Rangkaian Power Supply

 

Rangkaian Power Supply suatu komponen yang sangat penting bagi alat-alat elektronika, seperti komputer, kalkulator, televisi, charger handphone, dan lain-lain. Sumber arus power supply adalah arus bolak-balik ac dari pembangkit listrik yang kemudian diubah menjadi arus dc. Untuk melakukan hal ini diperlukan perangkat power supply yang bisa mengubah arus ac menjadi dc. Untuk memperoleh tegangan dc yang murni, diperlukan beberapa rangkaian pendukung lainnya seperti rangkaian yang bisa kita buat sendiri dan komponennya pun gampang ditemui di toko yang menujual alat elektronik dikota Anda. Salah satu power supply yang baik adalah baterei, tapi untuk membuat arus yang lebih kuat baterei tidak akan sanggup untuk memberikannya.

Gambar Skema Rangkaian Power Supply

Rangkaian Power Supply

Sekarang ini, kita tidak perlu repot lagi untuk membuat sebuah rangkaian power supply , ini disebabkan karena kita tidak perlu lagi mencari op-amp, kapasitor, transistor, diode, dan komponen lainnya, sekarang ini sirkuit elektronik telah dikemas jadi tegangan ic regulator tunggal tetap. Salah satu caranya adalah dengan menguunakan komponen regulator seri 78xx dan 79xx. Tipe tegangan komponen regulator seri 78xx adalah komponen yang memiliki tegangan positif dan seri 79xx merupakan regulator tagangan negative tetap. Apalagi jiga komponen tersebut telah dilengkapi dengan pembatas. Komponen tersebut hanya memiliki tiga pin dan dengan menambahkan beberapa kompionen saja bisa menciptakan serangkaian regulator power supply yang baik.

Apabila Anda ingin memakai trafo yang lebih besar lagi, dianjurkan agar transistor 2n3055 di lipat gandakan supaya arus yang keluar dari collector lebih besar dan sesuai dengan arus yangkeluar dari trafo. Cara pemasangannya pun cukup dirangkai seri pada semua sisi kakinya. yang sederhana pada dasarnya mengikuti prinsip dari jaringan listrik PLN yang dimasukkan ke transformator lewat s1 dan s2, kemudian oleh transformator tegangan tersebut diturunkan menjadi 3v sampai dengan 12v ac, selanjutnya oleh s3 tegangan tersebut dipilih sesuai dengan keperluan. Output dari penyearahan tegangan ini menghasilkan tegangan yang menjadi dc namun masih kasar, untuk membrikan hasil yang halus maka digunakan c1, r1, c2, dan r2 setelah itu akhirnya tegangan dc dari rangkaian power supply siap untuk dipakai.

 

Sumber : https://komponenelektronika.biz/rangkaian-power-supply.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.