Rangkaian Seri dan Paralel

Rangkaian Seri dan Paralel tentunya sering didengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah anda mengerti dan mengetahui pengetahuan yang sesungguhnya dari rangkaian seri dan paralel? Rangkaian paralel dan seri merupakan jenis-jenis rangkaian yang dipakai untuk menyambungkan komponen elektrik menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Kalau dilihat dari cara penyusunannya, maka rangkaian seri disambung dengan cara bersambung atau sejajar. Berbeda dengan rangkaian paralel yang penyusunan komponennya dengan cara berderet. Sebelum berbicara lebih lanjut, maka lebih baik diteliti terlebih dahulu satu persatu mengenai kedua rangkaian ini secara terpisah. Agar lebih jelas dan mengenal kedua rangkaian sebelum digabung menjadi satu. Sehingga anda tidak akan merasa kebingungan.

Untuk rangkaian seri, terdapat dua atau lebih beban elektrik yang disamungkan melalui sebuah rangkaian. Dengan menggunakan rangkaian jenis ini, maka anda bisa mengisikan beban listrik yang banyak dalam satu rangkaian saja. Contoh nyata dari penggunaan rangkaian ini adalah lampu hiasan pohon natal. Jenis rangkaian ini dapat memberikan arus yang lewat sama besarnya di tiap-tiap elemen yang disusun seri. Kemudian, dalam rangkaian seri dan paralel juga terdapat rangkaian paralel. Dimana pada rangkaian ini, terdapat lebih dari 1 bagian garis edar yang berguna untuk mengalirkan arus. Kalau dicontohkan, misalnya saja dalam kendaraan bermotor. Maka terdapat banyak beban yang disambungkan secara paralel.

Gambar Skema Rangkaian Seri dan Paralel

Rangkaian Seri dan Paralel

Beralih ke topik utama, rangkaian seri dan paralel merupakan gabungan dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Untuk melakukan pencarian terhadap besaran hambatan, pengganti dari rangkaian campuran ialah dengan perhitungan besaran hambatan dari setiap model rangkaian tersebut. Lalu baru anda bisa mencari hambatan gabungannya dari model rangkaian terakhir yang didapat. Hambatan total dari rangkaian yang anda cari adalah dengan persamaan hambatan pengganti dari rangkaian hambatan seri tersebut.

Sumber disini

Keep Spirit Elektro Unnes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.