Jangan Terjadi Lompatan Kognitif

Sudah menjadi komitmen, untuk membantu dan membuka konsultasi atau tanya jawab seputar olimpiade matematika untuk jenjang SD atau SMP. Walaupun demikian tetap saja kaget ketika secara tiia-tiba rekan guru, sebut bu Amel dari SD Al Azhar 16 Cilacap berkirim pesan melalui Whatsup (07-03-2016). Begini isi pesannya.

Pak Hery, mau tanya. “Dari 20 siswa , 14 orang berkacamata, 15 orang berambut lurus, 17 orang berat badan di atas 30 kg, dan 18 orang tinggi lebih dari 120 cm. Paling sedikit terdapat berapa siswa yang mempunyai kriteria 4 sifat tersebut?”

Mendapat pertanyaan secara tiba-tiba yang nota bene bukan merupakan soal geometri, maka saya langsung balik bertanya, “soal ini muncul untuk jenjang SD atau SMP?”.

Pertanyaan ini saya lontarkan, karena saya mencoba akan menjawab dengan logika sesuai dengan jenjangnya. Yah, soal ini bisa diberikan kepada jenjang SD, jenjang SMP, Jenjang SMA, ataupun jenjang Perguruan Tinggi. Saya tidak menginginkan ketika memberikan respon menjadi tidak tepat. Saya tidak menginginkan adanya suatu lompatan kognitif, yang mengakibatkan tidak terpahaminya dengan baik penyelesaian ataupun konsep tersebut.

Kemudian munculah balasan dari bu Amel, bahwa soal tersebut untuk anak SD.

Oke, berikut salahsatu alternatif bagaimana menjawab pertanyaan tersebut dengan cara manual siswa SD, yaitu dengan membuat Tabulasi. (jawabana muncul secara spontanitas dalam pikiran saya), pastinya ada cara yang lebih baik dari alternatif jawaban ini.

Tabel 1

Keterangan:

KM = berkaca mata sebanyak 14 orang

L = berambut lurus sebanyak 15 orang

BB = memiliki berat badan lebih dari 30 kg sebanyak 17 orang

T = memiliki tinggi badan lebih dari 120 cm sebanyak 18 orang

Mulai bekerja dengan memasukaan satu persatu apa yang diketahui. Misal anak yang berkacamata sebanyak 14, maka yang tidak berkacamata ada 6 orang. Didapatlah hasil sebagai berikut.

Tabel 2

Kemudian diteruskan dengan anak yang berambut lurus 15 orang, maka yang tidak berambut lurus ada 5 orang. Karena pertanyaannya adalah paling sedikit berapa banyak siswa, maka mulailah memberi tanda “ü” di bawah tanda “x” pada baris sebelumnya. Lihat tabel di bawah ini.

Tabel 3

Langkah tersebut di teruskan utuk baris berikutnya. Utamakan untuk memberi tanda “ü” pada kolom yang mempunyai tanda “x”. Inilah hasil tabel lengkapnya.

Tabel 4

Tampak bahwa terdapat empat anak yang memiliki 4 kriteria yang disebutkan (yang berwarna kuning).

Jadi jawabnya adalah paling banyak ada 4 anak yang memiliki kriteria berkacamata, berambut lurus, memilki berat badan lebih dari 30 kg, dan memilki tinggi badan lebih dari 120 cm.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: