Penyebab Kerusakan pada Kompresor AC

Juni 5, 2021 in SOSIOLOGI | Comments (0)

Penyebab Kerusakan pada Kompresor AC – Mungkin tidak banyak pengguna yang mengetahui tentang komponen kompresor pada AC. komponen ini penting untuk atur saluran freon AC yang nanti bermanfaat untuk hasilkan suhu dingin. Kerusakan pada komponen ini akan berdampak besar untuk fungsi, hingga AC tak lagi bisa mengeluarkan udara dingin. berikut beberapa penyebab dari kerusakan kompresor AC. Apabila anda mencari Jasa service ac, anda bisa menghubungi Service Ac Daikin di Malang.

Penyebab Terjadinya Masalah pada Kompresor AC

Berikut ini Service Ac Malang telah merangkum penyebab terjadi nya masalah kompresorr ac, yaitu :

Arus dan Tegangan Listrik Tidak Sesuai

AC bekerja dengan optimal jika tegangan dan suplai arus listrik sesuai keperluan AC. Kebutuhan suplai listrik untuk setiap type AC berbeda. Suplai listrik yang tidak berimbang di antara kebutuhan AC dengan suplai yang ada, dapat mengakibatkan masalah dalam fungsi AC. Sisi yang paling terdampak ialah kumparan pada motor kompresor AC.

Kompresor Kekurangan Oli

Bukan hanya kendaraan yang membutuhkan oli, rupanya kompresor AC membutuhkan oli. Ada oli pada kompresor berguna menjadi pelumas sisi piston. Oli yang kurang atau bahkan juga habis, akan menimbulkan kebocoran pada pipa, kondensor, atau evaporator.

Kebocoran pada dapat berakibat buruk pada kompresor. Ini karena kompresor jadi mudah panas yang dapat menyebabkan kumparan motor terbakar sampai rusak. Oleh karenanya, selalu lakukan pengisian oli untuk kompresor dan gunakan oli yang standarnya sesuai dengan pabrik.

Tekanan yang Berlebih

Pada intinya telah ada standard tekanan yang dapat ditangani oleh kompresor AC untuk setiap AC dari type yang berbeda. Tetapi, kesalahan dengan jumlah tekanan AC yang tidak seimbang dengan kemampuan kompresor akan menambahkan beban kompresor. Beban dan kinerja kompresor yang terlalu berlebih dalam memompa freon akan menyebabkan kerusakan pada putaran kompresor atau kumparan terbakar.

Adanya Sumbatan

Sumbatan pada aliran freon akan memperberat kinerja kompresor. Sumbatan akan membuat sistem pompa pada kompresor jadi semakin berat dan tidak efektif. Beban berat ini muncul karena sumbatan kotoran membuat saluran yang dipompa kompresor jadi tidak seimbang. Jadi kompresor dipaksakan untuk menambah beban tekanan agar saluran bisa sesuai.

Sumbatan pada kompresor bisa diatasi dengan lakukan flushing. Yang diartikan dengan flushing ialah pengaliran satu cairan nitrogen ke AC atau aliran yang mampet. Perlakuan ini akan efisien untuk keluarkan kotoran dari saluran. Jika ini tidak efisien, ada peluang dibutuhkan pergantian di bagian yang alami sumbatan.

Kompresor Sudah Terlalu Lama

Umumnya benda atau komponen electronic umumnya akan berkurang kekuatannya bila sudah lama digunakan. Kompresor AC akan mengalami penurunan peranan saat telah berusia di antara 5-10 tahun. Kompresor AC yang telah lama digunakan akan mengalami aus pada bagian piston. Ini dapat diketahui dari sisi evaporator yang tidak dingin, arus yang kecil, dan tekanan freon yang berkurang.

Selain dari masalah aus, umur kompresor yang telah lama bisa juga memunculkan karat pada kompresor. Ada karat pada kompresor terang akan mengurangi fungsi kerjanya. Karat pada kompresor AC akan menimbulkan kebocoran yang berakibat pada rusaknya AC.

Penutup

Demikian artikel yang membahas mengenai 5 Penyebab Kerusakan pada Kompresor AC. Semoga artikel ini bisa membantu kalian para pembaca sekalian. Terimakasih

Referensi dari pakar Pasang Ac Malang.


Comments are closed.