5 Aplikasi Kompres File PDF Jadi Ukuran Kecil

Mei 29, 2021 in SOSIOLOGI | Comments (0)

kompres file pdf

Perubahan jaman sudah cepat. Banyak perangkat electronic bersistem computer, seperti PC, laptop atau smartphone mengembangkan fitur hebat untuk mendukung keperluan hidup manusia. Satu diantaranya adalah ruang penyimpanan data (data storage) pada perangkat elektronik.

Tidak semua perlengkapan elektronik bersistem computer punya data penyimpanan yang besar. Banyak juga yang kemampuan data penyimpanan nya terbatas. Ini kerap jadi permasalahan untuk beberapa orang yang ingin memasukkan banyak file penting. Misalnya, seperti file PDF yang ukurannya kadangkala lumayan besar.

Salah satunya langkah yang bisa dikerjakan untuk menyelesaikan hal itu dengan melakukan kompres file pdf. Harus dimengerti jika kompresi sebagai tehnik memperkecil ukuran data file yang besar jadi lebih kecil tanpa mengganti isi pada file itu. Maksudnya yaitu untuk menghemat pemakaian data penyimpanan dan menjaga agar kapasitasnya selalu lumayan untuk menyimpan data yang lain.

Terdapat beberapa cara kompres PDF yang dapat Anda lakukan. Baik itu dilaksanakan langsung dari PC, laptop atau smartphone, lewat cara online melalui website atau off-line memakai beragam aplikasi. Semua dapat dilakukan dengan gampang.

Di lansir dari hosting indonesia, pada artikel berikut ini akan membahas tentang kompres file pdf.

  1. SmallPDF

Langkah kompres PDF yang pertama yaitu lewat website SmallPDF. Dari namanya saja bisa menerangkan fungsinya, yaitu memperkecil ukuran file PDF. Situs in dapat Anda akses kapan pun secara mudah. Tidak perlu daftar atau melakukan persyaratan apa saja, cukup membuka websitenya lalu kompres file PDF sesuai kebutuhan.

Ini langkah-langkahnya :

  1. Membuka situs SmallPDF
  2. Klik “pilih file”, lalu drop file PDF yang ingin Anda kompres dari PC atau langsung dari handphone mu
  3. File selanjutnya otomatis dikompres. Nanti proses sampai hingga 100%
  4. Sesudah proses kompres tuntas, pilih “Unduh File Sekarang”. Hasilnya file akan berkurang ukurannya tanpa mengubah isi di dalamnya.
  5. Microsoft Word

Siapa bilang aplikasi Microsoft Word cuma untuk membuat file document saja? Untuk yang tak mengerti, memakai aplikasi Microsoft Word sebagai cara kompres PDF yang dapat Anda pakai dengan off-line. Tetapi, ini hanya berlaku untuk pengguna type Microsoft Word 2013 ke atas.

Microsoft Word mempunyai fitur untuk memperkecil ukuran file PDF mu. Ini langkah-langkahnya :

  1. Membuka aplikasi Microsoft Word. Pilih menu “File”, selanjutnya “Open” dan pilih file PDF yang ingin Anda kompres. File PDF secara automatis akan ter-convert ke bentuk word. Klik “ok” untuk meneruskan.
  2. Pilih menu “Save As” dan ganti file ke bentuk PDF kembali dengan pilih menu “Save As Type : PDF”.
  3. Untuk memperkecil ukuran filenya, tentukan “Optimize for : Minimum Size” lalu klik “Save”.

3. PDFCompressor

Situs ini sebagai langkah kompres PDF online yang amat banyak digunakan selainnya SmallPDF. Keunggulan dari situs ini ialah hasilnya yang tidak mengubah kualitas dari isi file yang udah dikompres.

Ini langkah-langkahnya :

  1. Membuka situs PDFCompressor
  2. Tentukan “Unggah File” lalu akan ada banyak file Anda. Tentukan file PDF yang ingin Anda kompres.Nantikan beberapa saat sampai proses kompres tuntas
  3. Click “unduh” file yang telah dikompres, karena itu Anda akan dapatkan file PDF dengan ukuran yang lebih kecil.

4. SodaPDF

Seterusnya ada SodaPDF. Situs ini sebagai langkah kompres PDF sama dengan keinginan yang tidak ada di situs yang lain. Untuk yang tidak sedang online, SodaPDF ada dalam bentuk off-line berwujud aplikasi yang dapat Anda gunakan kapan pun.

Ini langkah-langkahnya :

  1. Unggah file yang ingin dikompres dengan klik “Choose File”
  2. Tentukan opsi kualitas, yakni low quality, good quality dan high quality. Sesudah selesai, klik “Compress PDF Files” selanjutnya tunggu sesaat.
  3. Click “Unduh File”.

5. Adobe Acrobat XI Pro

Aplikasi Adobe Acrobat XI Pro sebagai aplikasi online ringan di PC yang dapat Anda pakai untuk mengecilkan ukuran file PDF Anda. Ini langkah-langkahnya :

  1. Membuka aplikasi Adobe Acrobat XI ProPilih menu “File”, lalu pilih file yang ingin dikompres.
  2. Selanjutnya klik “Save As Other”, lalu klik “Reduced Size PDF”.
  3. Bila ada pemberitahuan, klik “Ok”. File PDF Anda pertanda telah dikompres, setelah itu save file.

Penutup

Demikian artikel tentang 5 Aplikasi Kompres File PDF Jadi Ukuran Kecil. Tentu saja benar-benar recomended untuk Anda gunakan agar masih tetap bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat elektronik tak perlu hapus file-file PDF lama. Gunakan tehnologi yang sudah berkembang saat ini untuk meringankan beragam pekerjaan.


Comments are closed.