uga nguri-nguri budaya

Skip to toolbar