SAFDsumber : unnes.ac.id

Sebelumnya saya sudah menguraikan tentang rumah ilmu yang dapat mewujudkan kampus konservasi unggul. Kali ini saya akan menguraikan bentuk konservasi selain konservasi alam/sumber daya alam. Saya akan memaparkan tentang membudayakan konservasi dengan melestarikan budaya.

Banyak orang yang menganggap bahwa konservasi adalah hanya pemeliharaan alam dan lingkungan sekitar. Konservasi bukan hanya menanam pohon, tanaman, dan kebun yang indah. Namun dalam konservasi juga sebagai upaya perlindungan, pemanfaatan secara berkelanjutan. Bentuk konservasi bukan hanya tentang alam dan lingkungan semata. Namun, konservasi juga dapat diaplikasikan dengan pemeliharaan dan perlindungan budaya. Khususnya pemeliharaan dan perlindungan budaya Indonesia.

20120308071515banyuwangi1 sumner : satulingkar.com

Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaaan bersifat abstrak. Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda bersifat nyata misalnya pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain.

Sekarang ini budaya Indonesia tidak diperhatikan oleh banyak orang. Kebanyakan orang menilai bahwa melestarikan budaya itu jadul menganggap bahwa budaya itu kuno. Ketika budaya itu sudah tidak dipedulikan oleh masyarakatnya , ini akan memberikan kesempatan bagi bangsa asing untuk merebut kebudayaan Indonesia. Namun, setelah budaya sudah dicuri oleh bangsa asing, masyarakatnya menyalahkan bangsa asing. Sebenarnya ini adalah kesalahan masyarakatnya sendiri.

Untuk melakukan perlindungan terhadap budaya Indonesia, unnes mencanangkan konservasi budaya. Nguri-nguri kebudayaan Indonesia yang dilakukan unnes yaitu dengan pengadaan acara pentas budaya, penerapan bahasa jawa. Dan lain-lain.

Selain itu kita sebagai mahasiswa seharusnya ikut berpartisipasi untuk meningkatkan konservasi budaya Indonesia dengan melakukan berbagai hal yang menujukan kepedulian pada budaya. Seperti menonton pertunjukkan seni dan budaya, ikut mempopulerkan seni dan budaya Indonesia, menciptakan karya seni, menggunakan batik, cinta makanan tradisional dan produk dalam negeri, menggunakan bahasa daerah, melestarikan dan mengembangkan local widom/kearifan lokal, dan lain sebagainya.

Tak dapat dipungkiri jika unnes memanglah kampus konservasi, yang tidak hanya mencanangkan konservasi alam namun juga mencanangkan konservasi budaya. Dengan konservasi budaya ini diharapkan bagi masyarakat untuk melakukan pelestarian budaya, khususnya untuk para mahasiswa unnes. Dengan begitu kita rakyat Indonesia tidak akan kehilangan budaya kita satu per satu.

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan ini adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”