1. Pengertian Media dan Media Pembelajaran

 

Secara estimologi media berasal dari bahasa latin, bentuk jamak dari “medium” yang berarti tengah, perantara, atau pengantar. Menurut suparman (1997) dalam Asyar (2012:4) media merupakan alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan dan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Gerlach & Ely (1980) dalam dalam Anitah (2012: 6) media adalah grafik, fotografi, elektronik atau lata-alat mekanik untuk menyajikan, memproses dan menjelaskan informasi lisan atau visual. Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (AECT) membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi. Gagne (1970) dalam Sadiman,dkk (2002:6) menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.

Berdasarkan pengertian tersebut bisa disimpulkan secara ringkas media adalah alat, bahan yang digunakan sebagai perantara, saluran, penyaji pesan atau informasi dari satu orang ke orang lain. Sehingga jika di kaitkan dengan media pembelajaran adalah bila pesan yang diantarkan oleh media merupakan materi atau informasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Asyar (2012:8) mengartikan media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efektif dan efisien. Suprihatiningrum (2014:319) menyebutkan media pembelajaran cenderung diklasifikasikan ke dalam alat- alat grafis, fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.

Pembelajaran merupakan terjemahan dari istilah bahasa inggris “instruction” yang berarti proses interktif antara guru dan siswa yang berlangsung secara dinamis, sehingga cakupannya lebih dari sekedar teaching atau mengajar yang berlangsung satu arah dari guru ke siswa. Kegiatan pembelajaran melibatkan komponen-komponen yang satu dan yang lainnya, diantara komponen itu adalah guru, siswa, metode, lingkungan, sarana prasarana dan media (Suprihatiningrum, 2014:77).

 

2. Fungsi Media Pembelajaran

Media pembelajaran selain sebagai alat bantu untuk menyampaikan tujuan pembelajaran, juga mempunyai fungsi-fungsi yang menurut Asyar (2012:29) sebagai berikut:

  • Media sebagai sumber belajar
  • Fungsi semantik yaitu pengartian simbol-simbol
  • Fungsi manipulatif
  • Fungsi fiksatif yaitu kemampuan media untuk menangkap, menyimpan dan menampilkan kembali suatu objek atau kejadian yang sudah lama terjadi
  • Fungsi distributif atau jangkauan media yang tidak terbatas, segala sesuatu bisa diakses tanpa kendala ruang dan waktu
  • Fungsi psikologis, media pembelajaran memiliki fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif, fungsi imajinatif dan fungsi motivasi
  • Fungsi sosio-kultural. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat mengatasi hambatan sosio-kultur antar peserta didik karena mampu menyamakan persepsi siswa dari berbagai macam latar belakang.

 

3. Jenis dan Klasifikasi Media

Seiring dengan berkembangnya laju globalisasi dan berimbas pada pesatnya laju teknologi informasi dan komunikasi (TIK) maka berbagai macam media pembelajaran juga mengalami perkembangan dari generasi ke generasi. Pengelompokkan jenis media secara umum adalah sebagai berikut:

  • Media visual

Anitah (2012:7) media visual juga disebut media pandang, karena seseorang dapat menghayati media tersebut melalui penglihantannya. Media ini oleh Anitah di bedakan menjadi dua, yaitu:

  1. media visual yang tidak diproyeksikan. Termasuk didalam visual yang tidak diproyeksikan adalah gambar mati atau gambar diam (still picture), ilustrasi, karikatur, poster, bagan, diagram, grafik, peta datar, realita dan model dan berbagai jenis papan.
  2. visual yang dapat diproyeksikan. Termasuk dalam visual yang dapat diproyeksikan adalah overhead projector (OHP), Slide Proyektor (proyektor film bingkai), Filmstrip Proyektor, Opaque Proyektor

Menurut Asyar (2012:45) media visual yaitu jenis media yang digunakan hanya mengandalkan indera penglihatan semata-mata dari peserta didik. Oleh Asyar membagi menjadi: (a) media cetak seperti buku, modul, jurnal, peta, gambar, dan poster: (b) model dan prototipe seperti globe bumi, dan (c) media realitas alam sekitar dan sebagainya.

