PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA “YO KUI MANIS (YOGHURT KULIT MANGGIS)”

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
YO KUI MANIS (YOGHURT KULIT MANGGIS)
BIDANG KEGIATAN:
PKM-KEWIRAUSAHAAN

Diusulkan oleh :
Asmelia Addawiyah 4111415025 / Angkatan 2015
Widya Arum Mawarni 4112315010 / Angkatan 2015
NurmaIstiqomah 4101415092 / Angkatan 2015
Puji Lestari 4101413076/ Angkatan 2013

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
SEMARANG
2015

DAFTAR ISI

Halaman Kulit Muka i
Lembar Pengesahan ii
Daftar Isi iii
Ringkasan v
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang 1
1.2. Rumusan Masalah 1
1.3. Tujuan Pembutan Proposal 2
1.4. Luaran Yang Diharapkan 2
1.5. Manfaat Pembuatan Proposal 2
BAB II GAMBRAN UMUM PELUANG USAHA
2.1. Gambaran Umum 3
2.2. Analisis Pemasaran 3
2.3. Analisis Pesaing 4
2.4. Analisis Ekonomi Usaha 5
BAB III METODE PELKSANAAN
3.1. Rencana Pelaksanaan 6
3.2. Kandungan Gizi Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) 6
3.3 Proses Produksi 7
BAB V BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1. Rencana Anggaran Biaya 9
4.3. Jadwal Kegiatan 9
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran.1.Biodata Ketua, Anggota, danDosenPembimbing 10
Lampiran.2. Justifikasi Anggaran Biaya 15
Lampiran.3.Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas 18
Lampiran.4.Surat Pernyataan 19

RINGKASAN
Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus yang bentuknya mirip bubur halus atau es krim. Yoghurt adalah salah satu upaya agar susu lebih awet, minuman ini disukai karena rasa segar, tekstur, dan aroma yang khas.
Buah manggis merupakan buah yang sangat umum untuk dinikmati di negara tropis Indonesia. Buah yang berasal dari Asia ini memiliki banyak sekali manfaatnya terutama pada kulit buahnya yang sering diabaikan orang. Padahal kulit manggis ini sangat berkhasiat untuk memperbaiki kualitas kesehatan manusia.
Berdasarkan uraian tersebut maka disusunlah proposal untuk membangun sebuah usaha dengan inovasi baru dari yoghurt yang telah ada dengan judul ” Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis)”.

Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode pembuatan Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) sama seperti pembuatan yoghurt pada umumnya, namun terdapat sedikit perbedaan karena menggunakan kulit manggis sebagai bahan utama dan buah dari manggis tersebut digunakan sebagai campuran untuk mendapatkan rasa manggis itu sendiri.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Di era modern, yogurt tidak hanya enak dimakan tetapi juga baik bagi kesehatan serta rendah lemak serta masih banyak manfaat lainnya.Sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk mengkonsumsi yoghurt.
Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus yang bentuknya mirip bubur halus atau es krim. Yoghurt adalah salah satu upaya agar susu lebih awet, minuman ini disukai karena rasa segar, tekstur, dan aroma yang khas.
Buah manggis merupakan buah yang sangat umum untuk dinikmati di negara tropis Indonesia. Buah yang berasal dari Asia ini memiliki banyak sekali manfaatnya terutama pada kulit buahnya yang sering diabaikan orang. Orang sering sekali membuang kulit manggis begitu saja setelah memakan daging buahnya. Padahal kulit manggis ini sangat berkhasiat untuk memperbaiki kualitas kesehatan manusia. Hal ini terjadi karena kulit manggis mengandung ber 62,05% air, 0,63% lemak, 0,71% potein, serta 35,61% karbohidrat. Nilai gizi yang terkandung di dalam kulit manggis ini memiliki kontribusi yang sangat besar dalam melawan segala jenis penyakit yang mengancam tubuh. Penyakit degenerasi dan mematikan seperti jantung, HIV, AIDS, kanker, diabetes, stroke, dan penyakit lainnya bisa dicegah dan diturunkan resikonya dengan menggunakan kulit manggis. Zat anti-oksidan dalam kulit manggis juga dapat memberikan efek positif bagi kecantikan kulit manusia.
Banyak orang yang menginginkan minuman yang memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan namun dengan harga yang terjangkau, sehingga kami ingin menciptakan terobosan baru dengan membuat inovasi pada yoghurt dengan memanfaatkan kulit manggis yang memiliki kandungan gizi yang berkontribusi sangat besar bagi kesehatan tubuh.

