Hari Pohon Sedunia jatuh pada hari ini (21 November). Ini merupakan momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. Pentingnya menanam pohon bagi kelangsungan hidup di bumi, diwujudkan dalam bentuk aksi membagi bibit tanaman maupun gerakan menanam pohon, oleh para aktivis pecinta lingkungan, maupun masyarakat dan mahasiswa.

hari-pohon

Dampak pemanasan global bagi bumi tidak dapat dibiarkan begitu saja, terlebih dengan semakin banyaknya hutan yang gundul akibat penebangan pohon secara liar. Padahal fungsi pohon sangat penting untuk menyerap gas CO2, maupun gas beracun lainnya di udara. Selain itu keberadaan pohon mampu menghasilkan Oksigen atau O2, yang merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk di bumi.

Cara paling mudah untuk mengurangi pemanasan global akibat dari efek gas rumah kaca dapat diawali dari tempat tinggal kita yakni dengan menanam pohon di sekitar tempat tinggal atau kampus. Mengapa pohon? Secara ilmiah, pohon merupakan penghasil oksigen. Pada siang hari, pohon mengeluarkan O2 (oksigen) dan menyerap CO2 (karbondioksida). Setiap kali kita bernafas, kita menghembuskan CO2 dan menyerap O2.

Haripohon

Tanaman ini juga bisa mencegah banjir dan longsor. Lewat akar-akarnya, pohon menyerap air  hujan. Pohon juga berperan melawan pencemaran udara lho dengan menyerap polusi yang ada di sekitarnya. Terkait global warming, pohon-pohon yang bertebaran didunia ini memengaruhi suhu udara. Apabila pohon berkurang, maka suhu di bumi akan panas akibat penggundulan hutan. Cuaca panas akan mencairkan es di kutub utara, sebagai dampaknya permukaan laut akan naik dan menimbulkan banjir di mana-mana.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi efek  Global Warming ini  diantaranya adalah dengan menanami setiap jengkal rumah kita dengan pohon atau bila rumah tidak memiliki lahan yang luas, tanaman bisa di letakkan di atap rumah atau tanah yang masih tersisa di rumah. Karena tiap pohon dapat menghasilkan 260 pon O2 tiap tahunnya.

Lets go guys.. Plant the trees :thumbup

‘Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan’