Skip to content


Silabus Antropologi SMA Kelas X

Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan Continued…

Posted in ANTROPOLOGI SMA.


Fenomena Anak Sekolah Dasar yang Menjadi Pengamen jalanan Di Tegal

C360_2014-12-23-14-55-45-652

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah

Pada masa seperti sekarang ini pendidikan merupakan suatu kebutuhan primer, dimana dalam memasuki era globalisasi seperti sekarang ini pendidikan sangatlah penting peranannya. Orang–orang berlomba untuk dapat mengenyam pendidikan setinggi mungkin untuk mengejar teknologi yang semakin canggih. Tetapi disisi lain ada sebagian masyarakat tidak dapat mengenyam pendidikan secara layak, baik dari strata tingkat dasar sampai jenjang yang lebih tinggi. Selain itu juga ada sebagian masyarakat yang sudah dapat mengenyam pendidikan dasar namun pada akhinya putus sekolah juga. Continued…

Posted in SOSIOLOGI.


MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

keragaman-budaya

2.1 Keanekaragaman Makhluk Manusia dan Kebudayaan

Terdapat tiga dasar pandangan dikalangan orang Eropa, yaitu : berpendapat bahwa pada dasarnya makhluk manusia memang diciptakan beranekaragam, berpendapat bahwa sebenarnya makhluk manusia hanya pernah diciptakan sekali saja, dan perpendapat bahwa semua makhluk manusia merupakan keturunan Nabi Adam.

Menurut L’Esprit des Lois bahwa keanekaragaman masyarakat lebih disebabkan dari sejarah mereka masing – masing dank arena pengaruh lingkungan alam dan strukturnya internnya. Suatu perubahan kebudayaan dapat berasal dari para pendukungnya dan dimungkinkan berasal dari luar lingkungan pendukung kebudayaan tersebut.

Perubahan kebudayaan dapat berasal dari para pendukungnya dan dimungkinkan pula berasal dari luar lingkungan pendukung kebudayaan tersebut. Manusia dan kebudayaan merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan. Pendukung kebudayaan adalah makhluk manusia itu sendiri. Walaupun manusia mati, tetap kebudayaan masih ada karena diwariskan oleh keturunannya. Continued…

Posted in ANTROPOLOGI.


SILABUS KELAS XII KURIKULUM 2013

Kurikulum-2013

Untuk mendownload silabus klik link dibawah ini :

SILABUS KELAS XII

Posted in SOSIOLOGI SMA.


SILABUS KELAS XI KURIKULUM 2013

Kurikulum-2013

Untuk mendownload silabus silakan klik link dibawah ini :

SILABUS KELAS XI

Posted in SOSIOLOGI SMA.


SILABUS KELAS X KURIKULUM 2013

Kurikulum-2013

Untuk mendownload silabus silakan klik link dibawah ini :

SILABUS KELAS X

Posted in SOSIOLOGI SMA.


PENGARUH FILM KARTUN UPIN IPIN TERHADAP GAYA BERBAHASA ANAK-ANAK DI SEMARANG

Upin & Ipin History

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang Masalah

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, banyak masyarakat yang sudah memiliki televisi, sehingga mereka dapat menikmati tayangan televisi disetiap saat. Tidak terkecuali pada acara anak-anak misal film kartun. Film kartun yang disukai anak-anak pada saat ini adalah upin ipin.

Film upin ipin adalah film yang dikembangkan oleh orang malaysia yang bahasanya menggunakan bahasa melayu. Memang dulunya merupakan satu rumpun dengan Bahasa Indonesia, namun kini Bahasa Melayu berbeda dengan Bahsa Indonesia karena ketidak bakuannya dan intonasi dalam pelafalannya. Keunikan dalam Bahasa pengantar upin ipin inilah yang menjadikan daya tarik bagi anak-anak untuk menontonnya. Continued…

Posted in UMUM.


RESIPROSITAS MANTU POCI DALAM TRADISI MASYARAKAT KABUPATEN TEGAL

 PENDAHULUAN

Resiprositas ini menghendaki barang atau jasa yang dipertukarkan mempunyai nilai yang sebanding. Kecuali dalam pertukaran tersebut disertai dengan kapan pertukaran itu berlangsung, kapan memberikan, menerima, dan mengembalikan. Pertukaran ini dapat dilakukan individu dua atau lebih. dalam pertukaran ini, masing-masing pihak membutuhkan barang atau jasa dari partner-nya, namun masing-masing tidak menghendakai untuk memberi dengan nilai lebih dibandingkan dengan yang akan diterima. Ciri resiprositas sebanding ditunjukkan oleh adanya norma-norma atau aturan-aturan atau sanksi-sanksi sosial untuk mengontrol individu-individu dalam melakukan transaksi. bila individu melanggar perjanjian resiprositas, ia mungkin mendapat hukuman atau tekanan moral dalam masyarakat, keputusan untuk melakukan kerja sama resiprositas berada di tangan masing-masing individu. Kerja sama ini muncul karena adanya rasa kesetiakawanan Resiprositas sebanding berada di antara resiprositas umum dengan dengan resiprositas negatif.

Continued…

Posted in UMUM.


Artikel Penganguran

images

Mendengar kata pengangguran di Indonesia memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, begitu banyak pengangguran di negeri kita ini tidak hanya di pelosok daerah saja yang masih banyak pengangguran di kota-kota besarpun misalkan bekasi yang dekat dengan ibu kota saja masih begitu banyak pengangguran pada umumnya pengangguran di sebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia yang mampu menyerapnya sehingga sangat sulitnya mendapatkan pekerjaan karena setiap tahun jumlah orang yang mencari pekerjaan semakin bertambah. Continued…

Posted in ANTROPOLOGI.


FieldNote

unnamed

Pada tanggal 31 Maret 2013 Mahasiswa Sosiologi dan Antropologi angkatan 2013 melakukan Kuliah Kerja Lapangan atau biasa disebut KKL. Mahasiswa Sosiologi dan Antropologi angkatan 2013 melakukan KKL di daerah Bromo tepatnya didaerah Suku Tengger didesa Ngadas. KKL angkatan 2013 kali ini menggunakan 3 bus Zentrum. Jarak Semarang ke gunung Bromo cukup jauh, harus melewati beberapa kota dan daerah – daerah. Continued…

Posted in ANTROPOLOGI.