1.2. Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas maka permasalahan yang akan di rumuskan dalam proposal ini antara lain:
a. Bagaimana cara memproduksi Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) dengan inovasi baru yang disukai oleh masyarakat?
b. Apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) sehingga berguna bagi kesehatan?
c. Bagaimana cara memasarkan Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis)?
1.3. Tujuan Pembuatan Proposal
Tujuan khusus yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah membuat inovasi pada Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis). Selain itu tujuan secara umum sebagai berikut:
a. Mengetahui cara memproduksi Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) dengan inovasi baru yang disukai oleh masyarakat.
b. Mengetahui apa saja kandungan gizi yang terdapat dalam Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) sehingga berguna bagi kesehatan.
c. Mengetahui cara memasarkan Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis).

1.4. Luaran yang Diharapkan
Dalam luaran yang kami inginkan disini yaitu kami ingin produk yang kami ciptakan bisa dikenal dan disukai oleh masyarakat. Walaupun memang sudah banyak pengolahan-pengolahan yang berbahan dasar dari kulit manggis, tetapi produk kami berbeda. Kami menjadikan kulit manggis sebagai bahan dasar pembuatan Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis).

1.5. Manfaat Pembuatan Proposal
a. Dapat meningkatkan kreatif dan inovatif dalam berwirausaha
b. Dapat menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha
c. Dapat menambah wawasan dalam pengolahan kulit manggis.
d. Dapat meningkatkan nilai ekonomi yoghurt
e. Dapat menambah penghasilan sendiri bagi kami selaku mahasiswa.
BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1. Gambaran Umum
Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) yang diproduksi akan dikemas di dalam botol. Pengemasan disini dilakukan karena memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia usaha, serta dapat menjaga kualitas Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) agar tetap terjaga kualitasnya. Pengemasan ini digunakan sebagai pengemban misi dalam rangka persaingan pasar dan juga peningkatan penjualan. Jika pengemasannya bagus pasti orang-orang juga penasaran sehingga tertarik untuk mencoba produk kami.
Pada botol kemasan ini akan diberi label. Label disini berisi pesan-pesan tertentu yang akan disampaikan pada konsumen. Dengan harapan produknya akan dikenal oleh masyarakat luas, sehingga mudah dicari jika ada yang sedang membutuhkan. Label ini juga berfungsi sebagai jaminan kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan serta berat atau volume produk. Semua informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen akan dicetak dan ditempel pada botol kemasan.
Hal ini dianggap sebagai peluang pasar pengembangan usaha yang dijadikan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup. Selain itu dengan sifat masyarakat Indonesia yang sangat konsumtif dan suka makanan dan minuman cepat saji ini kita dapat memberikan minuman yang mereka inginkan dan juga minuman yang memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan.
Berdasarkan hal tersebut kami mendapatkan ide untuk membuat Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis). Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang suka mengkonsumsi yoghurt karena mereka mengganggap yoghurt merupakan minuman yang memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan. Selain itu kami juga memanfaatkan kulit manggis yang sering diabaikan oleh beberapa orang dan dianggap sebagai sampah, padahal dalam kulit manggis ini memiliki kandungan gizi yang tinggi serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

2.2. Analisis Pemasaran
Startegi pemasaran yang akan dijalankan dalam usaha Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) kulit manggis nantinya adalah dengan mempertimbangkan beberapa aspek penting diantaranya adalah :
1. Area Pemasaran
Dari hasil survei yang telah dilakukan, rencana area pemasarannya adalah daerah Sekaran, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah karena daerah tersebut belum ada pesaing usaha sehingga area ini mempunyai prospek yang cukup menjanjikan untuk dibukannya usaha Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis).

2. Segmen Pemasaran
Segmen pemasaran dari usaha Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) ini nantinya meliputi semua kalangan baik yang mempunyai penghasilan tinggi, sedang, ataupun rendah dari anak-anak sampai dewasa. Dengan mencakup semua segmen tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan akan lebih mempercepat perkembangan usaha kedepannya.

3. Metode Pemasaran
Adapun metode pemasaran yang akan dijalankan dalam rangka mengenalkan produk pada konsumennya adalah:
a. Melakukan kerjasama dengan toko-toko kecil dan mini market yang ada di sekitar Universitas Negeri Semarang
b. Pemasangan baner yang menarik di depan toko
c. Pasang iklan di media radio dan media internet
d. Menjaga standar mutu produk serta menjaga kepercayaan dan pelayanan yang ramah pada konsumen.
e. Memberikan kartu pelanggan bagi yang sering membeli
f. Memberikan harga khusus.
g. Menyebarkan Brosur dan stiker usaha di Wilayah Sekaran.
Dalam perencanaannya satu bulan setelah dibuka usaha ini target minimal yang harus tercapai adalah ada 600 porsi Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) yang dikonsumsi masyarakat.

