OPINI SOLUSI EKONOMI KREATIF dalam MELIMPAHNYA SUMBER DAYA

Artikel 3

 

OPINI SOLUSI EKONOMI KREATIF dalam

MELIMPAHNYA SUMBER DAYA

 

                        Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep diera ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sdm sebagai faktor produksi yang utama. Kebaradaan ekonomi kreatif ada karena didukung dengan adanya produksi yang kreatif pula. Dalam perkembangan ekonomi kreatif hal yang terpenting adalah informasi. Orang yang pertama kali memperkenalkan ekonomi kreatif adalah John Howkins dalam bukunya “The Creative Ekonomi”, pada tahun 1997. Dalam sebuah wawancara John Howkins menjelaskan bahwa ekonomi kreatif sebagai “ kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan waktu untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal- hal yang rutin dan berulang karena bagi masyarakat ini, menghasilkan ide merupakan hal yang harus dilakukan untuk kemajuan.

Negara Indonesia adalah negara yang kaya, negara yang subur terhampar luas ladang perkebunannya, perhutanan, maupun perikananya. Terdapat beberapa macam flora dan fauna. Bahkan yang menarik para penjajah datang ke Indonesia adalah karena Indonesia memiliki rempah – rempah yang melimpah selain itu Indonesia memiliki jumlah penduduk yang banyak.

Namun tidaklah mudah untuk menghadapi perekonomian bangsa Indonesia karena terdapat banyak tantangan yangmenghambat perkembangan perekonomian Indonesia. Apalagi akhir – akhir ini daya beli masyarakat menurun sehingga semakin membuat perekonomian indonesia ikut menurun, selain itu adanya sektor investasi yang belum memenuhi ekspetasi karena adanya krisis global.

Melambatnya ekonomi Indonesia berdampak pada menurunya estimasi pertumbuhan ekonomi. Padahal pada awalnya bank dunia optimis akan ada perkembangan ekonomi di Indonesia.

Pertumbuhan maupun perkembangan ekonomi kreatif itu dipengaruhi oleh seluruh masyarakat indonesia baik itu jajaran pemerintah maupun penduduk sipil dan keadaan pasar global. Jika seluruh masyarakat indonesia bersatu padu membangun ekonomi Indonesia maka tidak ada kata yang tidak mungkin Indonesia menjadi negara maju bukan negara berkembang lagi.

Lihat saja hutan indonesia yang terbentang dari timur kebarat. Hutan yang berada di indonesia bukan hanya hutan yang berisi kayu atau pohon saja namun didalamnya banyak terdapat kenaeragaman baik hayati maupu hewani. Banyak tanaman yang kita miliki tidak di miliki oleh negara yang lain.

Bahkan perariran di Indonesia baik itu air tawar maupun air laut adalag bagai surga yang tersembunyi di dalam laut. Kita harus berpikir kreatif mengeksplor kekayaan yang ada di Indonesia dan meminimalisir kekurangannya misalnya saja kita berbisnis kayu jati kita tidak hanya menebang pohonnya saja tetapi kita juga menanam dan kita harus banyak mencari informasi untuk memasarkan produk yang kita buat dan kita harus slalu mengikuti perkembangan perekonomian dunia agar kita dapat mengambil keuntungan di dalam pasar modal. Kita juga harus pandai dalam menjalin relasi dengan para pengusaha yang lain.

Dan mulai sekarang mari kita ubah cara berfikir kita cara pemasaran yang kuno contohya saja produksi lampion yang dulunya dari kertas dan berbentuk bulat kenapa kita tidak mencobanya dari plastik, benang , kayu ukir dll. Dan yang dulunya kita hanya menjual di pasar atau rumah kenapa kita tidak mencobanya mengekspor, online dll

Jadi kesimpulnanya kita harus berfikir, berkreasi, berinovasi, untuk mengembangan ekonomi kreatif indonesia dan kita harus mencintai produk dalam negeri serta mencari banyak informasi pasar nasional maupu global serta banyak menjalin relasi.

 

Referensi

Sumber : https://id.wikipedia.org

Kompas.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: