Pengertian Basis Data, Tujuan, Manfaat dan Contoh Kasus Basis Data

Pengertian Basis Data, Tujuan, Manfaat dan Contoh Kasus Basis Data

 

Kali ini saya akan share mengenai Materi Basis Data, berikut materi materi yang akan dijelaskan sbb
  • Pengertian basis data
  • Istilah-istilah basis data
  • Komponen sistem basis data
  • Tujuan dan manfaat basis data
  • Kelemahan sistem basis data
  • Contoh penggunaan Aplikasi basis data dalam dunia bisnis
  • Contoh basis data
  • Database Management System (DBMS)
  • Manfaat DBMS
  • Pengguna basis data
  • Model Basis Da

Pengertian Basis Data

Basis data adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file lain sehingga membentuk suatu bangunan data untuk menginformasikan suatu perusahaan atau instansi dalam batasan tertentu

Istilah-istilah Basis data

Beberapa hal yang termaksud unsur-unsur dari basis data adalah sebagai berikut:

Entititas

Entititas adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam. Pada bidang kesehatan Entity adalah Pasien, Dokter, Kamar.

Field

Setiap entity mempunyai atribut atau sebutan untuk mewakili suatu entity. Seorang siswa dapat dilihat dari atributnya misalnya, NIM, Nama_siswa, Alamat.

Record

Record adalah kumpulan isi elemen data (atribut) yang saling berhubungan menginformasikan tentang suatu entity secara lengkap.
Contoh Kumpulan atribut NIP, Nama, dan alamat berisikan “01001245566”, Sanusi, Jl. Hati suci No 2 Kupang.

Data Value

Merupakan data aktual atau infomasi yang disimpan ditiap data elemen. Isi atribut disebut nilai data.

Kunci Elemen Data ( Key Data Element )

Tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas.
Contoh Entitas Mahasiswa yang mempunyai atribut-atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir menggunakan Kunci Elemen Data npm.

Komponen-komponen Sistem Basis Data ( Database )

Basis data merupakan sistem yang terdiri atas kumpulan file atau tabel yang saling berhubungan dan Database Management System ( DBMS ) yang memungkinkan beberapa pemakai untuk mengakses dan manipulasi file-file tersebut ( Fathansyah, 1999). Dalam Sistem Basis data memiliki beberapa komponen yaitu:

Perangkat Keras  ( Hardware )

Perangkat keras yang biasanya terdapat dalam sistem basis data adalah memori sekunder hardisk.

Sistem Operasi ( Operating System )

Sistem Operasi (Operating System) merupakan program yang mengaktifkan atau mengfungsikan sistem komputer, mengendalikan seluruh sumber daya (resource) dan melakukan operasi-operasi dalam komputer. Sistem Operasi yang banyak digunakan seperti: MS-DOS, MS-Windows 95 MS Windows NT, dan Unix.

Basis data ( Database )

Sebuah basis data ( Database ) dapat memiliki beberapa basis data. Setiap basis data dapat berisi atau memiliki sejumlah objek basis data seperi file atau tabel.Database

Management System ( DBMS )

Pengolahan basis data secara fisik tidak dilakukan oleh pemakai secara langsung, tetapi ditangani oleh sebuah perangkat lunak yang disebut DBMS yang menentukan bagaimana data disimpan, diubah dan diambil kembali.

Pemakai ( User )

Bagi pemakai dapat berinteraksi dengan basis data dan memanipulasi data dalam program yang ditulis dalam bahasa pemograman.

Tujuan dan Manfaat Basis Data

Tujuan utama dalam pengolahan data dalam sebuah basis data adalah agar kita dapat memperoleh data yang kita cari dengan mudah dan cepat (Fathansyah,1999). Pemanfaatan basis data dilakukan dengan tujuan yaitu:

Kecepatan dan kemudahan (Speed )

Pemanfaatan Database memungkinkan kita untuk dapat menyimpan data atau melakukan perubahan ( manipulasi ) dan menampilkan kembali data tersebut dengan cepat dan mudah, dari pada kita menyimpan data secara manual.

Efisien ruang penyimpanan (Space)

Dengan Database penggunaan ruang penyimpanan data dapat dilakukan karena kita dapat melakukan penekanan jumlah pengulangan data dengan menerapkan sejumlah pengkodean .

Keakuratan (Acuracy)

Pemanfatan pengkodean atau pembentukan relasi antar data dengan penerapan aturan atau batasan tipe data dapat diterapkan dalam Database yang berguna untuk menentukan ketidakakuratan pemasukan atau penyimpanan.

Keamanan (Security)

Dalam sejumlah sistem ( apilkasi ) pengelolah database tidak menerapkan aspek keamanan dalam penggunaan database. Tetapi untuk sistem yang besar dan serius, aspek keamanan juga dapat diterapkan. Dengan begitu kita dapat menentukan siapa yang boleh menggunakan database dan menentukan jenis operasi-operasi apa saja yang boleh dilakukan.

Terpeliharanya keselarasan data (Consitant)

Apabila ada perubahan data pada aplikasi yang berbeda maka secara otomatis perubahan itu berlaku untuk keseluruhan

Data dapat dipakai secara bersama (shared)

Data dapat dipakai secara bersama-sama oleh beberapa program aplikasi (secara batch maupun on-line) pada saat bersamaan.

Dapat diterapkan standarisasi (standardization)

Dengan adanya pengontrolan yang terpusat maka DBA dapat menerapkan standarisasi data yang disimpan sehingga memudahkan pemakaian, pengiriman maupun pertukaran data.
Kelemahan Sistem Basis Data
  • Memerlukan tenaga spesialIS
  • Kompleks
  • Memerlukan tempat yang besar
  • Mahal

Pengguna Basis Data

System Engineer

Tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan Sistem Basis Data, dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari sistem tersebut kepada pihak penjual

Database Administrator (DBA)

Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol sistem basis data secara keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan sistem basis data, merencanakannya dan mengaturnya.

Tugas DBA

  • Mengontrol DBMS dan software-software
  • Memonitor siapa yang mengakses basis data
  • Mengatur pemakaian basis data
  • Memeriksa security, integrity, recovery dan concurency

Program Utilitas yang digunakan oleh DBA :

  • Loading Routines, Membangun versi utama dari basis data
  • Reorganization Routines, Mengatur / mengorganisasikan kembali basis data
  • Journaling Routines, Mencatat semua operasi pemakaian basis data
  • Recovery Routines, Menempatkan kembali data, sebelum terjadinya kerusakan
  • Statistical Analysis Routines, Membantu memonitor kehandalan sistem

End User (Pemakai Akhir)

Ada beberapa jenis (tipe) pemakai terhadap suatu sistem basis data yang dapat dibedakan berdasarkan cara mereka berinteraksi terhadap sistem :

Programmer aplikasi

Pemakai yang berinteraksi dengan basis data melalui Data Manipulation Language (DML), yang disertakan (embedded) dalam program yang ditulis pada bahasa pemrograman induk (seperti C, pascal, cobol, dll)

Pemakai Mahir (Casual User)

Pemakai yang berinteraksi dengan sistem tanpa menulis modul program. Mereka menyatakan query (untuk akses data) dengan bahasa query yang telah disediakan oleh suatu DBMS

Pemakai Umum (End User / Naïve User)

Pemakai yang berinteraksi dengan sistem basis data melalui pemanggilan satu program aplikasi permanen (executable program) yang telah ditulis (disediakan) sebelumnya

Pemakai Khusus (Specialized/Sophisticated User)

Pemakai yang menulis aplikasi basis data non konvensional, tetapi untuk keperluan-keperluan khusus seperti aplikasi AI, Sistem Pakar, Pengolahan Citra, dll, yang bisa saja mengakses basis data dengan atau tanpa DBMS yang bersangkutan.

Contoh penggunaan Aplikasi basis data dalam dunia bisnis

  • Bank : Pengelolaan data nasabah, akunting, semua transaksi perbankan
  • Bandara : Pengelolaan data reservasi, penjadualan
  • Universitas : Pengelolaan pendaftaran, alumni
  • Penjualan : Pengelolaan data customer, produk, penjualan
  • Pabrik : Pengelolaan data produksi, persediaan barang, pemesanan, agen
  • Kepegawaian: Pengelolaan data karyawan, gaji, pajak
  • Telekomunikasi : Pengelolaan data tagihan, jumlah pulsa

Contoh basis data

contoh basis data

contoh basis data
dapat dinyatakan dalam bentuk skema

Contoh skema basis data
sumber:https://new-funday.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-basis-data-tujuan-manfaat.html

Mengoperasikan software e-mail client

Mengoperasikan software e-mail client

A. PENGERTIAN E-MAIL

E·mail adalah fasilitas intemet yang digunakan untuk mengirim surat elektronik. Pengiriman surat secara elektronik ini sering disebut dengan Electronic Mail atau yang terkenal dengan istilah e-mail. Setiap orang yang akan berkomunikasi menggunakan Iayanan internet e-mail harus memiliki alamat e-mail sendiri-sendiri, alamat e-mail ini dapat diperoleh secara resmi ketika mendaftarkan diri ke ISP atau didapatkan dengan cara gratis (free e-mail. Aplikasi di intemet untuk mengakses e-mail dapat berupa aplikasi tersendiri seperti Eudora, Intemet mail, Pine, atau menggunakan fasilltas Web mail. Web mail adalah fasilitas untuk mengakses e-mail dengan menggunakan browser. E-mail dapat dikirimkan ke setiap orang satu per satu atau pengiriman secara kelompok. Dalam pengiriman secara kelompok, setiap sekali mengirim maka seluruh anggota dalam kelompok tersebut akan terkirim. Istilah ini sering disebut Mailing List atau milis. Microsoft Office telah melengkapi fasilitas e-mail ini dengan Microsoft Outlook dan Outlook Express. Aplikasi ini dapat kita gunakan untuk mengirim dan menerima e-mail secara Iangsung. Sejumlah perusahaan jasa layanan intemet menyediakan fasilitas e-mail secara terintegrasi maupun terpisah. Yahoo menyediakan fasilltas e-mail secara terintegrasi dengan layanan intemet Iainnya, bahkan Yahoo menyediakan pendaftaran e-mail gratis kepada seluruh pengguna internet di seluruh dunia.

B. MEMBUAT ALAMAT E-MAIL MELALUI SEARCH ENGINE

Bagaimana kita membuat sebuah alamat e-mail?

Untuk dapat mengirim dan menerima e-mall, kita harus melakukan pendaftaran ke salah satu provider yang menyediakanjasa Iayanan tersebut. Langkah-langkah yang kita tempuh yaitu sebagai berikut.

1. Koneksikan komputer ke internet, kemudian buka browser Internet Explorer. Kunjungilah situs https:// mail.yahoo. co.id/. Kunjungan ini bertujuan untuk mendaftarkan alamat e-mail agar dapat memanfaatkan layanan internet untuk mengirimkan surat elektronik.

Maka akan keluar tampilan sebagai berikut:

Klik Daftar akan muncul seperti dibawah ini.


Maka akan keluar tampilan sebagai berikut dan Isilah form berikut ini :

Ada 3 Pokok Isian yang harus dilengkapi dengan benar yaitu :
1. Ceritakan tentang diri Anda ….
2. Pilih ID dan sandi ….
3. Jika Anda lupa sandi atau ID Anda ….

Berikut ini uraiannya :
1. Ceritakan tentang diri Anda ….
Nama Saya : Isikan dengan nama depan dan nama belakang anda (jika ada). Perlu diperhatikan bahwa isian nama anda nantinya akan dijadikan saran ID dari yahoo. Contohnya nama depan : Ahmad nama belakang : Zidni, maka pada ID Yahoo! dan email akan diberikan masukan ID yang tersedia misalnya : ahmad.zidni dan seterusnya. Dan apabila anda memasukkan ID-nya salah, maka akan muncul ID ini tidak tersedia.

Jenis Kelamin : isikan dengan jenis kelamin pria / wanita, contoh : Pria.
Tanggal Lahir : isikan tanggal, bulan dan tahun kelahiran anda, contoh :
11 September 1970.
Saya tinggal di : isikan Negara tempat anda tinggal, misalnya Indonesia Kode Pos : isikan kode pos tempat anda tinggal, misalnya saya tinggal di Kab. Pekalongan Kec. Wonopringgo maka saya tulis 51181.

2. Pilih ID dan sandi ….
ID Yahoo! dan Email : isikan nama ID Yahoo! Dan Email anda dengan format ……@yahoo.co.id. Artinya anda hanya cukup menuliskan nama ID atau Email di bagian kosong saja, misalkan zidni_zet (perlu diingat dalam penulisan nama ID atau Email harus menggunakan huruf kecil semua dan tidak boleh ada spasi), maka secara otomatis ID dan email anda akan beralamat di yahoo.co.id menjadi zidni_zet @yahoo.co.id
Apabila ID Yahoo! Anda berhasil disetujui pihak yahoo, maka akan muncul tulisan ID Yahoo! Anda sudah disetel ke zidni_zet

3. Pertanyaan Keamanan
isikan pertanyaan-pertanyaan yang mudah anda ingat dan mudah jawabannya, contoh : Siapa nama tengah ayah Anda? Pertanyaan ini digunakan apabila anda lupa sandi email, maka bisa menggunakan jawaban atas pertanyaan yang anda buat disini.
Jawaban Anda : isikan jawaban anda atas pertanyaan di atas minimal 4 karakter, penggunaan huruf besar atau kecil diperbolehkan, contoh : marjono

Hanya beberapa data lagi ….
Ketikkan kode yang ditunjukkan : isikan kode sama persis seperti yang muncul dilayar bawahnya, huruf besar atau kecil berpengaruh terhadap isian kode. Kode yang muncul di kotak besar akan selalu berubah-ubah setiap kali mendaftar, pada contoh disini yang keluar adalah GT24

Langkah berikutnya adalah berilah tanda centang ( √ ) dengan cara klik pada kotak pilihan Anda Setuju?
Untuk memproses pendaftaran email anda, maka klik tombol

Tunggu proses berlangsung, jika berhasil pendaftaran anda maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Anda bisa mencatat Data Rincian Akun tersebut, khususnya Yahoo!ID anda contoh : zidni_zet (digunakan untuk masuk ke email) dan alamat surat Yahoo! Anda contoh [email protected] (digunakan orang lain untuk mengirim surat, karena alamat tersebut harus lengkap).

