Anak-anak Unnes pasti udah pada tahu kan kalo di Unnes itu ada salah satu layanan yang bernama Free Hotspot. Ini salah satu yang paling difavoritkan bagi mahasiswa. Alasan utamanya ya memang karena gratisnya itu   😀  . Alasan kedua, WiFi Unnes cukup cepat apabila sedang sendirian dalam satu router  :cendols  . Terkadang tembus 6 Mbps lho guys! Seriusan!  :thumbup

Nah, setiap akan menggunakan WiFi kita pasti akan memasukkan Username dan Password Sikadu kita. Kalo yang belum tahu, ini nih salah satu screenshot yang penulis ambil!

Login Wifi
Screenshot Login Hotspot Unnes

Terlihat mainstream yaa?  :Peace:  Mungkin dibeberapa router pada Fakultas-Fakultas tertentu berisi ‘penampakan’ yang berbeda.

Nah, Unnes kan konservasi nih. Kenapa tidak sekalian juga WiFinya berbasis Konservasi. Maksudnya bukannya pelit router atau koneksinya diperlambat yaa guys  :Peace: . Akan tetapi saat Login WiFi, kita disuguhkan Tema Konservasi. Seperti foto-foto yang menggugah selera dalam berkonservasi.

Saya sendiri punya ide, bagaimana kalo saat akan login WiFi, kita harus menyetujui dahulu kesepakatan-kesepakatan yang berbasis konservasi. Seperti “Dengan login Hotspot Unnes, Saya bersedia menjaga lingkungan di sekitar saya” . Itu contoh ya guys! Mungkin kata-katanya bisa dimodifikasi lagi sedemikian rupa agar memberi dampak yang optimal bagi user.

Saat user memutuskan memilih untuk menyetujui kesepakatan tersebut, maka user berhak menggunakan WiFi tersebut dan diberikan koneksi internet. Begitupula sebaliknya, apabila user tidak menyetujui kesepakatan tersebut, maka koneksi internet tidak diberikan.

Selain dengan kesepakatan, bisa juga dengan pertanyaan-pertanyaan seputar konservasi atau apapun seputar Ilmu Pengetahuan. User diberikan waktu 1 menit untuk menjawab pertanyaan tersebut. Apabila lewat dari 1 menit, maka pertanyaanpun berganti. Dengan demikian akan mendorong civitas akademika Unnes dalam memperkaya Ilmu Pengetahuan dan menanamkan jiwa konservasi lebih dalam sesuai dengan Unnes sebagai Rumah Ilmu yang Konservasi dan Bereputasi.

Salam Konservasi, guys!  :toast

‘Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan’