3 Manfaat,Kandungan Penting di Dalam Buah Pepaya Secara Herbal

PEPAYA

Deskripsi Tanaman

Pepaya (Carica papayd L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak dltanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Tanaman pepaya banyak ditanam orang, baik di daeah tropis maupun sub tropis. di daerah-daerah basah dan kering atau di daerah-daerah dataran dan pegunungan (sampai 1000 m dpl). Buah pepaya merupakan buah meja bermutu dan bergizi yang tinggi. Nama Pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, “papaya”‘ Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “kates” dan dalam bahasa Sunda “gedang”.

Ciri Fisik

1) Pepaya Jantan

Pohon pepaya ini memiliki bunga majemuk yang bertangkai paniang dan bercabang-cabang. Bunga pertama terdapat pada pangkal tangkai. Ciri-ciri bunga

jantan ialah putih/bakal buah yang rundimeter tidak berkepala, benang sari tersusun dengan sempurna.

2) Pepaya Betina

Pepaya ini memiliki bunga majemuk artinya pada tangkai bunga terdapat beberapa bunga. Tangkai bunganya sangat pendek dan terdapat bunga

kecil dan besar. Bunga yang besar akan meniadi Memiliki bakal buah yang sempurna, tetapi mempunyai benang sari, biasanya terus sepaniang tahun.

3) Pepaya Sempurna

Memiliki bungi-yang sempurna susunannya, bakal dan benang sari dapat melakukan penyerbukan maka dapat ditanam sendirian. Terdapat jenis sempurna, yaitu:

  1. Berbenang sari 5 dan bakat buah bulat.
  2. Berbenang sari to dan bakal buah lonjong.
  3. Berbenang sari z – ro dan bakal buah mengkerut.

Pepaya sempurna mempunyai 2 golongan:

  1. Yang dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun.
  2. Yang berbuah musiman.

Jenis pepaya yang banyak dikenal orang di

lndonesia, yaitu:

  1. Pepaya semangka, memili­ki daging buah berwarna merah semangka, rasanya manis.
  2. Pepaya burung, warna daging buah kuning, harum baunya dan rasanya manis asam.
Manfaat dan Khasiat Tanaman

1.) Buah masak yang populer sebagai “buah meja” selain untuk pencuci mulut juga sebagai pensuptai nutrisi/gizi terutama vitamin A dan C. Buah pepaya masak yang mudah rusak perlu diolah dijadikan makanan seperti sari pepaya, dodol pepaya. Dalam industri makanan buah pepaya sering dijadikan bahan baku pembuatan (pencampur) saus tomat yakni untuk penambah cita rasa, warna dan kadar vitamin.

2.) Dalam industri makanan, akarnya dapat digunakan sebagai obat penyembuh sakit ginjal dan kandung kencing.

3.) Daunnya sebagai obat penyembuh penyakit malaria, kejang perut dan sakit panas. Bahkan daun mudanya enak dilalap dan untuk menambah nafsu makan, serta dapat menyembuhkan penyakit beri-beri dan untuk menyusun ransum ayam.

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.