Klik tombol lanjutkan untuk melanjutkan menggunakan Yahoo! Mail.

Pada dasarnya  email sama dengan surat biasa  ( snail mail ) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah email masuk ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan internet yang disebut dengan mail server.

Ketika email tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan ( seperti yang ditunjuk pada alamat e-mail kepada siapa kita menulis email), maka email tersebut disimpan pada sebuah email-box.
Si pemilik alamat email baru bisa mendapatkan email itu kalau yang bersangkutan mengecek email-box-nya.

Alamat email terdiri dari tiga bagian yaitu identitas pengguna (user name), tanda  @  yang dibaca et (artinya ‘lokasinya di’ ) dan yang terakhir nama domain tempat e-mail pengguna e-mail tersebut berada. Misalnya  zidni_zet@yahoo.co.id
yang dibaca zidni_zet yang lokasinya di domain yahoo.co.id (zidni_zet at yahoo.co.id).
Di sini identitas pengguna (user name) adalah zidni_zet. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname,  nomor, atau apapun juga. User name juga menjadi nama bagi email-box yang dimiliki seseorang di sebuah  mail server. Sedangkan  gmail.com disebut  domain name, yang menunjukkan identitas mail server dimana seorang user memiliki email-box. Jadi e-mail tersebut bisa juga Kamu baca zidni_zet di server yahoo.co.id.

Dalam beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelas email memiliki banyak kelebihan lain. Ini
terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan email yaitu :

  • Point to Point. Maksudnya adalah mengirimkanemail langsung ke sebuah alamat tertentu.
  • Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagianyang diawali dengan “TO”, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian“CC”.
  • Carbon Copy / CC. Pengertian carbon, di sini analog dengan bila kita mengetik surat ( dengan mesin tik konvensional ) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya adalah sebuahemail, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya kealamat lain.
  • Blind Carbon Copy / BCC.  Ini adalah variasidari CC. Orang yang menerima email yang alamatnya dituliskan pada bagian “TO”oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat email mana sajaemail tersebut dikirimkan sebagai tembusan.  Ini karena ia bisa langsung melihatpada bagian “CC”. Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah emailkepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian “BCC”, selain “TO” dan “CC”. Pada Outlook Express versi 5.01 bagian BCC baru bisa tampak bila kita masuk ke sebuah email baru dan mengklik pilihan View dan All Headers.
  • Distribution List. Distribution list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan email secara satu arah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya ), akan tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima emailnya. Untuk itu yang harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini. Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah email ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward email tadi ke semua alamat email yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.  Untuk menjadi pelanggan, biasanya para calon pelanggan diminta untuk mengikuti prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Bisa pula si pengelola yang memasukkan alamat email mereka ke database pelanggan secara manual.Discussion List.
  • Discussion list seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah email. Akan tetapi belum tentu semua orang bisa begitu saja mengikuti sebuah milis. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yang terbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.  Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah  milis pertama-tama seseorang mesti melakukan proses subscription ( mendaftar ) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang  administrator yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.  Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah  milis pertama-tama seseorang mesti melakukan proses subscription ( mendaftar ) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administrator yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.

C. ETIKA PENULISAN EMAIL

Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi  melalui e-mail.

  1. Jangan terlalu banyak mengutip. Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas ‘Reply’ dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian  yang relevan saja. Pesan yang terlalu panjang memakan file yang besar, yang  membuat loading menjadi lambat, yang berarti akan menambah beban pulsa  tidak hanya pada pihak penerima, juga pada pihak si pengirim.
  2. Perlakukan e-mail secara pribadi. Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Kamu secara pribadi,  Kamu tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau  mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
  3. Jangan gunakan huruf kapital. Seperti halnya membaca surat kabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan e-mail/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Kamu.
  4. Jangan Membicarakan Orang Lain.  Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan-kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang Kamu tulis. E- mail memiliki fasilitas bernama ‘Forward’, yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya  (forward) ke orang lain.
  5. Jangan gunakan CC. Jika Kamu ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list),  jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Kamu melakukan hal itu, semua  orang yang menerima e-mail Kamu akan bisa melihat alamat-alamat e-mail  orang  lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
  6. Jangan gunakan format HTML. Jika Kamu mengirim sebuah pesan penting ke rekan Kamu, jangan gunakan format HTML tanpa Kamu yakin bahwa program e-mail rekan Kamu bisa memahami kode  HTML. Jika tidak, pesan Kamu sama sekali tidak terbaca atau kosong.  Sebaiknya, gunakan plain text.
  7. Jawablah Secara Masuk Akal. Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Kamu menjawab dalam satu kata: “Good.” Wah, ini sangat  menyebalkan.”

sumber:https://kkpismkgondang.wordpress.com/materi-kelas-x/mengoperasikan-software-e-mail-client/

Mengoperasikan Web-Browser operasi

Mengoperasikan Web-Browser operasi

Internet

Internet (Interconnected Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs di dunia. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Jaringan yang membentuk internet, bekerja berdasarkan suatu protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati laIu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error-handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan. Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, karena internet menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut, antara Iain : I. Komunikasi berbiaya murah. 2. Sumber informasi besar. 3. Tantangan baru untuk berusaha. 4. Keterbukaan (tanpa sensor). 5. Jangkauan yang tidak terbatas.

  • Keberadaan situs media online (berbasis media cetak maupun yang lainnya) mampu mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Contoh media online:

• Koran masuk internet • Majalah, brosur, dan sebagainya

  • Internet sebagai media promosi, diantaranya:

• Image Company • Pengenalan dan pemesanan produk, • Registrasi klien, • Jadwal pengiriman, dan Iain-Iain.

  • Internet sebagai komunikasi interaktif.
  • Internet sebagai alat research and development.
  • Internet sebagai pertukaran data.

Sejarah Internet

Sebelum internet muncul, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkan terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Jadi bila satu bagian dari sambungan network terganggu oleh serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Kemudian pemerintah Amerika Serikat memberikan izin ke arah komersial pada awal tahun 1990. Internet mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat saat ini. Data statistik yang didapat menunjukkan hal-hal berikut.

  • Sekitar 4,8 juta host sudah terkoneksi di akhir tahun 1994.
  • Populasi 30 juta pengguna (1995).
  • Pertumbuhan 10% tiap bulan.
  • Seratus juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan tahun 2015 semua orang akan terhubung ke internet.
  • E-mail mendominasi 75% hubungan bisnis.

Koneksi Internet

Untuk dapat melakukan koneksi ke internet, secara umum langkah-langkah yang perlu disiapkan adalah:

  • Siapkan seperangkat PC.
  • Modem (Modulator Demodulator).
  • Koneksi ke internet melalui penyedia Iayanan akses internet atau ISP (Internet Service Provider).

1. Pengertian Modem Sebelum melakukan instalasi modem sebaiknya kita perlu tahu dulu apa yang disebut dengan modem. Modem singkatan dari Modulator Demodulator yang berfungsi untuk mengonversi data digital menjadi data analog dari komputer pengguna ke komputer server melalui jalur telepon, dan sebaliknya.

Gambar 1 : Ilustrasi kerja koneksi internet. Modem dial up dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Modem Eksternal

Biasanya dilengkapi dengan panel (LED atau LCD) untuk menampilkan informasi aktivitas modem. Panel ini berguna untuk membantu mendeteksi permasalahan yang terjadi. Modem jenis ini tidak menggunakan slot di dalam komputer dan dapat dinyalakan atau dimatikan secara terpisah dari komputer. Modem ini mudah dipindah-pindahkan, misalnya modem eksternal yang sama dapat digunakan untuk komputer desktop ataupun laptop. Modem ini aman digunakan untuk daerah yang rawan petir.

Gambar 2 : Modem Eksternal.

  • Modem Internal

Modem internal biasanya berharga lebih murah karena tidak memiliki case dan power supply terpisah. Modem ini mudah dipasang pada slot motherboard. Posisi modem ini berada di dalam komputer sehingga dapat mencegah orang lain untuk bertindak iseng terhadap perangkat ini. Pengguna modem ini dapat menghemat tempat untuk ruang komputernya, dan juga menghemat biaya untuk membeli kabel serial karena modem ini tidak memerlukan kabel yang semrawut.

Gambar 3 : Modem Internal.

2. lnstalasi Modem

Tahap berikutnya adalah melakukan instalasi modem. Penginstalan modem ke komputer dibutuhkan agar kedua mesin ini mampu bekerja sama. Baca buku petunjuk instalasi modem yang diikutsertakan dalam setiap pembelian.

a. Pemasangan modem ekstemal Pemasangan modem eksternal lebih mudah dilakukan dibanding pemasangan modem intemal, karena tidak direpotkan oleh proses buka tutup casing komputer, hanya membutuhkan obeng minus dan kabel modem. Ketika membeli modem, kamu mungkin harus mempersiapkan sendiri kabel modem yang sesuai dangan jenis COM port yang ada di komputer karena modem dan kabelnya dijual terpisah. Ikuti Iangkah-Iangkah berikut untuk memasang modem eksternal pada komputer.

  • Pastikan komputer telah dimatikan. Pasangkan salah satu konektor kabel tersebut ke modem dan konektor satunya lagi ke port COM yang terletak di bagian belakang komputer. Pastikan bahwa kabel tersebut telah terpasang dengan balk dan kencangkan baut yang terletak di sisi konektor kabel tarsebut dengan obeng.
  • Lalu sambungkan modem ke sambungan telepon dengan menggunakan kabel telepon yang telah dipasangkan RJ-11 ke konektor yang bertuliskan “line” yang tertera di modem. Jika ingin menggunakan telepon, sambungkan pula konektor pada modem yang bertuliskan “phone” ke telepon dangan menggunakan kabel telepon sejenis.
  • Jangan lupa pasangkan konektor adaptor ke modem, lalu sambungkan adaptor ke konektor listrik.
  • Sakarang nyalakan komputer dan modem. Apabila lampu modem bekerja/berkedip, software siap untuk diinstal. Jika modem tidak bekerja, coba periksa kembali semua sambungan. Jika kabel ke modem telah terpasang dengan baik, kerusakan mungkin terjadi pada modem atau kabel, bukan pada sambungannya.
  • Pada saat instalasi software untuk modem, ikuti perintah yang ada di layar monitor. Tentukan port COM tempat modem, terpasang (COM 1, COM 2, dan sebagainya). Apabila modem tersebut memiliki features plug-and-play, sistem operasi Windows akan langsung dapat mengenali konfigurasinya ketika proses instalasi berlangsung.

Gambar 4 : RJ11-konektor kabel telepon

b. Pemasangan modem internal Proses memasang modem internal dapat menjadi sangat mudah atau menjadi hal yang sangat menakutkan. Modem internal merupakan kartu yang dipasang di dalam komputer. Pemasangan modem ini lebih sulit daripada memasang modem eksternal. Berikut adalah langkah-|angkah memasang modem internal :

  • Matikan komputer, cabut kabel power-suppIy dari konektor listrik, dan buka tutup casing komputer.
  • Pilih slot kosong untuk menancapkan modem tersebut. Pada umumnya modem menggunakan slot 8-bit dan 16-bit yang dapat dipasang pada slot ISA. Sedangkan modem model terbaru menggunakan slot 64-bit dan dapat dipasangkan pada slot PCI (kecuali untuk modem jenis terbaru yaitu AMR (Audio Modem Riser) yang menggunakan slot khusus).
  • Lepaskan besi penutup slot yang ada di bagian belakang casing komputer. Jika menggunakan baut gunakan obeng yang sesuai dan simpan baut tersebut.

Garnbar 5 : Modem internal AMR (Audio Modem Riser).

  • Keluarkan modem dari dalam bungkusannya dengan hati-hati. Pasangkan modem ke dalam slot yang tersedia serta pastikan telah terpasang dengan baik.
  • Kencangkan baut untuk menahan modem supaya kokoh.
  • Sekarang sambungkan kabel dari terminal telepon ke ”line” · pada modem. jika ingin menggunakan telepon, sambungkan pula konektor pada modem yang bertuliskan “phone” ke telepon.
  • Sambungkan kembali semua kabel pada komputer dan nyalakan komputer. Jika instalasi hardware telah dilaksanakan, dapat dilanjutkan menginstal driver beserta software modem tersebut agar komputer mengenali perangkat yang baru saja ditambahkan.

3. Pemasangan Modem di Windows XPBerikut dijelaskan langkah-langkah pemasangan modem pada Windows XP.

  • Nyalakan komputer sesuai dengan prosedur yang ada.
  • Windows XP akan mendeteksi adanya modem pada komputer secara otomatis .
  • Akan muncul kotak dialog Found New Hardware Wizard

Gambar 6 Windows mendeteksi keberadaan hardware baru.

  • Kemudian muncul tampilan Gambar 7.

  • Pilih Install the software automatically (Recommended). Tapi pastikan bahwa CD atau floppy software pendukung sudah masuk pada drive.

