Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus dan Awet

Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus dan Awet

 

Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus dan Awet – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa harddisk merupakan sebuah media penyimpanan data alias storage yang biasanya digunakan di perangkat komputer PC maupun laptop.

Dahulunya dimensi harddisk komputer PC terbilang cukup besar. Namun seiring perkembangannya, ukuram harddisk kini menjadi lebih kecil dan ramping. Penyesuaian dengan ukuran perangkat komputer portable atau laptop menjadi salah satu penyabab dibuatnya harddisk berukuran kecil.

Kini harddisk laptop juga sudah mulai berkembang. Karena bentuknya yang tipis, banyak orang menjadikan harddisk laptop sebagai harddisk portable atau hard disk eksternal yang bisa dibawa kemana-mana layaknya sebuah flash disk. Para produsen hard disk  kini juga berlomba-lomba untuk membuat sebuah hard disk portable atau eksternal yang handal dan murah.cara memilih hdd eksternalBicara soal hard disk portable atau hard disk eksternal, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam pemilihannya. Jadi sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah hard disk portable, simak terlebih dahulu ulasan monthlytech.com yang satu ini.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih hard disk eksternal yang bagus dan awet:

1. Perhatikan Sistem Operasi

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih harddisk eksternal adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda menggunakan sistem operasi Windows, maka pilih harddsik eksternal berformat NTFS. Namun jika anda menggunakan MAC, maka pilih harddsik HFS+. Jangan sampai anda memilih hard disk yang salah sehingga ujung-ujungnya menjadi tak terpakai.

2. Kapasitas Penyimpanan

Satu hal yang tak kalah penting saat memilih sebuah hard disk eksternal adalah memperhatikan berapa kapasitas penyimpanannya. Jangan sampai anda memilih hard disk yang memiliki daya tampung sedikit sehingga tidak mampu mengakomodasi penyimpanan file yang anda butuhkan.

Perlu diketahui adalah semakin besar kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh sebuah hard disk, maka semakin besar pula uang yang harus anda keluarkan untuk mendapatkannya.

3. Kecepatan Rotasi

Hard disk eksternal yang bagus adalah yang memiliki kecepatan rotasi tinggi. Hardisk dengan kecepatan rotasi 7.200 rpm jauh lebih bagus ketimbang hard disk dengan kecepatan rotasi 5.400 rpm. Perlu diketahui saat ini sudah tersedia hard disk eksternal dengan kecepatan rotasi hingga 10.000 rpm.

4. Konektivitas

Saat memilih hard disk eksternal, sebaiknya anda juga memperhatikan konektivitas yang dimiliki. Apakah hard disk tersebut memiliki konektivitas USB 2.0, 3.0, atau 4.0. Semakin tinggi versi konektivitas USB, maka semakin cepat pula kecepatan transfer datanya.

5. Bentuk Hard disk

Yang terakhir adalah perhatikan bentuk hard disk. Karena hard disk eksternal merupakan hard disk portable yang sering dibawa kemana-mana, maka sebaiknya pilih yang memiliki ukuran kecil. Selain itu perhatikan pula casing hard disknya. Pilih hard disk yang memiliki casing berpelindung seperti karet agar aman dari benturan.

sumber:https://monthlytech.com/cara-memilih-hard-disk-eksternal-yang-bagus-dan-awet/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: