Tidak ada yang bisa meragukan kualitas Sir Alex Fergusonsebagai manajer legendaris Manchester United (MU). Selama 27 tahun di Old Trafford Stadium, Ferguson mempersembahkan 38 gelar.

Dua mantan anak asuhnya, Ryan Giggs dan Cristiano Ronaldo secara kompak membeberkan rahasia Ferguson kepada BBC, Minggu (11/10/2015) malam waktu setempat. Giggs menyebut pria asal Skotlandia tersebut sebagai manusia jenius.

“Ferguson memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, dia mampu mengingat semua nama orang. Pernah di dalam sebuah pertemuan, ada 65 atau 70 pemain ditambah 30 atau 40 pemain akademi,” papar Giggs.

“Anda harus mengingat semua nama mereka. Ferguson tahu semua nama mereka, termasuk pemain muda karena dia sangat tertarik dengan perkembangan pemain akademi,” ujar pria yang kini menjabat sebagai asisten manajer MU itu menambahkan.

Sementara itu, Ronaldo menganggap Ferguson seperti ayahnya sendiri. Bahkan, Ronaldo yang kini memperkuat Real Madrid mengungkap sisi kebapakan mantan manajer asal Skotlandia tersebut.

“Kami berada dalam momen penting di Liga Premier Inggris dan Liga Champions (tahun 2008). Di saat yang bersamaan, ayah saya sakit di London, kondisinya sangat buruk hingga koma,” ucap Ronaldo.

Ayah angkat Martunis itu menjadi tidak karuan karena kondisi kesehatan ayahnya memburuk. Ronaldo pun tidak bisa memikirkan permainannya bersama Setan Merah.

“Saya mengatakan kepada dia: ‘Bos, saya merasa tidak baik. Saya harus melihat ayah saya’. Kemudian dia menjawab: ‘Cristiano, Anda bisa pergi satu, dua, atau tiga hari. Saya akan merindukan Anda karena betapa pentingnya Anda di sini. Tapi ingat, ayah Anda harus diutamakan’,” Ronaldo menceritakan.

“Ketika dia mengatakan seperti itu, saya berkata di dalam hati: ‘Orang ini sungguh luar biasa’. Sejak saat itu saya menganggapnya sebagai ayah di dunia sepak bola,” pria berusia 30 tahun itu mengakhiri. (Cak/Vid)

 

sumber: https://bola.liputan6.com/read/2338685/giggs-dan-cr7-ungkap-rahasia-terbesar-alex-ferguson?p=1