Web Browser

Pengertian web browser atau internet browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di World Wide Web. Sumber informasi diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URI) termasuk sebuah halaman web, gambar, video, atau bagian lain dari konten web. Pengertian Web Browser dari Segi Fungsi Tujuan utama dari web browser adalah untuk membawa sumber informasi kepada pengguna. Proses ini dimulai ketika pengguna memasukan sebuah Uniform Resource Identifier (URI), misalnya, http:/smkgondang.wordpress.com ke dalam browser. Sumber yang telah diambil web browser akan ditampilkan. HTML ditampilkan ke mesin tata letak browser, dan akan diubah dari markup ke dokumen interaktif. Selain dari HTML, web browser umumnya bisa menampilkan setiap jenis konten yang menjadi bagian dari suatu halaman web. Kebanyakan browser dapat menampilkan gambar, audio, video, dan file XML, dan sering mempunyai plug-in untuk mendukung aplikasi Flash dan applet Java. Jika menemui tipe file yang ditetapkan untuk didownload, maka browser akan meminta pengguna untuk menyimpan file ke disk. Rincian Web Browser Memahami pengertian web browser harus juga memahami tentang rinciannya. Kita semua tahu apa itu web browser seperti yang terlihat, tapi ada baiknya untuk mengetahui rincian lengkap dari berbagai bagian browser web. Bagian-bagian dari browser termasuk :

  1. Status Bar. Ini adalah kotak di bagian bawah jendela browser Anda. Status bar menampilkan segala macam informasi, tergantung pada apa yang Anda lakukan pada saat itu. Sebagian besar untuk menunjukkan kecepatan beban dan URL dari alamat yang sedang ditunjuk oleh mouse.
  2. Address Bar. Ini adalah kotak di bagian atas jendela browser Anda yang menampilkan seluruh URL atau alamat situs web.
  3. Title Bar. Bar judul ada di bagian paling atas jendela browser Anda. Anda akan melihat judul halaman web di sana, misalnya, Anda akan melihat ” https://kkpismkgondang.wordpress.com/ ” ketika Anda membuka situs kkpismkgondang.wordpress.com
  4. Toolbar Ikon. Toolbar dan ikon perusahaan browser yang ada di bagian atas kanan jendela browser Anda, di bawah Title Bar. Di sinilah Anda akan melihat tombol Back, tombol Home, tombol Refresh, dll.
  5. Display Window. Jendela Display hanyalah istilah mewah untuk ruang kerja browser Anda. Ini berupa frame di mana Anda melihat halaman website.
  6. Scroll Bar. Jika ketika Anda membuka situs web dan Anda harus “scroll ke bawah” untuk membaca sesuatu, maka Anda telah menggunakan scroll bar.

Macam-Macam Web Browser Untuk memahami tentang pengertian web browser, berikut adalah beberapa web browser yang tersedia bagi Anda yang bisa didownload secara gratis.

  1. Microsoft Internet Explorer.Sebagian besar pengguna internet menggunakan Internet Explorer karena mudah digunakan dan sebagian besar situs web yang ditulis dengan Internet Explorer, yang berarti bahwa mereka lebih kompatibel.
  2. Opera.Opera merupakan browser populer yang mudah digunakan, namun memiliki beberapa masalah kompatibilitas dengan berbagai situs.
  3. Mozilla Firefox.Firefox adalah web browser yang cukup cepat dalam memperoleh pengguna. Ia berada di belakang Internet Explorer karena memiliki tabbed browsing, fitur keamanan superior, dan akses yang cepat.
  4. Google Chrome. Google Chrome adalah web browser yang dirancang untuk sistem Windows. Ia menawarkan desain minimal dan ‘teknologi canggih’, untuk membuat akses lebih cepat, aman, dan mudah.
  5. Mac Safari. Khusus untuk pengguna Mac, Safari adalah pilihan yang sangat baik untuk sebuah web browser. Safari berkemampuan akses cepat dan kompatibilitas yang baik.

Pada modul ini, kita akan membahas web browser dengan menggunakan Intemet Explorer.

Gambar 8 : Tampilan Intemet Explorer 1. Menjalankan Internet Explorer Internet Explorer adalah salah satu software web browser yang sangat terkenal dan banyak digunakan. Langkah-langkah untuk mengaktifkan atau memanggil lntemet Explorer adalah klik. Start -> All Programs -> Internet Explorer.

Gambar 9 : Posisi shortcut Internet Explorer pada menu All Programs. 2. Area Kerja Internet Explorer Seperti kebanyakan program aplikasi Windows, area kerja‘ Internet Explorer juga memiliki semua komponen jendela program aplikasi, namun perbedaan terdapat pada menu dan toolbar-nya. Perhatikan Gambar 10.

Garnbar 10 : Area kerja Intemet Explorer.

Keterangan gambar:

1. Tittle Window, adalah baris judul alamat internet yang terbuka dan selalu diikuti nama program Internet Explorer.

2. Menu, adalah baris yang berisi perintah-perintah untuk mengoperasikan Internet Explorer.

3. Links, adalah baris penghubung ke alamat internet secara cepat tanpa mengetikkan alamatnya terlebih dahulu, dapat ditambah atau dikurangi.

4. Address Bar, adalah kotak teks untuk mengisikan alamat internet yang ingin dikunjungi. Di ujung kanan kotak ini terdapat tombol Go yang digunakan untuk mulai proses pencarian alamat internet yang dituju.

5. Workspace, adalah area kerja yang menampilkan isi halaman dari alamat internet yang dituju.

6. Status Bar, adalah baris informasi status link alamat internet yang tampil atau terbuka dalam workspace. Alamat Internet dan Hyperlink Alamat Internet

  1. Alamat internet atau alamat sebuah web disebut juga URL (Uniform Resource Locator). Alamat internet ini biasanya terdiri atas 4 bagian, yaitu:
    1. Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi).
    2. Lokasi dari situs, contohnya www (World Wide Web).
    3. Nama organisasi yang mengatur situs.
    4. Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi.

(Contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial). Misalkan diketahui alamat intemet https://www.ditpsmk.net/, artinya: http : Web server ini menggunakan Hypertext Transfer Protocol. www : Lokasi situs ini berada dalam World Wide Web. ditpsmk: Web server ini berada di ditpsmk yang mengatur situsnya. net : Ini menunjukkan institusi tersebut bergerak dalam jaringan (network). Ketika alamat internet seperti https://www.ditpsmk.net! diketik ke dalam address bar dan mengklik Go atau menekan Enter, maka isi informasi institusi itu akan muncul dalam workspace pada web browser. Informasi yang muncul itulah yang sering disebut situs web (website).

  1. Hyperlink

Di dalam sebuah situs web, terlihat beberapa teks yang memiliki warna berbeda, bergaris bawah, atau berada di dalam kotak (tombol). Teks-teks inilah yang disebut hyperlink atau link. Jika bagian ini diklik, pengguna akan dibawa ke halaman web Iainnya. Kamu dapat mengetahui bahwa teks tersebut aktif (link) jika pointer mouse melewati teks tersebut, pointer itu berubah menjadi pointing finger.

Menyimpan Halaman Internet

1.   Download

Download adalah proses pengambilan informasi berupa file, data atau program yang disediakan oleh sebuah situs web dan menyimpannya ke dalam komputer. Tipe file hasil download biasanya berupa .pdf (dari aplikasi Acrobat Reader), .ppt (dari aplikasi PowerPoint), .doc (dari aplikasi Ms Word), .htm atau .html dari file HTML, dan lain sebagainya. Ada pula file-file hasil download berupa gambar yang mempunyai format data JPG, JPEG, TIFF, GIF, dan lain sebagainya. Secara Umum : Langkah-langkah men-download file dari internet:

  • Perhatikan terlebih dahulu link atau ikon dalam halaman web. Link itu akan mengarah pada file baik itu fille data maupun program.
  • Klik link atau ikon tersebut.
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog File Download. Klik tombol Save untuk mulai men-download.
  • Kotak dialog Save As akan muncul. Ketik nama tile yang diinginkan, lalu klik Save.

