Tips Mengatasi Anak Sulit Tidur Nyenyak di Malam Hari

Mei 14, 2021 in SOSIOLOGI | Comments (0)

Tips Mengatasi Anak Sulit Tidur Nyenyak – Tidur merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan oleh semua orang, karena dengan tidur tubuh kita bisa beristirahat setelah melakukan berbagai aktivitas berat sepanjang hari. Tak hanya orang dewasa saja yang kerap merasa sulit tidur di malamhari, anak kecil pun banyak yang mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Umumnya anak yang mengalami sulit tidur ini akan terbangun di tengah malam dan ia akan kesulitan untuk kembali tidur. Alhasil jika si anak tidak tidur nyenyak di malam hari maka akan berdampak besat terhadap aktivitas yang akan dilakukan esok hari. Karena bisa dipastikan si anak akan terlihat lesu, mudah lelah serta tidak bisa berkonsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan.

Sebagai orang tua yang baik tentu tidak ingin melihat anaknya lesu dan lemah di pagi akibat ia tidak nyenyak tidur di malam hari. Untuk mengatasi gangguan tidur semacam ini, ada beberapa tips mengatasi anak sulit tidur nyenyak di malam hari yang bisa orang tua coba.

Tips Mengatasi Anak Sulit Tidur Di Malam Hari

Mengatasi gangguan tidur pada anak memang susah-susah gampang di butuhkan kesabaran ekstra bagi para orang tua. Beberapa tips di bawah ini mungkin akan sedikit membantu para orang tua yang mengalami masalah anak sulit tidur nyenyak di malam hari.

1.Disilpin Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama

Di kutip dari situs Sang Hamba, mengajari anak untuk disiplin pergi tidur dan bangun di waktu yang sama adalah langkah awal yang sangat penting jika kamu ingin melihat anak bisa tidur nyenyak di malam hari. Tetapi sebelumnya kamu harus menyesuaikan lamanya waktu tidur di malam hari bagi si anak.

Rata-rata anak usia sekolah dasar membutuhkan tidur selama 9-10 jam dalam sehari. Jadi ketika anak di haruskan untuk bangun pagi pukul 5 maka orang tua harus memastikan jika si anak sudah berada di kasur dan siap untuk tidur setidaknya pukul 8 malam. Dengan rutinitas waktu tidur dan bangun ini sang anak akan menjadi terbiasa dan tidak perlu di suruh-suruh lagi.

2.Batasi Waktu Tidur Siang Anak

Anak kecil masih membutuhkan waktu untuk tidur siang untuk membantu memenuhi waktu tidurnya dalam sehati. Akan tetapi kamu juga harus mengatur lamanya waktu anak untuk siang. Karena jika sang anak terlalu lama tidur siang maka di malam harinya ia pasti akan kesulitan untuk tidur.

Batasi walam waktu tidur siang anak maksimal 30 menit saja dan usahakan untuk tidur sebelum jam 3 sore. Meskipun singkat, namun tidur siang sangat membantu untuk memperbaiki mood sang anak serta dapat membuatnya jadi lebih fokus.

3.Ciptakan Suasana yang Nyaman Sebelum Tidur

Menciptakan suasana yang nyaman sebelum menjelang tidur juga menjadi salah satu cara mengatasi anak sulit tidur di malam hari. Ada baiknya luangkan waktu sekitar 30 menit sebelum tidur untuk menghentikan berbagai aktifitas fisik yang dapat membuat anak terus terjaga, misalnya saja menghentikan anak untuk bermain gadget.

Gunakan waktu kosong tersebut untuk berinteraksi bersama anak di atas kasur. Misalnya mengajak adan untuk menceritakan kegiatannya selam seharian di sekolah. Cara semakam ini selain bisa membuat anak jadi rileks juga sekaligus akan memperirat hubungan antara orang tua dan anak yang tentunya akan berdampak pada kualitas tidur sang anak.

4.Buat Kamar Tidur Hanya untuk Tidur

Beritahu anak jika tempat tidur hanya digunakan untuk tidur dan tidak untuk hal yang lain. Jangan biarkan melakukan aktivitas yang membuat anak menjadi bersemangat di atas tempat tidur. Misalnya saja mengajaknya bermain atau bercanda sampai tertawa lepas, hal ini justru akan membuat anak jadi tidak mengantuk dan bisa-bisa ia akan kesulitan untuk tidue.

Nah, itulah tadi sedikit tips menangani anak sulit nyaman di malam hari. Ketika anak sudah bisa tidur nyenyak di malam hari maka akan sangat membantu tumbuh kembangnya. Karena ia akan bisa beraktivitas dengan nyaman di siang hari karena memiliki tenaga dan mood yang baik dampak tadi tidur yangnyenyak di malam hari.

 


Comments are closed.