Blimbing Wuluh dan Khasiatnya

Blimbing Wuluh

Deskripsi tanaman
Belimbing wuluh mempunyai nama latin Averrhoa bilimbi, sedangkan nama lokal antara lain : belimbing sayur, belimbing wuluh, belimbing buluh  atau belimbing asam adalah sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Langka dan Malaysia . Tumbuhan ini biasa ditanam dipekarangan untuk diambil buahnyaBuahnya yang memiliki rasa masam sering digunakan sebagai bumbu masakan dari campuran ramuan jamu.
Ciri fisik : 
Belimbing wuluh merupakan tumbuhan yang berbatang keras dan memiliki ketinggian mencapai 11 meter .Biasanya ditanam ditempat yang cukup mendapatkan sinar matahari .Batangnya keras dan tidak bercabang banyak.Buahnya berwarna hijau muda ,berbentuk lonjong sebesar ibu jari dan rasanya masa.
Buahnya sering dipakai oleh ibu-ibu untuk memasak, sehingga sering juga disebut sebagai belimbing sayur. Daunya kecil berhadap-hadapan, bunganya berbentuk  bintang berwarna merah muda keunguan.
Manfaat dan khasiat Tanaman.
Belimbing wuluh bermanfaat sebagai anti radang karena mengandung flavon. Selain itu, kaliumnya melancarkan keluarnya air seni (diuretic) sehingga dapat  menurunkan tekanan darah. Belimbing wuluh juga mampu mengeluarrkan dahak dan menurunkan panas. Buahnya mengandung zat : asam-kalium-akolat.
Resep untuk pengobatan
Pohon yang berasal dari amerika tropis ini berasal dari tempat tumbuh tidak ternaungi dan cukup lembab.
Rasa buahnya asam,digunakan sebagai sirup penyegar,bahan penyedap masakan,membersihkan noda pada kain,mengkilapkan barang-barang yang terbuat dari kuningan,membersihkan tangan yang kotor atau sebagai bahan obat tradisional.
Penyakit yang dapat diobati dengan blimbing wuluh yaitu batuk, sariawan (stomatitis), perut sakit, gondongan (parotitis ), ramatik, batuk rejan, gusi berdarah, sariawan, sakit gigi berlubang, jerawat, panu, tekanan darah tinggi (hipertensi ), memperbaiki fungsi pencernaan, dan radang rectum.
Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.