2.3. Analisis Pesaing

Melihat situasi yang ada pada masyarakat di daerah Sekaran, Gunung Pati, Semarang khususnya masyarakat sekitar Universitas Negeri Semarang yang akan dimasuki produk ini, produk Yo Kui Manis kulit manggis ini akan laku dipasaran. Hal ini dikarenakan harganya yang terjangkau dan memiliki khasiat yang tinggi bagi kesehatan. Selain itu di daerah ini belum ada pesaing dalam produk ini.
2.4. Analisis Ekonomi Usaha

Pemasaran akan dilaksanakan melalui beberapa media online dan penyebaran brosur. Pemesanan dalam jumlah banyak melalui jejaring sosial seperti facebook, bbm, dan instagram. Sehingga produk kami akan dikenal oleh masyarakat luas dan tidak monoton.
Dengan demikian usaha pembuatan Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) ini akan memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena dengan harga yang terjangkau dan khasiat yang tinggi bagi kesehatan. Masyarakat akan tertarik dan tidak ragu untuk membeli produk kami.
BAB III
METODE PELAKSANAAN

3.1. Rencana Pelaksanaan

3.1.1 Produk
Produk yang direncanakan untuk diproduksi adalah Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis). Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) ini akan dipasarkan dalam bentuk botol yang telah diberi label. Produk yang dihasilkan memiliki manfaat dan kualitas yang tinggi.Produk Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) yang menggunakan kulit manggis ini memiliki kandungan gizi tinggi untuk kesehatan tubuh.

3.1.2 Lokasi Usaha
Lokasi yang kita lakukan untuk menjalankan usaha ini sangat fleksibel. Lokasi awal akan dilaksanakan di dalam area Universitas Negeri Semarang dan sekitarnya.

3.1.3 Harga
Penentuan harga jual dilakukan dengan cara menghitung biaya produksi ditambah biaya lain-lain dan mengikuti trand atau harga yoghurt pada umumnya. Adapun harga jual dari produk Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis) ini adalah 8.000 rupiah per botol yang berisi 100 ml.

3.1.4 Promosi
Promosi akan dilakukan untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Promosi akan dilakukan dengan menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya, menyebarkan brosur-brosur serta menggunakan media social seperti bbm, line, instagram, dan facebook. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business.

3.2. Kandungan Gizi
Yoghurt mempunyai nilai gizi yang tinggi. Dalam yoghurt terkandung kalori, protein, karbohidrat, calsium dan potasium lebih tinggi dibandingkan susu segar, tetapi kandungan lemaknya lebih rendah. Oada yoghurt riboflavin (Vitamin B-2) dan 17 macam asam amino terjadi peningkatan.
Hasil analisis kandungan gizi Susu dan Yoghurt Tamine dan Robinson (1985) disajikan pada Tabel 1, 2 dan 3.
Tabel 1. Kandungan Gizi Susu dan Yoghurt tiap 100 gram
No. Kandungan (unit/100 g) Susu Yoghurt
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7. Kalori
Protein (g)
Lemak (g)
Karbohidrat(g)
Calsium (mg)
Sodium (mg)
Potasium (mg) 67,5
3,5
4,25
4,75
119
50
152 72
3,9
3,4
4,9
145
47
186

3.3. Proses Produksi
Bahan-bahan untuk membuat Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis):

a. Susu segar (murni)
b. Susu krim
c. Kulit manggis
d. Buah manggis
e. Bibit Yoghurt
f. Gula pasir (halus)
g. Air gallon
h. Botol Kemasan
i. Label
j. Plastik bungkus
k. Gas LPG 12 kg

Alat-alat untuk membuat Yo Kui Manis (Yoghurt Kulit Manggis):

a. Blender
b. Toples kaca
c. Pengaduk stainless
d. Panci stainless
e. Frezzer
f. Termometer
g. Galon
h. Kompor
i. P3K
j. Tabung gas 12 kg
k. Centong
l. Corong
m. Alat pengepres botol

Langkah-langkahnya pembuatan Yo Kui Manis (yoghurt kulit manggis) adalah sebagai berikut:
1. Siapkan susu yang sudah dicairkan dengan air matang sebanyak 1 liter lalu tambahkan susu krim sebanyak 15%.
2. Masak dengan api kecil sambil diaduk terus selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih.
3. Lalu angkat susu dinginkan dengan cara mecelupkan panci dalam wadah besar berisi air dengan terus mengaduknya perlahan sampai temperature susu 430C.
4. Kemudian ditambahkan bibit Yo Kui Manis sebanyak 2 – 5% dari jumlah Yo Kui Manis yang sudah mengental tadi dan aduk dengan perlahan sampai tercampur rata.
5. Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yang kental.
6. Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan gula pasir yang teksturnya halus, tambahkan kulit manggis yang telah di blender, serta dapat juga ditambahkan daging buah manggis yang telah dihaluskan.
7. Yoghurt yang sudah jadi dapat dikemas dalam botol, dipress dan diberi label.

BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1. Anggaran Biaya
Tabel 4.1 Ringkasan Anggaran Biaya PKM-K
No. Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)
1. Peralatan Penunjang 4.802.000
2. Bahan Habis Pakai 2.484.000
3. Perjalanan 1.740.000
4. Lain-lain 1.190.000
TOTAL BIAYA 10.216.000

4.2. Jadwal Kegiatan
No. Jenis Kegiatan Bulan
1 2 3 4 5
1. Pengajuan Proposal
2. Perencanaan Alat
3. Proses Pembuatan
4. Pengepak
5. Penjualan
6. Evaluasi

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan
1. Peralatan penunjang
Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
Blender Peralatan 2 180.000 360.000
Panci Stainless Peralatan 2 270.000 540.000
Pengaduk Stainless Peralatan 4 35.000 140.000
Thermometer Mengukur suhu Yo Kui Manis 2 45.000 90.000
Galon Peralatan 1 43.000 43.000
Kompor Peralatan 1 325.000 325.000
Frezzer Penyimpanan Yo Kui Manis 1 1.650.000 1.650.000
Toples Peralatan 15 22.000 330.000
P3K Keselamatan 1 250.000 250.000
Tabung Gas 12 kg Peralatan 1 500.000 500.000
Corong Peralatan 10 5.600 56.000
Centong Peralatan 10 4.800 48.000
Alat pengepres botol Peralatan 1 470.000 470.000
SUB TOTAL (Rp) 4.802.000

2. Bahan Habis Pakai
Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
Susu Segar Bahan dasar 50 21.000 1.050.000
Susu Krim Bahan dasar 8 17.000 136.000
Bibit Yo Kui Manis Bahan dasar 2 200.000 400.000
Gula Pasir (halus) Bahan dasar 7 14.500 145.000
Buah Manggis Bahan dasar 20 16.000 320.000
Air Galon Bahan pendukung 1 17.000 17.000
Gas LPG 12 kg Bahan pendukung 1 155.000 155.000
Botol Kemasan Kemasan Yo Kui Manis 600 950 57.000
Label Label 600 900 54.000
Plastik Bungkus Pembungkus 20 7.500 150.000
SUB TOTAL (Rp) 2.484.000

3. Perjalanan
Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
Perjalanan untuk membeli bahan Untuk membeli bahan 2 orang 75.000 150.000
Perjalanan ke Pabrik Pembuat Botol Untuk memesan botol khusus 75.000 150.000
Perjalanan ke Pembuat Label Untuk memesan label 3bulan 75.000 150.000
Perjalanan Beli Alat Untuk membeli alat 3 bulan 75.000 150.000
Pemasaran Untuk suplay barang 3 bulan 380.000 1.140.000
SUB TOTAL (Rp) 1.740.000

4. Lain-lain
Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
Pembuatan Laporan Untuk laporan kegiatan 6 15.000 90.000
Brosur Untuk promosi 200 500 100.000
Spanduk Untuk promosi 2 200.000 400.000
Pamflet Untuk promosi 100 6.000 600.000
SUB TOTAL (Rp) 1.190.000
TOTAL KESELURUHAN (Rp) 10.216.000

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas
No. Nama/NIM Program Studi Bidang Ilmu Alokasi Waktu (jam/ minggu) Uraian Tugas
1. Asmelia Addawiyah/ 4111415025 S-1 Matematika Matematika 10 -Ketua Pelaksana
-Membuat proposal
-Survey kebutuhan pasar
-Produksi
2. Widya Arum Mawarni/ 4112315010 D3 Staterkom Matematika 10 -Anggota
-Membuat desain untuk promosi
-Membeli Peralatan
-Pemasaaran
3. Nurma Istiqomah/ 4101415092 S-1 Pendidikan Matematika Matematika 10 -Anggota
-Membeli bahan-bahan
-Produksi
-Pemasaran
4. Puji Lestari/ 4101413076 S-1 Pendidikan Matematika Matematika 10 -Anggota
-Memesan botol dan label
-Pengemasan
-Pemasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: