Manfaat Dan Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Secara Herbal

Jahe

Deskripsi

            Jahe merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumpun berbatang semu.Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar  dari India sampai Cina .Oleh karena itu kedua bangsa ini disebut-sebut sebagai bangsa yang pertama kali memanfaatkan jahe terutama sebagai bahan minuman,bumbu masak dan obat-obatan tradisional.

            Jahe termasuk dalam suku temu-temuan (ZIngiberaceae),se-famili dengan temu-temuan lainnya seperti temu lawak (Curcuma xanthorizha) ,temu hitam (Curcuma aeruginosa),kunyit (Curcuma domestica) ,kencur (kaempferia galangal),lengkuas (Languas galangal) dan lain-lain.

            Nama daerah jahe antara lain halia (Aceh),beeuing (Gayo), bahing ( batak karo), sipodeh (Minangkabau), jahi(Lampung), jahe ( Sunda), jae ( Jawa dan Bali ), jhai (Madura), melito (Gorontalo) , geraka (Ternate) ,dsb.

            Jahe adalah tanaman berakar rimpang dan bahan berkhasiat pada tanaman ini terletak pada akarnya .Jahe popular sebagai minuman yang dapat menghangatkan tubuh .Meminum sari jahe dipercaya juga dapat mengembalikan kesegaran tubuh.Cara membuat minuman jahe cukup mudah,hanya digepengkan dan kemudian diseduh dengan air hangat kemudian dapat ditambahkan gula atau bahan lainnya seperti kopi dan teh.

Ciri Fisik

Tema berbatang semu ,tinggi 30 cm sampai 1 m,rimpang bila dipotong berwarna kuning atau jingga.Daun sempit,panjang 15-23 mm,lebar 8-15 mm,tangkai daun berbulu ,panjang 2-4 mm,bentuk lidah daun memanjang,panjang 7,5-10 mm,dan tidak berbulu,seludang agak berbulu .

            Perbungaan berupa malai dipermukaan tanah,berbentuk tongkat atau bundar telur yang sempit 2,75-3 kali lebarnya,sangat tajam,panjang mulai 3,5-5 cm , lebar 1,5 – 1,75 cm , gagang bunga hamper tidak berbulu,panjang 25 cm ,rahis berblu jarang , sisik pada gagang terdapat 5 – 7 buah , berbentuk lanset , letaknya berdekatan atau rapat , hamper tidak berbulu , panjang sisik 3 – 5 cm , daun pelindung berbentuk bundar telur terbalik , bundar pada ujungnya , tidak berbulu , berwarna hijau cerah , panjang 2,5 cm , lebar 1 -1,75 cm , mahkota bunga berbentuk tabung 2 – 2,5 cm , helainya agak sempit, berbentuk tajam , berwarna kuning kehijauan , panjang 1,5 -2,5 mm, lebar 3 – 3,5 mm,bibir berwarna ungu, panjang,gelap,berbintik-bintik berwarna putih kekuningan ,panjang 12 – 15 mm , kepala sari berwarna ungu ,panjang 9 mm, tangkai putik 2.

Manfaat dan khasiat Tanaman

            Sejak dulu jahe dipergunakan sebagai obat , atau bumbu dapur dan aneka keperluan lainnya .Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan,baik untuk membangkitkan nafsu makan dan pencernaan.

            Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak terutama berkhasiat untuk menambah nafsu makan,memperkuat lambung,dan memperbaiki pencernaan ,Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lender perut besar dan usus oleh minyak asiri yang dikeluarkan rimpang jahe.

Minyak jahe berisi gingerol yang berbau harum khas jahe,berkhasiat mengobati dan mencegah mual dan muntah,misalnya karena mabuk kendaraan atau pada wanita yang hamil muda.Juga rasanya yang tajam merangsang nafsu makan,memperkuat otot usus,membantu mengeluarkan gas usus serta membantu fungsi jantung.Dalam pengobatan tradisional Asia,jahe dipakai untuk mengobati salesma,batuk,diare dan penyakit radang sendi tulang seperti artritis.Jahe juga dipakai untuk meningkatkan pembersihan melalui keringat.

            Adapun manfaat secara pharmakologiantara lain adalah sebagai karminatif (peluruh kentut),anti muntah, peredan  kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat,anti inflamasi, anti mikroba dan parasit, anti piretik,antirematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung dangetah empedu.

Penelitian modern telah membuktikan secara ilmiah berbagai manfaat jahe, antara lain :

       Menurunkan tekanan darah.Hal ini karena jahemerangsang pelepasan hormon adrenalin danmemperlebarpembuluh darah akibatnya darahmengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah,

      Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzimpencernaan yaitu protease dan lipase,yangmasing mencerna Protein dan lemak.

      Gingerol pada iahe bersifat antikoagulan,yaitu mencegah penggurnpalan darah, Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkankadar kolesterol.

      Mencegah mual, karena jahe mampu memblokserotonin,yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perutberkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabok perjalanan.

      Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kramperut dan membantu mengeluarkan angin.

      Jahe juga mengandung antioksidan yang membantumenetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikalbebas di dalam tubuh.

Resep untuk pengobatan.

Umbi jahe mengandung senyawa oleoresin yang lebih dikenal sebagai gingerol yang bersifat sebagai antioksidan.Sifat inilah yang membuat jahe disebut-sebut berguna sebagai komponen bioaktif antipenuaan. Komponen bioaktif jahe dapat berfungsi melindungi lemak/membran dari oksidasi, Menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Berbagai manfaat jahe yang secara tradisional sudah dikenal  Iuas adalah sepertiberikut ini:

      Masuk angin : Ramuan = Ambil jahe yang tua sebesar ibu

jari, cuci bersih dan memarkan lalu direbus dengan air dua gelas, tambahkan gula aren secukupnya . Didihkan lebih kurang ¼ iam. Angkat dan minum hangat-hangat.

Sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah) : Ramuan = Ambil jahe seibu jari, bakar lalu memarkan.Seduh dengan segelas air dan beri sedikit gula aren,

minum sekaligus.Minum tiga kali sehari.

      Mencegah mabukkendaraan: Ramuan: Ambil iahe seibujari, cuci dan iris tipis-tipis lalu rebus dengan segelas air.Diminum hangat-hangat sebelum naik kendaraan.

      Terkilir: Ramuan: Ambil iahe lebih kurang dua ruas.Cucibersih lalu parut, tambahkan sedikit garam.Balurkanramuan ini pada anggota tubuh yang terkilir. Lakukandua kali sehari.

      Bercak putih pada kulit karena kehilangan pigmen(Vitiligo) , Ramuan : Ambil 30 gr jahe, cuci bersih laludijus. Balurkan jus pada kulit yang menderita vitiligotersebut.

      Terserang cacing gelang : Ramuan: Ambil 60 gr iahesegar lalu cuci bersih. Lumatkan, campur dengan segelasair. Saring dan tambahkan madu satu sendok makan.Minum rarnuan initiga kali sehari.

      Membuat payudara meniadi montok dan berisi :Ramuan: masukkan dua ruas jahe segar yang telahdikupas kulitnya, ke dalam segelas susu murni yangpanas. Tambahkan satu sendok teh gula. Minumlahmenielang tidur malam setiap hari.

      Rematik : Ramuan: Siapkan satu. atau dua rimpang jahe tersebut di atas api atau barakemudian tumbuk.Ternpel tumbukan iahe pada bagiantubuh yang sakit.

Salam Sehat

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.