Wisata Bengkulu

Bengkulu yang lebih dikenal sebagai Bumi Rafflesia memiliki potensi wisata yang luar biasa mempesona. Bengkulu memang kaya dengan pesona budaya, sejarah, alam dan kearifan lokal yang layak menjadi destinasi tempat wisata unggulan di Indonesia.

Pantai Panjang

Indonesia memang tidak kalah cantiknya dengan negara-negara lain yang ada di luar negeri, terutama dalam keindahan pantainya. Indonesia yang diapit dua samudera yaitu samudera Hindia dan Samudera Pasifik memberikan keindahan tersendiri bagi setiap pantai yang berbatasan dengan daerah-daerah di Indonesia.

Pantai Panjang merupakan garis pantai yang tegas dengan keindahan pantainya. Dinamakan demikian karena pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km dan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter.

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan bangunan kokoh peninggalan Inggris yang dibangun pada 1713 hingga 1719 pada masa kepepimpinan Gubernur Joseph Collet. Konon, benteng ini merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah benteng St. George di Madras, India.

Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah atau sering disingkat DDTS merupakan salah satu tempat wisata primadona Bengkulu yang belum terjamah promosi. Danau dengan luas 577 hektar dan luas permukaan danau sekitar 67 hektar ini terletak di Kelurahan Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. DDTS Bengkulu memiliki kisah legenda tersendiri, seperti halnya legenda Danau Toba dengan Samosir. Sejarah singkat menurut cerita dari beberapa sumber informasi yang ada, cerita legenda dari DDTS ini terbagi menjadi beberapa versi, entah cerita mana yang paling tepat.

Bukit Kaba

Bukit Kaba lebih populer dibandingkan Bukit Daun karena terkenal ramah untuk pendaki pemula. Bukit Kaba merupakan sebuah tempat wisata gunung dengan ketinggian 1937 mdpl yang termasuk dalam Taman Wisata Alam dengan luas wilayahnya sekitar 13.940 Ha. Kondisi alamnya yang masih asri dan alami serta pemandangannya yang cantik menjadikan tempat ini salah satu favorit bagi kalangan pendaki.

Pulau Tikus

Bagi sebagian orang tikus memang hewan yang menjijikan dan bisa mendatangkan penyakit. Namun nama hewan ini digunakan untuk sebuah nama pulau kecil di Bengkulu yang begitu indah, baik luar ataupun dalam lautannya. Pulau yang berjarak 10 km dari Ibukota Bengkulu dan hanya memiliki luas kurang dari 1,5 Ha tersebut bernama Pulau Tikus. Pulau ini cukup menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara karena keindahannya.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Skip to toolbar