Hallo Blogy’s kali ini saya akan melanjutkan postingan kemarin mengenai silabus, postingan kali ini adalah silabus mata pelajaran Sosiologi kelas XI kurikulum terbaru, yakni kurikulum 2013
KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, DAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kelas XI
Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi Dasar
3.1. Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis
4.1. Menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis
Materi Pembelajaran
- Pembentukan kelompok sosial
- Dasar-dasar pembentukan kelompok
- Berbagai bentuk dan jenis kelompok-kelompok kepentingan di masyarakat
- Karakteristik khusus atau partikularisme dan eksklusivisme kelompok
Kompetensi Dasar
3.2. Memahami permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan Sosiologis
4.2. Melakukan respon mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan timbulnya permasalahan sosial
Materi Pembelajaran
- Permasalahan sosial dalam masyarakat
- Permasalahan sosial di masyarakat
- Partikularisme kelompok dan dilema pembentukan kepentingan publik
- Berbagai jenis permasalahan sosial di ranah publik
- Dampak permasalahan sosial terhadap kehidupan publik
- Pemecahan masalah sosial untuk mencapai kehidupan publik yang lebih baik
Kompetensi Dasar
3.3. Memahami arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis
4.3. Menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan untuk mengatasi perbedaan sosial dan mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis
Materi Pembelajaran
- Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial
- Partikularisme kelompok dan perbedaan sosial di masyarakat
- Kesetaraan untuk mencapai kepentingan umum atau publik
- Perbedaan dan kesetaraan antar kelompok dalam kehidupan publik
- Relasi antar kelompok dan terciptanya keharmonisan sosial dalam kehidupan masyarakat atau publik
Kompetensi Dasar
3.4. Memahami konflik sosial dan bagaimana melakukan respon untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat
4.4. Memetakan konflik untuk mampu melakukan resolusi konflik dan menumbuh kembangkan perdamaian di masyarakat
Materi Pembelajaran
- Konflik, kekerasan, dan perdamaian
- Konflik, kekerasan, dan perdamaian
- Pemetaan konflik (konteks, issu, pihak-pihak, dan dinamika)
- Akar masalah dan sebab-sebab terjadi konflik
- Resolusi konflik (pencegahan, kelola, rekonsiliasi, dan transformasi)
- Peran mediasi dan pihak ketiga dalam penyelesaian konflik dan menumbuhkan perdamaian
Kompetensi Dasar
3.5. Memiliki pengetahuan mengenai bagaimana melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat
4.5. Melakukan penelitian sederhana berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar
Materi Pembelajara
- Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan
- Konflik bersifat kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial
- Perdamaian dan integrasi atau kohesi sosial
- Pemulihan (recovery), rehabilitasi, reintegrasi dan transformasi social Reintegrasi dan koeksistensi sosial dalam kehidupan damai di masyarakat