2.   Menyimpan File Halaman Web

Untuk menyimpan data di situs yang sedang terbuka bisa dilakukan dengan 3 cara :

  1. Simpan ke hard disk dengan meng-klik menu File, Save As (dan dipilih folder untuk penyimpanan) dan Save (dan anda bisa membukanya kembali di rumah/rental sesuai dengan aslinya). Ini bertujuan agar halaman web tersebut dapat dibuka kembali tanpa melakukan koneksi ke internet (work offline).
  1. Bila anda hanya membutuhkan text-nya saja dan imagenya nggak perlu (file yang dihasilkan dengan penyimpanan cara (1) sangat besar) maka anda bisa mengambil teksnya saja dengan cara : High light (sorot) text-nya copy (Ctrl+C) dan pastekan (Ctrl+V) di Ms Word.
  2. Bila anda seorang programmer komputer yang menginginkan program asli dari tampilan website tsb. Klik kanan teks tsb, akan muncul Menu Pop Up Buka kode html-nya dengan klik View Source Code Akan muncul pada NotePad, kemudian simpan filenya dengan : File , Save, Pada file name, ganti extension file txt dengan htm.

Menyetak Halaman Internet Halaman web dapat Iangsung dicetak dengan Iangkah sebagai berikut. > Pilih menu File pada menubar kemudian klik Print. > Setelah itu akan tampil kctak dialog Print seperti pada Gambar 11. > Pilih jenis printer yang akan digunakan pada Select Printer serta jumlah dan halaman yang akan dicetak pada Page Range. > Kemudian klik Print. Untuk mengantisipasi kesalahan cetak, lihat file hasil cetakan di Iayar terlebih dahulu sebelum Hle tersebut dicetak ke printer. Langkahnya-langkah adalah sebagai berikut. > Pilih menu File pada menubar > Kemudian klik Print Preview. > Setelah itu akan tampil hasil cetakan dalam Iayar yang ditampilkan per halaman. Apabila tampilan cetakan pada Iayar itu sesuai dengan harapan, klik tombol Print untuk mulai mencetak.

sumber:https://kkpismkgondang.wordpress.com/materi-kelas-x/mengoperasikan-web-browser-operasi/

MENGOPERASIKAN PERIFERAL

MENGOPERASIKAN PERIFERAL

PERIFERAL

 Merupakan peralatan yang terhubung dengan CPU .
Pengelompokkan Periferal
1. Menurut Fungsi dan Kegunaannya
    Main Peripheral & Auxilarry Peripheral
2. Menurut Proses Kerjanya
    Peripheral Input & Peripheral Output
Koneksi Periferal ke CPU
-Pararel
-Serial
-PS/2
-USB
Koneksi secara Wireless
-Universal Serial Bus (USB)
   Merupakan interface hardware untuk mengkoneksikan periferal dengan kecepatan tinggi .
-Pararel
  Merupakan interface hardware yang sering digunakan pada printer di mana transfer data sebanyak 8 bit dalam satu waktu secara pararel .
-Serial
  Merupakan standar konektor dan protokol yang digunakan untuk mengkoneksikan peralatan . Transfer data sebanyak 8 bit dalam suatu waktu dilakukan secara serial .
-PS/2
   Merupakan interface hardware yang digunakan untuk mengkoneksikan mouse dan keyboard .
                                                       JENIS-JENIS PRINTER
-DOT MATRIK PRINTERS
  Cara kerja printer ini dengan menghentakan printhead ke pita untuk membentuk karakter .
-INKJET PRINTERS
  Cara kerjanya dengan menyemprotkan cairan tinta ke kertas .
-LASER PRINTERS
  Printer ini memiliki kecepatan tinggi .
                                         CARA MENGINSTAL LOCAL PRINTER
Langkah yang digunakan untuk menginstalasi local printer adalah sebagai berikut :
-Klik start>Printers and Faxes>Add a printer .
Selain menggunakan cara di atas, anda dapat menggunakan perintah : Start>Control Panel>Printers and other Hardware . Dilayar akan terlihat jendela printers and other hardware , kemudian klik icon printers and faxes .
                                                  MENGOPERASIKAN PRINTER
Setting melalui printer dapat dilakukan dengan cara :
-Klik menu Start>Klik menu Printers and Faxes .
-Klik kanan pada jenis printer yang Anda gunakan .
-Klik tombol printing Preferences
-lalu muncul menu di bawah ini
-Klik tombol portait untuk tegak dan landscape untuk tidur
-Klik OK
                                                         INSTAL SCANNER
-SCANNER telah terkoneksi dengan baik ke komputer
-Start>Control Panel>Scanner&Cameras>Add an Imaging Devices
-Setelah tampil add scanner wizard klik next untuk menginstal driver
-Pilihlah tipe Scanner sesuai manufakturnya . Klik next>…>finish. Jika tidak ada maka  :
-Masukkan CD instalasi kemudian tekan tombol have a disk klik next>…>finish
-Lanjutkan dengan menginstal software untuk memindai software OCR
-Restartlah komputer .
-Nyalakan Scanner
-letakkan dokumen yang dipindai pada lensa
-Set-lah software scanner (program OCR).Jalankan Scansoft Omnipage Pro kemudian lakukanlah setting : proses ,bahasa, sumber , deskripsi, metode export .
-Klik start & proses pemindaian berlangsung .
-Bacalah proof dokumen yang sudah dipindai .
-Simpanlah file sesuai format dokumen yang diinginkan .
                                                                MEMINDAI GAMBAR
-Nyalakan Scanner dan letakkan gambar di atas lensa .
-Jalankan program Arcsoft potostudio 2000 (atau pengolah gambar lainnya)
-Importlah gambar dengan mengklik icon scanner kemudian tekan tombol scan & proses pemindaian berlangsung .
-Editlah hasil pemindaian bila perlu,kemudian tekan tombol clear agar bisa menyimpan .
-Dari menu file pilih save as dan pilihlah tipe format gambar hasil pemindaian .
sumber:https://kusdianablog12.blogspot.co.id/2012/09/mengoperasikan-periferal_4.html

Ketahui Penyebab Komputer Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Komputer Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Tips Baterai Tidak Cepat Habis dan Awet Tahan Lama

Tips Baterai Tidak Cepat Habis dan Awet Tahan Lama

sumber:https://pusatteknologi.com/baterai-laptop-cepat-habis.html

Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus dan Awet

Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus dan Awet

 

Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus dan Awet – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa harddisk merupakan sebuah media penyimpanan data alias storage yang biasanya digunakan di perangkat komputer PC maupun laptop.

Dahulunya dimensi harddisk komputer PC terbilang cukup besar. Namun seiring perkembangannya, ukuram harddisk kini menjadi lebih kecil dan ramping. Penyesuaian dengan ukuran perangkat komputer portable atau laptop menjadi salah satu penyabab dibuatnya harddisk berukuran kecil.

