Wisata Jambi

Wisata Jambi – Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam bentang alam dan tidak dipungkiri bila posisi negara kita yang diapit oleh dua benua membuat Indonesia benar-benar kaya, sehingga tidak ada habisnya untuk dibahas.

Salah satu provinsi dengan kekayaan alam yang luar biasa di Indonesia adalah Provinsi Jambi. Bagi sebagian orang, mungkin nama Jambi tidak begitu populer, padahal Jambi merupakan provinsi yang punya gunung berapi tertinggi di Indonesia. Predikat ini lebih dari cukup untuk membuat nama Jambi patut dikenal oleh semua orang.

Gunung Kerinci

Ingat gunung Fuji di Jepang? Memang mirip, tapi jangan salah sangka, ini adalah pemandangan di kaki gunung Kerinci yang tingginya mencapai 3.805 mdpl. Dan, percaya atau tidak, kata orang-orang yang sudah pernah mendaki gunung ini, saat sampai di puncaknya kamu bisa melihat Samudera Hindia dengan jelas.

Candi Muaro Jambi

Situs bersejarah yang diyakini sebagai peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya ini luasnya hampir 260 hektar. Sambil bersepeda mengelilingi kawasan candi, dijamin bikin kamu nambah pengetahuan dan pengalaman. Apalagi katanya orang-orang yang mau mendalami ilmu dan agama Budha dari seluruh Asia dulu belajarnya disini.

Sungai Batanghari

Sungai yang panjangnya kurang lebih 800 km ini pasti dikenal oleh masyarakat Jambi. Selain menjadi ikon kota Jambi, sungai ini juga merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang dialirinya. Uniknya jika ingin melintasi sungai ini, kamu akan mengenal sebuah perahu bernama “ketek” yang umum digunakan sebagai alat transportasi di sungi itu.

Danau Kaco

Dari namanya saja sudah menunjukkan keunikan yang dimiliki danau Kaco ini. Saking jernihnya air danau ini, kamu bahkan bisa berkaca (kaco adalah kaca dalam dialek Jambi) melalui airnya. Dan keindahan danau akan bertambah jika kita melihatnya pada malam hari saat bulan purnama.

Gentala Arasy

Satu lagi yang menarik dari Provinsi Jambi adalah Gentala Arasy yang terbentang sepanjang 503 meter tepat di atas sungai Batanghari. Kebudayaan Melayu dan Islam tergambar jelas di situs wisata dan budaya ini.

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar