RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Sidareja
Kelas/Semester : X / 2 (dua)
Mata pelajaran : Sosiologi
Topik : Pengendalian Sosial
Pertemuan ke : 16
Alokasi waktu : 3×45 Menit (1x Pertemuan)
- Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati Dan Mengamalkan Ajaran Agama Yang Dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.
- Kompetensi Dasar dan Indikator
No | Kompetensi dasaar | Indikator pencapaian kompetensi |
1 | 1.1. Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghormati agama lain . | 1.1.1 Menghargai perbedaan satu sama lain sebagai wujud rasa syukur terhadap Tuhan YME |
2 | 2.1 Merespon secara positif di lingkungan sekitar | 2.1.1 Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik, serta mampu mengenal orang baru.
|
3 | 3.1. Menerapkan metode-metode penelitian sosial untuk memahami berbagai gejala social | 3.1.1 Mendeskripsikan pengertian penelitian sosial dengan tepat
3.2.2 Menjelaskan cara berpikir seorang peneliti dengan benar 3.3.3 Menyebutkanjenis-jenis penelitiansosial minimal tiga |
4 | 4.1. Menyusun rancangan, melaksanakan dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual | 4.1.1Menyusun rancangan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam bentuk tulisan, lisan, dan audio visual hasil penelitian |
- Tujuan pembelajaran
- Setelah mengamati gambar tentang perilaku menyimpang (C), peserta didik (A) dapat mendefinisikan pengertian perilaku menyimpang (B) menggunakan bahasa sendiri dengan tepat (D).
- Setelah mengamati gambar tentang perilaku menyimpang (C), peserta didik (A) dapat mengidentifikasikan sifat-sifat perilaku menyimpang (B) minimal 2 (D).
- Setelah mengamati gambar tentang perilaku menyimpang (C), peserta didik (A) dapat mengidentifikasikan macam-macam perilaku menyimpang (B) minimal 2 (D).
- Setelah melihat tayangan video tentang perilaku menyimpang (C), peserta didik (A) dapat mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna (B) dengan tepat (D).
- Materi Ajar
- Pengertian perilaku menyimpang.
- Sifat-sifat perilaku menyimpang.
- Macam-macam perilaku menyimpang.
- Perilaku menyimpang sebagai hasil dari sosialisasi yang tidak sempurna.
- Metode pembelajaran
- Pendekatan : Scientific Aproach
- Model Pembelajaran : Diskusi dan Penugasan
- MetodePembelajaran : Study Literatur, ceramah, penugasan, diskusi, presentasi.
- Media Pembelajaran
- Media :
- Video pembelajaran tentang perilaku menyimpang dan gambar pembelajaran tentang perilaku menyimpang.
- Alat dan bahan :
- LCD Proyektor
- Laptop
2 comments
artikelnya sangat membantu dan dapat dijadikan referensi dalam pembuatan RPP kelas X
Author
terimakasih, semoga bermanfaat 🙂