Kini harddisk laptop juga sudah mulai berkembang. Karena bentuknya yang tipis, banyak orang menjadikan harddisk laptop sebagai harddisk portable atau hard disk eksternal yang bisa dibawa kemana-mana layaknya sebuah flash disk. Para produsen hard disk  kini juga berlomba-lomba untuk membuat sebuah hard disk portable atau eksternal yang handal dan murah.cara memilih hdd eksternalBicara soal hard disk portable atau hard disk eksternal, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam pemilihannya. Jadi sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah hard disk portable, simak terlebih dahulu ulasan monthlytech.com yang satu ini.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih hard disk eksternal yang bagus dan awet:

1. Perhatikan Sistem Operasi

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih harddisk eksternal adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika anda menggunakan sistem operasi Windows, maka pilih harddsik eksternal berformat NTFS. Namun jika anda menggunakan MAC, maka pilih harddsik HFS+. Jangan sampai anda memilih hard disk yang salah sehingga ujung-ujungnya menjadi tak terpakai.

2. Kapasitas Penyimpanan

Satu hal yang tak kalah penting saat memilih sebuah hard disk eksternal adalah memperhatikan berapa kapasitas penyimpanannya. Jangan sampai anda memilih hard disk yang memiliki daya tampung sedikit sehingga tidak mampu mengakomodasi penyimpanan file yang anda butuhkan.

Perlu diketahui adalah semakin besar kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh sebuah hard disk, maka semakin besar pula uang yang harus anda keluarkan untuk mendapatkannya.

3. Kecepatan Rotasi

Hard disk eksternal yang bagus adalah yang memiliki kecepatan rotasi tinggi. Hardisk dengan kecepatan rotasi 7.200 rpm jauh lebih bagus ketimbang hard disk dengan kecepatan rotasi 5.400 rpm. Perlu diketahui saat ini sudah tersedia hard disk eksternal dengan kecepatan rotasi hingga 10.000 rpm.

4. Konektivitas

Saat memilih hard disk eksternal, sebaiknya anda juga memperhatikan konektivitas yang dimiliki. Apakah hard disk tersebut memiliki konektivitas USB 2.0, 3.0, atau 4.0. Semakin tinggi versi konektivitas USB, maka semakin cepat pula kecepatan transfer datanya.

5. Bentuk Hard disk

Yang terakhir adalah perhatikan bentuk hard disk. Karena hard disk eksternal merupakan hard disk portable yang sering dibawa kemana-mana, maka sebaiknya pilih yang memiliki ukuran kecil. Selain itu perhatikan pula casing hard disknya. Pilih hard disk yang memiliki casing berpelindung seperti karet agar aman dari benturan.

sumber:https://monthlytech.com/cara-memilih-hard-disk-eksternal-yang-bagus-dan-awet/

5 Aplikasi Olahraga Android Terbaik dan Terpopuler

5 Aplikasi Olahraga Android Terbaik dan Terpopuler

 

5 Aplikasi Olahraga Android Terbaik dan Terpopuler – Kehadiran smartphone Android yang kini telah menjamur di semua kalangan membuat banyak orang menjadi malas berolahraga. Mereka lebih memilih asyik bermain sosial media atau game online. Padahal semua tahu bahwa olahraga sangat penting bagi kesehatan.

Perlu anda ketahui bahwa HP Android tak hanya digunakan untuk berkomunikasi melalui sosial media atau bermain game online, namun bisa juga digunakan untuk mendukung aktivitas olahraga. Ya, saat ini sudah banyak sekali aplikasi olahraga yang bisa didowload dan digunakan secara gratis.

Dengan aplikasi-aplikasi tersebut tentunya aktivitas olahraga anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa aplikasi Android olahraga terbaik dan terpopuler di Android. Bagi anda yang penasaran dan ingin tahu ulasan lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan monthlytech.com berikut ini.aplikasi olahraga android1. Adidas Train and Run

Pastinya anda semua sudah tahu bahwa Adidas merupakan salah satu brand sport wear yang sangat terkenal di dunia. Ternytaa Adidas juga telah meluncurkan aplikasi Android yang dapat membantu anda dalam pelatihan mencapai berat badan ideal atau hanya sekedar ingin mendapatkan tubuh yang bugar.

 

2. Endomondo

Endomondo adalah salah satu aplikasi olahraga Android yang sangat populer. Kabarnya aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna Android di seluruh dunia. Aplikasi ini dapat membantu anda dalam mendapatkan tubuh yang bugas. Caranya dengan melihat jarak tempuh dan jumlah kalori yang telah terbakar dalam tubuh.

 

3. Google Fit

Aplikasi kesehatan Android yang satu ini merupakan aplikasi besutan Google. Ya, Google Fit adalah aplikasi olahraga yang banyak digunakan pada perangkat Android Wear. Aplikasi ini dapat mengetahui jarak tempuh anda dan mencatatnya dalam grafik sehingga anda bisa melihat perkembangannya.

4. Get Running

Get Running merupakan salah satu aplikasi olahraga Android pendatang baru yang sangat populer. Walaupun masih baru, aplikasi ini banyak diminati karena fiturnya yang lengap. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk merancang jadwal latihan kebugaran. Selain itu anda juga bisa melakukan share ke sosial media dan mendapatkan tips seputar hidup sehat yang sangat keren.

 

5. Map My Run

Tak jauh berbeda dari aplikasi olahraga pada umumnya, Map My Run dapat membantu penggunanya dalam memperoleh tubuh bugar dengan cara berlari. Cara kerja aplikasi ini lebih berfokus ke GPS, di mana dapat menampilkan rute lari, jarak tempuh, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian informasi mengenai beberapa aplikasi olahraga Android terbaik dan terpopuler saat ini. Semoga dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut dapat membuat anda lebih bersemangat dalam berolahraga. Sampai jumpa di ulasan menarik yang akan datang, dan semoga informasi tadi bermanfaat.

sumber:https://monthlytech.com/5-aplikasi-olahraga-android-terbaik-dan-terpopuler/

Cara Partisi Harddisk Komputer atau Laptop Tanpa Ribet

Cara Partisi Harddisk Komputer atau Laptop Tanpa Ribet

 

Cara Partisi Harddisk Komputer atau Laptop Tanpa Ribet – Pastinya anda sudah tahu bahwa harddisk merupakan media penyimpanan data yang digunakan pada komputer atau laptop. Seiring perkembangan jaman, ukuran atau space harddisk semakin hari semakin besar.

Selain itu harga media penyimpanan yang satu ini juga semakin murah. Malah saat ini banyak harddisk yang memiliki kapasitas berpuluh-puluh terra yang dijual dengan harga terjangkau. Kali ini monthlytech.com tak akan berbagi informasi mengenai harga harddisk, melainkan bagaimana cara mempartisi sebuah harddisk.

Nah, bagi anda yang belum tahu apa itu partisi harddisk, akan kami jelaskan secara singkat. Jadi partisi harddisk dilakukan untuk membagi volume atau kapasitas sebuah harddisk menjadi beberapa bagian yang berbeda, namun masih dalam satu kesatuan.Cara Partisi Harddisk Komputer atau Laptop Tanpa RibetBagi para pengguna komputer pemula pastinya masih cukup asing dengan bagaimana cara yang benar dalam mempartisi harddisk. Nah, buat anda yang ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai cara partisi harddisk komputer atau laptop, silahkan simak baik-baik ulasan monthlytech.com berikut ini.

