Kandungan, Manfaat, dan Cara Meramu Temulawak secara Herbal

 TEMULAWAK

Deskripsi tanaman

Temulawak merupakan tanaman obat yang sangat popular dikalangan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat jawa Temulawak memilik khasiat yang lengkap bagi kesehatan. Tanaman bernama latin Curcuma xanthoriza Roxb ini dikenal sebagai minuman eksotik dengan cita rasa khas. Dengan mencampurka tanaman bersama gula dan kunyit, lalu diseduh dengan air panas akan menghasilkan sebuah rasa tersendiri. Penelitian lebih lanjut temulawak sangat ampuh untuk terdapat kandungan kurkumin yang menyehatkan hati.

Ciri fisik

Temulawak adalah tumbuhan asli Indonesia tetapi penyebaranya hanya terbatas di Jawa,Maluku dan Kalimantan.Mereka merupakan tumbuhan semak tak berbatang.Tinggi tanaman antara 2-2,5 meter.Daunya bundar panjang,mirip daun pisang.Pelepah daunnya saling menutupi membentuk batang.Tumbuhan yang patinya mudah dicerna ini dapat tumbuh baik didataran rendah hingga ketinggian 750 meter diatas permukaaan laut.Dapat dipanen setelah berusia 8-12 bulan,daunya telah menguning kelihatan hamper mati.

Manfaat dan khasiat tanaman
  1. Meningkatkan nafsu makan
  2. Memperlambat proses penuaan
  3. Menghilangkan flek hitan diwajah
  4. Menjaga kelenturan tubuh,perempuan sehabis melahirkan disarankan untuk meminumnya.
Resep untuk pengobatan

            Penggunaan temulawak pada prinsipnya sama dengan kunyit maupun kencur ,yaitu diparut dan diambil airnya.Sedikit ada beberapa penambahan komponen untuk penyakit tertentu.Pada gangguan ginjal untuk satu rimpang temulawak,ditambahkan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran dengan empat gelas air,direbus sampai tinggal setengahnya.Diminum tiga kali sehari.Untuk nafsu makan bisa dicampur juga dengan rimpang lengkuas.Sedang untuk memperbaiki rasa bisa ditambah gula aren ,asem atau jeruk nipis sesuai selera.

Salam Sehat Kawan

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.