Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

LIDAH BUAYA

Deskripsi Tanaman

Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: AIoe barbodensis Mineer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenar sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kurit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya berkembang menjadi bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta bahan makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industry.

Ciri Fisik
Lidah buaya tumbuh liar ditempat yang berudara panas tapi sering iuga kita temui ditanam di depan rumah, di pot dan pekarangan rumah sebagai tanaman penghias rumah.Daunnya yang meruncing berbentuk taji, tebalnya kira-kira 1 cm dan dalamnya berupa semacam getah bening. Daun ini getas dan tepinya bergerigi, paniangnya bisa sampai 30 cm yang biasa dimanfaatkan adalah daun dan akarnya.
Lidah buaya mengandung “saponin” yang mempunyai Kemampuan membunuh kuman serta senyawa antrakuinon dan kuinon sebagai anti biotik dan penghilang rasa sakit. Juga merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.Dalam gel lidah buaya terkandung iuga lignin yang mampu dan meresap ke dalam kulit. Sehingga gel akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Akibatnya, meniadi tidak cepat kering.

Manfaat dan Khasiat Tanaman
Lidah buaya atau sering disebut Aloevera adalah salah tanaman obat yang sangat berkhasiat dalam berbagai penyakit. Lidah buaya ini sudah digunakan Samaria sekitar tahun 1875 SM. Seorang peracik obat tradisional yang berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, tecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan. Dalam Iaporannya, Fujio L. panggabean, seorang peneliti dan pemerhati tanaman obat, mengatakan bahwa keampuhan lidah buaya. tak lain karena tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh manusia. Hasil penelitian lain terhadap lidah buaya menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yang menyumbangkan sejumlah katori sebagai sumber tenaga.

Resep untuk pengobatan
Selain berfungsi sebagaitanaman hias, lidah buaya juga memiliki berbagai manfaat yang berguna baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. sejak berabad tamanya ridah buaya atau lebih dikenal dengan aroevera ini digunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan para putriraja. Sebagai obat, aloevera bermanfaat untuk memperlambat tumbuhnya virus HIV, memperbaiki sistim pencernaan, membunuh kuman dan menghilangkan rasa sakit.

Berikut beberapa resep menggunakan ramuan lidah buaya :

Radang tenggorokan
Cara Meramu: 1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas.Isinya dipotong-potong atau diblender. Tambahkan 1 sendok makan madu murni. Minum 3 kali sehari.

Ambeien
Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dibuang durinya, dicuci, lalu diparut. Beri setengah (1/2) gelas air panas, kemudian Peras. Tambahkan 2 sendok makan madu. Dalam keadaan hangat, minum 3 kalisehari.

Sembelit
Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya Dicuci dan dikupas. lsinya dipotong kecil-kecil. seduh dengan setengah (1/2) gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Hangathangat dimakan 2 kali sehari.

Diabetes melitus
Cara Meramu: 2 batang daun lidah buaya,dicuci,dibuang durinya, dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas.

Salam Sehat

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.