Cara Partisi Harddisk Saat Intall Ulang

  1. Pertama-tama silahkan masukkan CD Windows ataupun Bootable Windows yang lainnya
  2. Setelah itu ikuti tahap-tahap install ulang Windows seperti biasa
  3. Pada saat pemilihan Drive tempat install Windows, silahkan click create partition
  4. Setelah itu isikan sejumlah kapasitas yang ingin anda kehendaki
  5. Setelah itu klik OK
  6. Lanjut pada unlocated drive, pilih create partition lagi
  7. Isi lagi space sesuai jumlah yang anda inginkan
  8. Apabila sudah, lanjut install Windows seperti biasa

Cara Partisi Harddisk Melalui Windows

  1. Pertama-tama silahkan masuk ke My Computer pada laptop atau komputer Windows anda
  2. Setelah itu klik kanan My Computer dan klik Manage
  3. Pada tampilan Manage, pilih Computer Management
  4. Selanjutnya klik Storage, dan pilih Disk Management
  5. Apabila sudah, pilih Drive mana yang ingin anda partisi ulang
  6. Klik kanan Drive yang ingin anda partisi, lalu klik Shirink Volume
  7. Atur berapa kapasitas yang ingin anda masukkan pada partisi baru harddisk anda
  8. Klik next next saja sampai proses selesai
  9. Harddisk anda sudah berhasil terpartisi

Bagaimana, sangat mudah bukan? Melalui menu tersebut anda tak hanya bisa mempartisi harddisk saja, namun juga bisa menggabungkan beberapa partisi menjadi satu. Caranya hampir sama, hanya saja menu yang digunakan sedikit berbeda.

Mungkin pada kesempatan yang akan datang monthlytech.com akan kembali berbagi informasi mengenai cara menggabungkan partisi harddisk menjadi satu. Oke, demikian informasi mengenai cara partisi harddisk laptop atau komputer dengan mudah dan cepat.

Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi bagi para pembaca setia monthlytech.com semuanya. Sampai jumpa di ulasan menarik berikutnya hanya di monthlytech.com. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda apabila bermanfaat.

sumber:https://monthlytech.com/cara-partisi-harddisk-komputer-atau-laptop-tanpa-ribet/

PENGENALAN SOFTWARE BASIS DATA (DATABASE)

PENGENALAN SOFTWARE BASIS DATA (DATABASE)

  1. Pengertian Database

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan bisa lepas dari data. Misalnya data tentang peserta didik, nilai, harga, makanan, dan lain-lain. Agar data menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi orang yang membacanya, maka data harus diorganisasikan dan diolah dalam suatu file database. Untuk pengorganisasian dan pengolahan data dengan komputer dibutuhkan suatu system manajemen database (DBMS). Dengan DBMS, kita dapat menambah, mengubah, menghapus, dan mengurutkan data sesuai dengan urutan yang sesuai dengan yang diinginkan serta membuat laporan bagi data tersebut.

Database atau biasa dikenal dengan basis data adalah kumpulan data yang terhubung dengan suatu objek, topik, atau tujuan khusus tertentu. Contoh database antara lain : buku telepon, buku kamus, katalog buku diperpustakaaan, dan lain-lain.

  1. Mengenal Microsoft Access 2007

Microsoft Access 2007 atau lebih dikenal dengan sebutan Access 2007 merupakan salah satu perangkat lunak yang diperuntukkan untuk mengolah database di bawah system Windows. Dengan menggunakan Microsoft Acces 2007 Kita dapat merancang, membuat, dan mengolah database dengan mudah dan cepat.

Banyak kemudahan yang akan diperoleh jika bekerja dengan microsoft Access 2007 diantaranya dapat melakukan proses penyortiran pengaturan data, pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan, dan lain sebagainya.

  1. Database Dalam Access 2007

Di dalam mengolah database, Access 2007 memiliki sarana atau obyek yang dapat mempermudah dalam membangun sebuah database. Adapun obyek- obyek tersebut antara lain :

Obyek Fungsi
Table Merupakan tempat atau sarana untuk penyimpanan data
Query Digunakan untuk menyaring data dengan berbagai kriteria dan urutan yang diinginkan
Form Digunakan untuk memasukkan dan mengubah data atau informasi yang ada didalam suatu database dengan menggunakan tampilan formulir
Report Digunakan untuk menampilkan atau mencetak data atau informasi dalam bentuk laporan

Ada beberapa istilah yang harus diketahui pada saat bekerja dalam lingkungan Access 2007 yaitu :

  • Ø Table adalah sekumpulan data yang memiliki topik tertentu. Tabel mengatur data di dalamnya dalam bentuk kolom (field) dan baris (record).
  • Ø Field adalah tempat atau dimana data atau informasi dalam kelompok yang sama atau sejenis dimasukkan. Field umumnya tersimpan dalam bentuk kolom secara vertikal pada tabel.
  • Ø Record merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel.
  1. Memulai Microsoft Access 2007

Untuk menjalankan Microsoft Access 2007, ikuti langkah sebagai berikut :

  1. Klik Start
  2. Pilih All Programs
  3. Pilih Microsoft Office
  4. Pilih dan klik Microsoft Office Access 2007
  5. Sehingga muncul tampilan sebagai berikut

Pada tampilan awal tersebut, klik salah satu pilihan berikut :

  • Blank Database jika ingin membuat sebuah database baru yang masih kosong. Ketik nama filenya pada kotak dialog yang muncul disebelah kanan Access 2007.
  • Feature Online Template jika ingin membuat sebuah database dengan menggunakan template yang disediakan oleh Windows Sharepoints Service Site.

Klik Create untuk pilihan Blank Database atau klik Download untuk pilihan yang ada di Feature Online Templates.

  1. Membuat Database Baru

Untuk membuat sebuah database baru, langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pada tampilan awal pilih Blank Database atau bisa juga memilih New Blank database pada bagian Microsoft Office Button.
  2. Setelah muncul dialog untuk memasukkan nama file database, isikan alamat beserta nama file database secara manual atau bisa mengklik tombol folder untuk menyimpan secara otomatis.
  3. Klik tombol Create untuk membuat sebuah database atau tombol Cancel untuk membatalkan proses pembuatan file database.
  4. Sehingga ditampilkan lembar kerja access sebagai berikut
  5. Membuka File Database

Untuk membuka file database dapat dilakukan dengan cara :

  1. Klik Office Button
  2. Lalu klik Open.
  3. Di dalam daftar folder, cari folder atau alamat tempat tersimpannya file database.
  4. Bila sudah menemukan file database yang diinginkan, pilih salah satu langkah berikut :
  • Double klik file database untuk membukanya.
  • Pilih file database yang diinginkan lalu klik tombol Open untuk membukanya.
  1. Menutup File Database yang Aktif

Untuk menutup database yang sedang aktif, langkah-langkahnya sebagai
berikut :

  1. Klik Office Button
  2. Klik tombol Close Database (Ctrl+W).
  3. Mengakhiri Access 2007

 

sumber:https://hunt27.blogspot.co.id/2013/05/mengoperasikan-software-apliksi-basis.html