Sayuran yang ditanam bertujuan untuk diambil daun, buah, umbi, atau bunganya. Untuk itu, tanaman sayuran dapat dibedakan berdasarkan bagian yang banyak dimanfaatkan, yaitu sayuran daun, sayuran buah, sayuran umbi, dan sayuran bunga.

Sayuran Berdasarkan Bagian yang Dimanfaatkan

  1. Sayuran daun

Sayuran daun merupakan tanaman sayur yang diambil bagian daun dan batangnya untuk dimakan langsung, dimasak, atau dijadikan lalapan. Sayuran jenis ini biasanya ditanam di sekitar rumah untuk hiasan sekaligus keperluan dapur. Yang termasuk dalam golongan ini antara lain kangkung, bayam, kemangi, selada, petsai, seledri, dan sawi.

  1. Sayuran buah

Disebut sayuran buah karena tanaman ini ditanam untuk diambil buahnya. Jenis sayuran yang termasuk dalam kelompok ini antara lain terung, tomat, cabai, labu siam, mentimun, pare, dan buncis. Buah dari sayuran tersebut biasanya dapat dikonsumsi langsung atau dimasak dan ditumis, sebagai lalapan, atau campuran sambal.

  1. Sayuran bunga

Pada kelompok ini yang diambil untuk disayur atau dimakan adalah bunganya. Yang termasuk sayuran bunga antara lain bunga turi dan bunga kol.

  1. Sayuran umbi

Kentang, wortel, lobak, bit, bawang merah, dan bawang putih adalah beberapa jenis tanaman yang termasuk dalam kelompok sayuran umbi. Disebut demikian karena bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai sayur adalah umbinya.

Leave a Reply

Skip to toolbar