Cara Memperbaiki Power Supply

 Cara Memperbaiki Power Supply merupakan sebuah opsi yang sering digunakan orang apabila power supply mengalami kerusakan. Hal ini sering digunakan karena lebih menghemat biaya dibandingkan dengan harus membeli ulang power supply baru yang harganya akan jauh lebih mahal apabila dibandingkan dengan memperbaikinya. Sesuai nama yang digunakannya, power supply merupakan alat dalam kategori elektronika atau perangkat elektronik yang berguna untuk memberikan suplay / asupan tenaga dan atau arus listrik ke komponen elektronik lain. Power supply sendiri biasanya banyak dijumpai pada PC desktop / computer. Tanpa power supply komputer tidak akan berjalan normal, dan walaupun bisa berjalan namun perangkat lain seperti hardisk bisa cepat rusak.

Gambar Cara Memperbaiki Power Supply

Cara Memperbaiki Power Supply

Power suplay tidak berfungsi atau rusak biasanya lebih sering disebabkan karena ada kerusakan pada fusenya. Berikut beberapa cara memperbaiki power supply yang kerusakannya terdapat pada fuse :

  1. Lepaskan mur / baut pada chasing power suplay, kemudian pisahkan chasing power supply dengan perangkat elektronik didalamnya.
  2. Coba anda lakukan pengamatan terlebih dahulu, apakah ada perangkat elektronik yang terbakar atau tidak, apabila ada biasanya warna dari perangkat tersebut akan berwarna hitam atau gosong.
  3. Coba anda lepaskan fuse yang terdapat pada power suplay.
  4. Kemudian anda tes hubungan arus pada kawat pengaman dengan menggunakan meteran ohm. Pastikan meteran ohm anda dalam keadaan baik dan jarum arah berada pada angka awal atau nol.
  5. Apabila jarum pada meteran ohm memberikan jumlah yang berlebih maka dapat dipastikan fuse anda rusak, dan harus diganti dengan fuse baru.
  6. Pasang fuse baru yang dapat anda beli di toko elektronik terdekat, kemudian pasang kembali chasing power suplay.

Setelah melakukan cara-cara tersebut, dapat dipastikan power suplay anda akan berfungsi normal kembali seperti sedia kala. Sebagai tambahan, apabila anda ingin memperbaiki power suplay sebaiknya pastikan terlebih dahulu tidak ada aliran listrik yang masuk, agar aman. Demikian tips cara memperbaiki power supply yang disebabkan karena adanya kerusakan pada fuse. Semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi anda.

 

Sumber : https://komponenelektronika.biz/cara-memperbaiki-power-supply.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.