panoramio

sumber : unnes.ac.id

Sekarang ini saya akan membahas tentang rumah ilmu konservasi yang dapat mewujudkan universitas unggul. Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu apa itu rumah ilmu dan konservasi. Rumah ilmu merupakan suatu tempat atau wadah yang digunakan untuk mencari ilmu dan menambah wawasan tentang suatu bidang dengan menggunakan sistem tertentu. Konservasi sendiri adalah suatu upaya pelestarian atau perlindungan terhadap lingkungan hidup.

Di indonesia, konservasi adalah pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan secara bijaksana untuk menjamin ketersediaan sumberdaya yang digunakan dalam jangka waktu yang lama. Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memperhatikan manfaat yang diperoleh dari lingkungan. Salah satu wujud konservasi adalah konservasi sumber daya alam, yakni upaya pengelolaan sumber daya alam yang menjamin pemanfaatannya secara bijaksana

DNKJDN

Unnes adalah salah satu kampus yang menerapkan konservasi, dengan menerapkan program-progam pelestarian lingkungan yang dapat dijadikan contoh oleh universitas lainnya. Salah satunya pembuatan kebun. Kebun yang merupakan salah satu program jurusan biologi di unnes. Namun sekarang menjadi tempat umum bagi siapa saja yang ingin belajar tentang tumbuhan dan alam.

sumber : webunnes.wordpress.com

Dikebun ini kita banyak belajar berbagai macam jenis-jenis tanaman yang ditanam. Mendapatkan pengetahuan lebih tentang alam dan bagaimana kita menanam tumbuhan yang baik. Belajar menjaga alam kita tercinta. Kebun unnes ini merupakan salah satu tempat atau wadah untuk kita berkonservasi. Mewujudkan kampus hijau dan unggul.

Lalu bagaimana mewujudkan kampus konservasi yang unggul? Dengan menerapkan berbagai program peduli lingkungan maka akan menjadikan kampus ini akan lebih unggul. Seperti halnya program kuliah bersama yang dicanangkan untuk para mahasiswa baru khususnya, yang diadakan secara rutin oleh pihak universitas sebagai bentuk perwujudan konservasi di universitas. Dan dengan acara-acara konservasi seperti makan bersama makanan konservasi, senam dan menari konservasi bersama. Dan program-program lain seperti sepeda untuk mahasiswa, paperless (mengurangi penggunaan kertas dengan menggantinya dengan fasilitas-fasilitas online yang disedikan oleh pihak universitas, serta pergelaran wayang dan budaya.

Ini mewujudkan betapa gencarnya dan betapa pedulinya unnes untuk mewujudkan kampus konservasi yang unggul, ddan berprestasi. Dan semoga program-progam ini dapat berjalan secara continue demi terwujudnya kampus konservasi yang unggul.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan ini adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”