1. Masjid Agung Jawa Tengah.

https://www.anekawisata.com/wp-content/uploads/2016/01/Masjid-Agung-Jawa-Tengah.jpg
Kita mulai review rekomendasi tempat wisata di Semarang yang bagus dan terkenal dengan mengulas Masjid Agung Jawa Tengah. Lokasi dan alamat Masjid Agung Jawa Tengah ada di Jl Gajah Raya, Gayamsari. Masjid ini menjadi salah satu tujuan utama wisata religi di Semarang untuk muslim.
Masjid Agung Jawa Tengah tampak begitu megah, serta dilengkapi dengan payung raksasa seperti di Masjid Nabawi, Madinah. Payung ini bisa membuka dan menutup secara otomatis, tergantung kebutuhan. Setelah beribadah, Anda bisa bersantai sejenak sambil mengagumi arsitektur masjid.
Cobalah menuju ke Menara Asmaul Husna. Menara tersebut dibangun di area masjid dengan tinggi 99 meter. Pengunjung boleh naik ke atas menara dan menyaksikan indahnya pemandangan Kota Semarang dari ketinggian.

2. Waduk Jatibarang & Gua Kreo.

https://www.anekawisata.com/wp-content/uploads/2015/07/Waduk-Jatibarang-Semarang.jpg
Waduk Jatibarang & Gua Kreo adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang asyik dan menarik untuk mengisi liburan bersama keluarga dan teman-teman (Foto : yasiryafiat.wordpress.com)
Ini dia tempat wisata di Semarang terbaru yang lagi hits atau naik daun yaitu Waduk Jatibarang & Gua Kreo. Lokasi dan alamat waduk ini ada di perbukitan Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Waduk Jatibarang diresmikan bulan Mei 2014 dan berhasil menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.
Waduk Jatibarang dibuat mengelilingi Gua Kreo, sebuah petilasan Sunan Kalijaga dan goa alami yang lebih dahulu dikenal wisatawan. Karena dikelilingi waduk buatan, jadilah gua ini terlihat seperti pulau kecil.
Wisatawan yang ingin masuk ke gua bisa menyeberangi jembatan berwarna merah, yang juga menjadi tempat foto favorit turis. Wisatawan juga bisa bermain dengan monyet-monyet ekor panjang di kawasan Waduk Jatibarang dan Gua Kreo ini.
Harga tiket masuk objek wisata ini cukup murah meriah, yaitu sekitar Rp 4 ribu. Selain foto-foto dan main bersama monyet, Anda juga bisa menyingkir sejenak dari udara panas Semarang dan menikmati rimbunnya pepohonan, serta suasana menyejukkan di sekitar waduk.

3. Museum Kereta Ambarawa.

https://www.anekawisata.com/wp-content/uploads/2016/01/Museum-Kereta-Ambarawa.jpg
Sedikit bergeser dari Kota Semarang, ada museum unik yang wajib dikunjungi yaitu Museum Kereta Ambarawa. Objek wisata di Semarang ini memiliki kereta api uap kuno yang bisa dinaiki wisatawan. Berkunjung ke museum pun rasanya seperti datang ke mesin waktu yang membawa kembali ke masa lalu.
Salah satu kereta api uap yang masih bisa digunakan adalah kereta dengan lokomotif B 5112. Walaupun usianya sudah tua, kereta peninggalan zaman Belanda ini masih gagah membawa wisatawan keliling berbagai daerah di sekitar Ambarawa.
Harga tiket masuk Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebesar Rp 10.000 sedangkan untuk anak Rp 5.000. Murah meriah bukan? Jam buka museum ini mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Alamat dan lokasi Museum Kereta Api terletak di Jl Stasiun No 1, Ambarawa.

4. Pantai Marina.

https://www.anekawisata.com/wp-content/uploads/2016/01/Pantai-Marina.jpg

Bagi Anda penggemar pantai, jangan sampai melewatkan tempat wisata pantai di Semarang yang satu ini. Pantai Marina merupakan sebuah pantai kecil di sebelah utara kota Semarang. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Pantai Marina adalah tempat wisata di Semarang yang terkenal untuk kegiatan lari pagi atau jogging.
Pantai yang terletak di sebuah perumahan ini mempunyai fasilitas kolam renang, speed boat, ski air, dan taman bermain anak-anak. Bersepeda di sekitar Pantai Marina juga sangat menyenangkan karena suasananya yang sepi dan sejuk dengan pepohonan. Tak kalah deh dengan pantai-pantai yang ada di Bali, Lombok, Dan Jogja.

5. Umbul Sidomukti.

Umbul-Sidomukti-Semarang

Umbul Sidomukti di Bandungan bisa menjadi pilihan tepat tempat wisata anak dan keluarga di Semarang. Baik anak-anak maupun orang dewasa pasti senang liburan ke Umbul Sidomukti. Lokasi wisata alam tersebut juga tak jauh dari pusat Kota Semarang, hanya sekitar 1 jam naik kendaraan bermotor.
Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Umbul Sidomukti. Mulai dari berenang di kolam dengan ketinggian 1.200 mdpl, camping, main flying fox atau sekadar duduk-duduk santai sambil minum kopi. Umbul Sidomukti lokasinya memang berada di dataran tinggi, sehingga cuacanya lebih sejuk daripada di Semarang bawah.