PENYEBAB PERUBAHAN SOSIAL(sosiologi kelasXII)

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN SOSIAL

Perubahan sosial terjadi karena adanya perkembangan sumber daya manusia yang pesat yang bersaing antara satu sama lain. Perubahan sosial disebabkan oleh factor-faktor yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri (internal) atau faktor –faktor yang berasal dari luar masyarakat (eksternal). Selain itu faktor mendasar yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial adalah kejenuhan di dalam lingkungan masyarakat.

  1. FAKTOR INTERNAL

Perubahan jumlah penduduk

Banyaknya penduduk menyebabkan pertambahan penduduk di berbagai wilayah menimbulkan berbagai dampak terhadap lembaga-lembaga kemasyarakatan. Pertambahan penduduk di pulau Jawa misalnya ,telah memunculkan aturan baru tentang hak milik individual atas tanah ,sistem sewa tanah,bagi hasil,koperasi,dan lain-lain.

Penduduk yang jumlahnya berkurang atau yang berpindah kedaerah lain juga menyebabkan kekosongan dalam kelas sosial dan pembagian kerja yang sebelumnya telah terbentuk di dalam masyarakat. Di beberapa masyarakat pedesaan,berkurangnya jumlah penduduk usia produktif menyebabkan perubahan dalam system pengolahan tanah. Pengolahan dan pengelompokan tenaga kerja menjadi didasarkan pada jenis pekerjaanya.

Penemuan –penemuan bari dari manusia yaitu berasal dari kemampuan akal manusia yang menghasilkan ide,gagasan dan karya-karya yang senantiasa berkembang . kemampuan ini dihasilkan oleh perilaku dan percobaan-percobaan yang dilakukan oleh manusia sehinga menghasilkan sebuah karya-karya baru yang berguna bagi manusia untuk kepentingan hidupnya.

                                          Penemuan mobil, kereta api dan rel kereta api telah menyebabkan tumbuhnya lebih banyak pusat permukiman dan perekonomian penduduk di berbagai daerah. Perkembangan yang pesat ini juga memberikan dorongan stimulus manusia untuk berkembang dan bersemangat dalam menjalankan sebuah aktifitas yang selama ini dia anggap menjenuhkan. Dengan adanya penemuan baru yang ada berguna untuk mempermudah akses kerja terutama dalam akses transportasi.

  1. FAKTOR EKSTERNAL

Lingkungan fisik

Bencana alam antara lain gunung meletus, banjir,gempa bumi, atau tsunami. Bencana alam dapat menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan fisik ,sehingga menuntut manusia melakukan adaptasi terhadap lingkungan fisik, sehingga menurut manusia melakukan adaptasi terhadap lingkungan yang telah berubah tersebut . biasanya ,untuk bertahan ataupun mengatasi suatu bencana alam,manusia terkadang lupa atau mungkin terpaksa melanggar nilai-nilai dan norma sosial yang telah ada. Hal ini dilakukan semata-mata untuk tetap bertahan dalam menghadapi perubahan lingkungan akibat bencana alam tersebut.

Peperangan

Peperangan selalu berdampak pada tingginya angka kematian rusaknya berbagai sarana dan prasarana kebutuhan hidup sehari-hari,terjadinya kekacauan ekonomi dan sosial ,serta tergoncang nya mental penduduk sehingga merasa frustasi dan tidak berdaya. Dalam kenyataanya yang lebih memprihatinkan,peperangan sering sekali diakhiri dengan penaklukan yang diikuti pemaksaan ideology dan kebudayaan oleh pihak atau Negara yang memang. Semua ini akan mengubah kehidupan masyarakat dan kebudayaanya.

Sumber:

Muin Idianto.2006.SOSIOLOGI SMA/MA jilid 3 untuk kelas XII.Jakarta: Erlangga

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Skip to toolbar