Ramuan Herbal Pengendali Gula Darah dan Antidiabetes

Diabetes mellitus atau peningkatan gula darah merupakan penyakit generative yang menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, seperti jantung, stroke, disfungsi ereksi, gagal ginjal, dan kerusakan system saraf sehingga memerlukan penanganan yang tepat dan serius. Diabetes disebabkan tubuh tidak mampu mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darah. Tingginya kadar gula dalam darah disebabkan oleh konsumsi karbohidrat, penurunan sekresi insulin, peningkatan glukosa hati, dan resistensi insulin. Akibatnya insulin yang diproduksi oleh kelenjar prankreas yang berfungsi mengontrol kadar gula darah tidak mampu mengendalikan kelebihan gula di dalam tubuh. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah (hiperglikemia) menjadi racun bagi tubuh. Ramuan herbal berikut sebagai pengendali gula darah dan antidiabetes.

Ramuan Herbal Pengendali Gula Darah dan Antidiabetes

Bahan

ramuan-sambiloto-atasi-diabetes

  • Jintan hitam Nigelia Sativa 3 kapsul
  • Sambiloto andrographis paniculata 10 g
  • Brotowali Tinospora Crispa 10 g

Cara Membuat

Cuci bersih semua bahan dan rebus dalam air mendidih selama ½ jam. Minumlah ramuan herbal pengendali gula darah dan antidiabetes ini selagi masih hangat. Jangan lupa untuk meminum kapsul jintan hitam. Frekuensi konsumsi untuk pengobatan 2 kali sehari. Untuk pencegahan 2 hari sekali.

Nutrisi dan Manfaat

Sambiloto (Andrograpidhis paniculata) mengandung andrografolida yang bersifat antidiabetes. Senyawa ini menurunkan kadar glukosa darah dan memperbaiki kerusakan pada sel-sel beta pulau Langerhans, tempat produksi insulin.

Efek jintan hitam mirip kinerja thiazolidinedione – yang kerap dikonsumsi pasien diabetes. Senyawa itu memperbaiki sensitivitas insulin dengan mengaktifkan gen-gen tertentu yang berperan dalam sintesa lemak dan metabolisme karbohidrat. Jintan hitam menghambat enzim glucose-β- phosphate yang berperan dalam metabolisme produksi glukosa dalam darah. Jika kinerja enzim di-stop, maka kadar gula darah pun turun.

Demikian uraian mengenai cara mengatasi diabetes dengan ramuan herbal pengendali gula darah. Perlu diingat bahwa penyebab utama diabetes adalah pola makan tidak seimbang dan kurang aktivitas fisik. Selain itu, stress, kelainan genetika, dan usia tua juga bisa menjadi pemicu. Oleh karenanya, selain mengkonsumsi ramuan herbal ini perlu menerapkan pola makan seimbang. Hindari makanan kaya protein, lemak, gula dan garam. Perbanyak aktivitas fisik seperti, jalan cepat minimal 30 menit setiap hari serta rutin memeriksakan kadar glukosa urin setiap tahun. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Sumber : https://www.tanamanobatku.org/ramuan-herbal-pengendali-gula-darah-dan-antidiabetes/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.