Kuliner Kepulauan Riau

Kuliner Kepulauan Riau – Kalau orang-orang lebih mengenal barang elektronik murah di Kepulauan Riau, Kepulauan Riau tidak hanya barang elektronik tetapi makanannya juga tidak kalah menarik. Jika ke Kepri, jangan lupa mencicipi makanannya karena selain namanya yang unik, rasanya pun tidak kalah enak dengan makanan daerah lain.

Mie Lendir

Mie lendir ini berasal dari Tanjung Pinang, mie ini bukan berasal dari lendir. Disebut mie lendir karena kuah yang disajikan kental sehingga seperti lendir.

Bahan dasar dari kuah adalah kacang tanah dan ubi jalar sehingga menghasilkan warna cokelat. Mie yang disajikan sama pada umumnya yaitu mie kuning. Biasanya mie lendir disajikan denga telur rebus dan cabe rawit yang dipotong kecil.

Mie Tarempa

Disebut mie tarempa karena makanan ini berasal dari Pulau Tarempa. Mie ini juga dibuat dari tepung dan telur. Rasa dari mie tarempa ini berbeda dari hidangan mie pada umumnya. Rasa pedasnya berasal dari rempah-rempah yang digunakan.

Luti Gendang

Luti adalah sebutan orang melayu untuk roti. Luti gendang juga berasal dari Pulau Tarempa. Luti gendang ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Luti gendang ini berisikan ikan tuna yang telah di campur dengan rempah-rempah khas Pulau Tarempa.

Lendot

Lendot merupakan makanan khas Pulau Karimun, Kepri. Makanan ini berupa sayur bayam dan kangkung. Yang membedakannya dari makanan ini adalah pada kuahnya. Kuah yang disajikan bertekstur seperti lendir sehingga dinamakan lendot oleh masyarakat sekitar. Menikmati sayuran dengan kuah yang seperti lendir memiliki sensasi yang berbeda apalagi jika ditambah dengan udang dan bilis.

Gong Gong

Gong gong atau siput laut merupakan makanan khas masyarakat di Kepulauan Riau. Cara memasak gong gong di rebus terlebih dahulu dan di santap dengan mencongkel dagingnya dengan tusuk gigi dan di cocol dengan sambal khas.

Sekilas makanan ini terlihat tidak menggiurkan, tetapi jika sudah menyantapnya pasti akan ketagihan karena rasa asin dan teksturnya yang kenyal.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar