5 Cara Mengubah Barang Bekas Jadi Penuh Manfaat

Mei 18, 2021 in SOSIOLOGI | Comments (0)

5 Cara Mengubah Barang Bekas Jadi Penuh Manfaat

Barang bekas yang sudah tidak terpakai akan membuat rumah terlihat berantakan. Dan kebanyakan orang memilih untuk langsung membuangnya saja. Padahal, barang tersebut dapat menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Selain itu, jika kita memanfaatkan barang bekas maka pengeluaran kita akan lebih hemat.

Lalu, bagaimana cara mengubah barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat?

  1. Menjadikan ujung botol bekas sebagai penutup.

Jika kamu mempunyai botol air minum yang tidak terpakai, jangan buru-buru langsung dibuang. Botol tersebut bisa dibuat menjadi penutup makanan agar lebih mudah dituangkan sehingga tidak berceceran.

Caranya adalah dengan memotong bagian ujung botol. Lalu tempelkan ujung botol tersebut kepada plastik yang berisi makanan kucing, misalnya. Kemudian rekatkan dengan cara dibakar menggunakan korek api pada bagian plastik makanannya.

  1. Menjadikan jerigen yang tidak terpakai sebagai wadah plastik sampah.

Jerigen bekas yang tidak terpakai, bisa dimanfaatkan sebagai tempat plastik sampah. Kita jadi tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk wadah tong sampah 3 warna.

Cara membuatnya sangat mudah dengan memotong bagian bawah jerigen. Lalu jerigen dibalik dan sudah bisa dimasukkan plastik sampah. Ujung plastik sampah dimasukkan ke dalam lubang jerigen dan sedikit ditarik agar pengambilan menjadi lebih mudah.

  1. Menjadikan botol plastik tidak terpakai untuk menjadi pencetak makanan.

Kamu bisa memanfaatkan botol plastik sebagai cetakan adonan kue dan membuatnya dengan berbagai bentuk. Caranya dengan memotong bagian tengah botol plastik, sekitar 2-3cm. Lalu bentuk potongan tersebut sesuai yang kamu inginkan.

  1. Menjadikan jerigen bekas sebagai sekop.

Selain dibuart menjadi wadah plastik sampah, jerigen bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai sekop. Kamu bisa memotong pegangan jerigen dengan pola sekop. Jika seperti itu kan kita bisa menghemat pengeluaran.

  1. Menjadikan botol deterjen sebagai wadah sabun.

Jika detergenmu sudah habis, botolnya tidak perlu dibuang. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai wadah sabun dengan cara memotong bagian bawah botol dan memberikan lubang yang dapat digunakan untuk menggantung wadah.


Comments are closed.