Geometri

Posted by: Amelia Octaviasari in Uncategorized Add comments

Selamat sore kawan 🙂

Hari ini, saya ingin mengajakmu untuk mengulas sedikit hal tentang geometri.

Kita tahu bahwa tak sedikit dari kita yang beranggapan bahwa pelajaraan geometri itu merupakan pelajaran yang cukup sulit dipahami secara normal. Mengapa? karena kita perlu mengimajinasikan permasalahan yang di berikan kepada kita agar kita dapat memahami maksud dari pertanyaan tersebut, dan tentunya untuk membantu kita dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Untuk menguji pemahaman kita secara awam, saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan.

  1. Apa yang kamu ketahui tentang bangun persegi?
  2. Termasuk apakah kertas lipat itu?

Cobalah fikirkan ke dua pertayaan di atas terlebih dahulu.

Sekarang saya akan mengajakmu untuk menyelesaikan ke dua permasalahan di atas. Untuk pertayaan yang pertama, “Apa yang kamu ketahui tentang bangun persegi?”. pastilah yang ada di fikiran kita adalah sebuah bangun yang berbentuk seperti gambar di bawah ini

persegi

Bila kita menerjemahkan bangun persegi dalam sebuah kalimat maka kita akan mengatakan bahwa persegi merupakan sebuah bangun datar segi empat yang ke empat sisinya memiliki panjang yang sama dan ke empat sudut yang saling berhadapan sama besar. Namun, taukah kamu, bangun persegi di atas, bukanlah bangun persegi yang sesungguhnya, melainkan “gambar bangun persegi panjang”. Karena pada dasarnya bangun persegi merupakan bangun yang “abstrak”. sedangkan yang kita lihat selama ini adalah “gambar bangun persegi” atau “model bangun persegi”.  Untuk membedakan antara “gambar bangun persegi” dan “model bangun persegi” sangatlah mudah. Jika bangun persegi itu hanya dapat kita lihat, dan tergambar di atas suatu benda (kertas, papan tulis, dan lain-lain), maka itu di sebut dengan “gambar bangun persegi”, sedangkan sesuatu dapat dikatakan sebagai “model bangun persegi”, jika sesuatu tersebut berbentuk bangun persegi panjang dan kita dapat menyentuhnya (bersifat nyata). Salah satu contohnya adalah kertas lipat (sekaligus untuk menjawab pertanyaan nomor 2). Untuk kertas lipat itu sendiri, kita pastikan kita dapat menyentuhnya dan kita tahu bahwa benda tersebut berbentuk persegi. Jadi kertas lipat itu disebut dengan contoh model bangun persegi. Pemahaman semacam itu berlaku untuk semua bangun yang ada di dunia ini, baik itu bangun datar maupun bangun ruang.

Uraian di atas hanya untuk memberikan kejelasan mendasar dari suatu bangun dan pemilihan kata yang tepat dalam menyebutnya.

Nah, kali ini saya selain berbagi penjelasan di atas, saya juga ingin berbagi ilmu tentang geometri ruang. Yang ingin saya fokuskan di sini adalah cara untuk membuat bangun yang stereometris dengan beberapa ketentuan yang telah di tentukan. Untuk lebih mudahnya akan dijelaskan dalam file berikut ini tugas kelompok stereometri.

Pahami dan jangan takut untuk mencoba menggunakan ketentuan yang lain ya, selamat mencoba dan semoga file tersebut dapat membantu 🙂

Semangat!!

Leave a Reply

Skip to toolbar