Sadiman, dkk (2002:28) menyebut media grafis masuk sebagai media visual. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan sedangkan pesan yang akan disampaikan dituangkan dalam simbol-simbol komunikasi visual. Jenis media grafis diantaranya: gambar/foto, sketsa, diagram, Bagan/chart, Grafik, Kartun, Poster, peta dan Globe, Papan flanel (flannel board), papan buletin (buletin board).

 

  • Media audio

Anitah (2012:37) menjelaskan dengan media audio, informasi (bahan pelajaran) dapat disampaikan dengan berbagai cara penyampaian dan rekaman suara manusia atau suara-suara lain untuk tujuan pembelajaran. Jenis media audio yang dapat dipergunakan di dalam kelas seperti, open-reel tape recorder, cassette tape  recorder, piringan hitam, radio atau mp3.

Asyar (2012:45) menyebutkan “media audio adalah jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan hanya melibatkan indera pendengaran peserta didik”. Pesan dan informasi yang diterima adalah berupa pesan verbal seperti bahasa lisan, kata-kata dan lain-lain. Sedangkan pesan nonverbal adalah dalam bentuk bunyi-bunyian, musik, bunyi tiruan dan sebagainya. Contoh media audio: tape recorder, radio, CD player.

Sadiman, dkk (2002:49) menyatakan bahwa “media audio berkaitan dengan indera pendengaran”. Pesan yang akan disampaikan dituangkan kedalam lambang-lambang auditif, baik verbal (kedalam kata-kata/bahasa lisan) maupun nonverbal. Beberapa jenis media audio: radio, alat perekam pita magnetik, piringan hitam, dan laboratium bahasa.

  • Media audio visual

Anitah (2012:45) melalui media audio visual ini, seseorang tidak hanya dapat melihat atau mengamati sesuatu, melainkan sekaligus dapat mendengar sesuatu yang divisualisasikan. Diantaranya adalah slide suara dan televisi.

Asyar (2012:45) menyebutkan “media audio visual adalah jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam satu proses atau kegiatan”. Pesan dan informasi bisa dalam bentuk verbal ataupun nonverbal yang mengandalkan pendengaran dan penglihatan. Beberapa contohnya adalah film, video, program tv dan lain-lain.

  • Multimedia

Anitah (2012:45) menyebutkan “multimedia diartikan sebagai penggunaan berbagai jenis media secara berurutan maupun simultan untuk menyajikan suatu informasi”. Menurut Helzafah (2004) dalam Anitah (2012) “multimedia digunakan untuk mendeskripsikan penggunaan berbagai media secara terpadu dalam menyajikan atau mengajarkan suatu topik mata pelajaran”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa multimedia merupakan kegiatan interaktif yang sangat tinggi, mengajak pebelajar untuk mengikuti proses pembelajaran dengan memilih dan mengendalikan layar di antara jendela informasi dalam penyajian media. Melalui multimedia berbagai gaya belajar terakomodasi. Smaldino, dkk (2008) dalam Anitah (2012) mengklasifikasikan multimedia menjadi multimedia kits, hypermedia, media interaktif, virtual reality, expert system.

Menurut Asyar (2012:45) “multimedia yaitu media yang melibatkan beberapa jenis media dan peralatan secara terintegrasi dalam suatu proses atau kegiatan pembelajaran”. Pembelajaran multimedia melibatkan indera penglihatan, dan pendengaran melalui media teks, visual diam, visual gerak, dan audio serta media interaktif berbasis komputer dan teknologi informasi dan komunikasi.

Multimedia interaktif sering dalam dipakai dalam proses pembelajaran karena terdapat interaksi (perlakukan dua arah dari user dan program) membuat peserta didik tidak mudah merasa bosan. Manjit Singh, Ramesh dan Selvanathan (2004) dalam International Journal of Computing & Information Sciences yang berjudul The Multimedia Approach in Visualizing Engineering Concept menjelaskan bahwa multimedia interaktif dapat digunakan untuk mendukung (memotivasi) peserta didik serta untuk meningkatkan pemahaman dan visualisasi rekayasa konsep untuk siswa.

 

Daftar Pustaka. Silakan Kontak Penulis. 😉