Archive for Desember, 2015

Materi Antropologi Kelas XII :Karya Ilmiah dan Metode Penelitian Antropologi

Desember 23, 2015 in Antropologi,Pembelajaran Antropologi SMA | Comments (0)

Pengertian karya ilmiah

Suatu karangan atau tulisan yang diperoleh dari keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, dan penelitian dalam bidang tertentu yang disusun berdasarkan metode tertentu dan sistematis dengan menggunakan bahasa penulisan yang santun, serta isinya dapat dipetanggung jawabkan kebenarannya dan keilmiahannya. Suatu karya dapat dikatan ilmiah apabila melalui proses dengan menggunakan metode ilmiah. Sehingga karya ilmiah merupakan suatu karya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk ilmiah(Eko Susilo,M.1995:11) (more…)


Materi Antropologi kelas XII:Relativitas, Ketahanan, Inovasi dan Asimilasi Budaya

in Antropologi,Pembelajaran Antropologi SMA | Comments (0)

Relativitas Budaya
Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang mempunyai berbagai suku, agama, ras, dan etnis yang kemudian membentuk berbagai macam kebudayaan dengan ciri khas masing-masing. Hal itu sering disebut dengan diversitas budaya (cultural diversity), di antara etnis yang tinggal di kepulauan Indonesia menandai bahwa masing-masing masyarakat etnis mempunyai sistem tata nilai, norma, adat istiadat, dan hukum adat yang berbeda. Perbedaan tersebut, menyebabkan penerapan suatu budaya luar belum tentu sesuai dengan budaya lokal masyarakat. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh sistem budaya yang dianut masing-masing masyarakat berlainan. Sistem tata nilai budaya yang dianggap baik di suatu daerah, belum tentu di daerah lain akan dianggap baik. Fenomena ini memunculkan suatu teori yang disebut relativisme budaya. (more…)


Materi Antropologi kelas XII:Proses Globalisasi dan Strategi Mempertahankan Dan Memperkuat Nilai-Nilai Budaya Indonesia

in Antropologi,Pembelajaran Antropologi SMA | Comments (0)

GLOBALISASI menjadikan masyarakat lebih maju baik dalam bidang pendidikan, ekonomi maupun teknologi. Dengan adanya teknologi, komunikasi dan transformasi berkembang pesat, dengannya pergerakan informasi lebih mudah dan cepat. Perubahan tersebut berdampak pada hubungan antarnegara. Antaran negara satu dan lainnya seolah tidak terdapat batas lagi. Hal tersebutlah yang menandai terjadinya globalisasi. (more…)


Materi Antropologi kelas XII : Kesetaraan dan Hubungannya dengan Perubahan Sosial Budaya

in Antropologi,Pembelajaran Antropologi SMA | Comments (0)

Kesetaraan
Kesetaraan  berasal dari kata setara atau sederajat. Sehingga segala sesuatu yang sederajat tidak menunjukkan adanya tingkatan yang lebih rendah atau yang lebih tinggi. Kesetaraan dapat dilihat dari dua aspek, yaitu manusia dan sosialnya. Kesetaraan manusia merupakan kesetaraan yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Manusia diciptakan dengan kondisi yang sempurna dan mendapatkan keadilan yang sangat sempurna dari yang maha pencipta. kesetaran sosial merupakan kesetaraan yang bersifat personal. Di dalam masyarakat seseorang memiliki status yang sama, baik dalam mengajukan pendapat, kebebasan berbicara, memperoleh hak suara, mendapatkan perlindungan hukum yang sama, mendapatkan keamanan, dan lain sebagainya. (more…)


Materi Antropologi kelas XI:Metode Etnografi dan Manfaatnya Dalam Mencari Solusi Berbagai Permasalahan Sosial-Budaya

in Antropologi,Pembelajaran Antropologi SMA | Comments (0)

Etnografi berasal dari bahasa Yunani ethnos = rakyat dan graphia = tulisan, adalah strategi penelitian ilmiah yang sering digunakan dalam ilmu sosial, terutama dalam antropologi dan beberapa cabang sosiologi. Etnografi merupakan pelukisan dan analisis tentang kebudayaan suatu masyarakat atau suatu suku bangsa. Etnografi biasanya terdiri atas uraian terperinci mengenai aspek cara berperilaku dan cara berpikir yang sudah membaku pada orang yang dipelajari, berupa tulisan, foto, gambar, atau film yang berisi laporan atau deskripasi tersebut yang dipelaajari oleh ahli etnografi adalah unsur kebudayaan suatu masyarakat seperti bahasa, mata pencaharian, sistem teknologi, organisasi sosial, kesenian, sistem pengetahuan, dan religi (more…)