Definisi dari Transformator Step Down

Transformator Step Down merupakan suatu alat yang berhubungan dengan perangkat elektronik sebagai alat yang dapat menurunkan arus atau tegangan listrik. Transformator ini memiliki beberapa jenis, yang umum dikenal di masyarakat adalah trasnformator jenis step up dan step down. Transformator dengan nama lain trafo memiliki dua kumparan yang melilit sebuah inti besi yang berguna sebagai penguat medan magnet. Kumparan ini berfungsi sebagai media masuknya arus bolak-balik dari sumber yang akan melewati kumparan primer dan keluar melalui kumparan sekunder. Pada trafo step down ini memiliki jumlah kumparan sekunder lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kumparan primer. Hal ini dikarenakan dengan sedikitnya kumparan yang melilit medan magnet, arus yang dihasilkan tentu akan semakin kecil, hal inilah mengapa jumlah kumparan sekunder lebih sedikit.

Transformator Step Down

Contoh Gambar Dari Transformator Step Down

Misalnya, arus masuk melalui kumparan primer dengan jumlah 800 lilitan,sehingga menghasilkan 220 volt. Kemudian arus tersebut berputar-putar melewati medan magnet dan masuk pada kumparan sekunder yang berjumlah 200 lilitan yang hanya dapat menhasilkan 55 volt. Dengan begitu, jumlah arus yang dihasilkan pada akhirnya lebih sedikit. Beginilah cara kerja dari transformator step down. Jumlah dari lilitan sekunder selalu lebih sedikit dibanding dengan lilitan primernya. Kini, bahkan banyak sekali peralatan elektronik yang telah menggunakan trafo step down ini, misalnya pada lemar pendingin atau kulkas, televisi, dan mesin cuci. Dengan dipasangnya trafo jenis step down pada peralatan ini, maka tegangan yang dibutuhkan awalnya banyak, dapat dikecilkan dengan adanya trafo ini. Sehingga, tidak terlalu menghabiskan dan menyerap banyak energi listrik.

Bahkan pada mesin cuci dengan mode terbaru, ukuran dari trafo step down sudah kecil dan tidak seberat beberapa waktu yang lalu. Tidak heran, jika kini banyak mesin cuci yang digunakan memiliki ukuran yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan tapi justru lebih hemat dalam pemakaian listrik. Pada transformator jenis step down dapat dilihat dari beberapa ciri berikut. Seperti jumlah kumparan primer dan tegangan listrik primer lebih banyak daripada kumparan sekunder dan tegangan listrik sekunder, sedangkan arus listrik yang dihasilkan oleh kumparan primer lebih kecil daripada arus listrik dari kumparan sekunder. Pada pelarajan Fisika, trafo sering sekali dijadikan contoh dalam persoalan Fisika. Hal ini didasarkan salah satunya karena penggunaan trafo jenis step up atautransformator step down sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Salam Elektro

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.