Rangkaian Listrik Seri

Rangkaian Listrik Seri merupakan salah satu jenis dari rangkaian listrik. Rangkaian seri merupakan rangkaian listrik yang disusun secara sejajar dimana komponen-komponen dipasang secara berurutan. Sehingga bisa dikatakan, rangkaian listrik yang dipasang secara seri memiliki susunan antar komponen yang berurutan. Penerapan rangkaian seri sering juga digunakan untuk bangunan-bangunan atau gedung-gedung besar seperti perkantoran, kampus, dan juga hotel. Rangkaian yang satu ini juga sering digunakan karena memiliki cara pengaktifan yang lebih praktis. Anda hanya membutuhn satu switch untuk mengaktifkan keseluruhan. Rangkaian seri seringkali dianggap lebih praktis. Rangkaian seri juga memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini mari kita bahas secara bersama-sama.

Gambar Skema Rangkaian Listrik Seri

Rangkaian Listrik Seri

Salah satu kelebihan dari rangkaian seri adalah mudah dan praktis digunakan. Ini karena penggunaan tersebut juga bisa diatur secara manual atau automatik. Kemudian, rangkaian juga memiliki rancangan yang lebih simple atau sederhana sehingga akan lebih mudah untuk dibuat. Rangkaian seri pun cocok digunakan untuk kepentingan-kepentingan publik, ini karena rangkaian seri memiliki tingkat kestabilan yang tinggi dalam menghantarkan arus listrik. Rangkaian listrik seri juga tidak membutuhkan terlalu banyak komponen, karena pemasangannya secara sejajar sehingga tidak dibutuhkan mode tertentu sebagai jembatan percabangan arus. Desainnnya juga sederhana sehingga anda tidak akan membutuhkan biaya yang banyak. Struktur dari rangkaian pun mudah dipahami sehingga kerusakan yang terjadi dapat dengan mudah terdeteksi.

Meskipun begitu, bukan berarti rangkaian seri tidak memiliki kekurangan. Walaupun memang rangkaian yang satu ini memiliki banyak sekali kelebihan. Kelemahan-kelemahan tersebut, contohnya, sumber tegangan yang dituntut untuk selalu dalam keadaan prima untuk menanggulangi resiko adanya loss. Kemudian, kalau terjadi masalah pada suatu komponen akan sangat berpengaruh pada komponen-komponen lainnya. Karena itu diperlukan sebuah kejelian dari teknisi supaya bisa melakukan instalasi dengan tepat. Kesimpulannya, rangkaian seri sebenarnya adalah sebuah rangkaian listrik yang sederhana tetapi juga tetap memiliki kekurangan. Tetapi kelebihannya yang ada dapat menguntungkan anda semua.

Sumber disini

Keep Spirit Elektro Unnes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.