Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan sebuah ajang kompetisi karya kreatif mahasiswa Diploma dan S1 tingkat nasional yang diadakan oleh RistekDikti. Ajang ini akan bertanding bermacam mahasiswa, dari berbagai jurusan, dan kampus di penjuru Indonesia. Bisa dibilang PIMNAS adalah ajang bergengsinya para mahasiswa. Diajang ini mahasiswa akan bersaing dengan mahasiswa se-Indonesia dan keeksisan Universitas teruji di ajang ini. Bagi yang ingin ikut PIMNAS, berikut sedikit tips dari kami. Tapi sebelumnya, pastikan anda lolos PKM dulu yak…Hehe…

1. Dari pada galau mikirin dana PKM yang belum cair, mending kamu merancang agenda agar semuanya bisa Clear.

danbo-boneka-danbo-danbo-galau-14

sumber gambar: https://irmanisedikit.files.wordpress.com/

Pendanaan PKM menjadi keluhan tersendiri bagi mahasiswa yang lolos PKM. Bingung melaksanakan program karena butuh uang yang lumayan. Kamu jangan terpaku akan hal ini. Coba pinjam uang sana sini, santai…uang PKM pasti cair. Jadi kamu bisa merancang agenda sesuai jadwal dan target yang telah ditentukan. Kalau sudah cair, hampir pasti ada dana lebih, nah…jangan habiskan uang kamu untuk beli sesuatu yang ngga perlu. Ditabung barangkali tahun depan lolos PKM lagi. Jadi kamu ngga akan bingung lagi seperti tahun ini.

2. Nggak usah bingung mikirin kalau ikut PIMNAS bagaimana, yang terpenting progres PKM punya arah kemana.

Pupil-progress-009

sumber gambar: https://www.theguardian.com/

Banyak yang bingung, bagimana kalau aku ikut PIMNAS?, Izin kuliah bagaimana?, terus dapat sangu berapa?. Stop. Tanyakan dulu ke diri kamu sudah lolos PIMNAS belum?. Belum lolos tapi sudah galau. Ini pasti generasi #baper dan #mager. Perkembangan PKM jauh lebih penting. Jalan sesuai agenda atau malah ngga tau mau dibawa kemana.

3. Jangan remehkan form penilaian di panduan, agar dapat bobot nilai maksimal.

bulls-eye-1044725_960_720

sumber gambar: https://pixabay.com/

Pastikan melihat betul komponen persentase penilian.  Beda PKM, beda penekanan penilian. Semua ada di buku banduan. Jangan sungkan-sungkan membuka kembali dan tulis mana yang menjadi bobot tertinggi, sehingga kamu bisa fokus mana yang akan menjadi prioritas.

4. Jangan Emosional waktu Monev Internal.

smiley-1041796_960_720

sumber gambar: https://pixabay.com/

Monitoring yang dilakukan oleh pihak Universitas, memang kadang sedikit menyita waktu. Nggak ada salahnya buat izin perkuliahan. Toh mungkin ini nggak akan terjadi di tahun depan. Kehadiran Full team menjadi keasyikan tersendiri saat kita monitoring. Saran dari tim monitor menjadi bahan evaluasi agar PKM lebih mantap.

5. Orang lain meremehkan karyamu, justru itu yang harus dijadikan semangat bareng tim kamu.

tumblr_m7sv6l8ijY1r2ambmo1_500

sumber gambar: www.tumblr.com

Produk kamu cuma seperti itu? Itu sudah banyak dipasaran. Bisa dibuat dan mudah didapat. Ngga ada gunanya mengabdi dan meneliti ini itu. Toh ujungnya sama, ngga keberlanjutan. Itu sederet hal yang bisa jadi akan kamu temui. Biarkan orang berkata apa, ketika diri kamu yakin dan optimis akan PKM kamu pasti akan ada jalan. Jangan segan bertanya kepada kakak angakatan yang sudah berpengalaman. Akan ada masukan yang positif buat perkembangan PKM kamu.

6. Agar lebih semangat, coba sering nongkrong bareng walau sesaat.

Two-Stories

sumber gambar: https://www.anekawisata.com/

Diskusi dan sering ngobrol bareng, menjadi hal wajib bareng tim kamu agar tetap punya semangat bersama. Mulai ada yang oleng, kurang semangat pasti akan ditemui. Jangan sampai ini menular ke semua anggota PKM. Ajak semoa anggota untuk saling share apa yang baru dan ngga harus mbahas PKM.

7. Bukan cinta saja yang dipertahankan, kesolidan tim kamu juga harus bertahan.

Waktu

sumber gambar: https://3.bp.blogspot.com/

Belum punya arah yang sama itu menjadi PR yang wajib diselesaikan bersama. Ketua dan anggota jangan saling membedakan kewajiban. Susah dan senang dipikul secara bersama-sama. Kendala dalam penyelesaian PKM pastilah ada, kesolidan tim harus benar-benar dijaga.

8. Waktu monev Dikti, coba beli baju seragam yang sudah jadi.

rescuers-863745_960_720

sumber gambar: https://pixabay.com/

Sisikan uang PKM untuk membuat atau membeli seragam. Minimal dipakai satu kali waktu monitoring dan evaluasi bersama dikti. Akan ada rasa tersendiri saat presentasi. Juri juga akan melihat tim kamu kelihatan kompak. Kalau selesai presentasi, seragam akan menjadi kenang-kenangan tersendiri. Mungkin akan membuat kamu semangat untuk membuat PKM lagi tahun depan.

9. Sering latihan presentasi, agar tidak mudah grogi sama calon mertua dewan juri.

men-presentation-white-background-hd-wallpaper-1080p-960x540

sumber gambar: https://finodiary.trade/

Presentasi memang cuma 1 kali waktu bersama dikti. Persiapkan betul agar maksimal saat presentasi. Tidak kekurangan dan kelebihan waktu. Strategi harus diterapkan. Nggak harus semua ikut presentasi, yang penting pembagian dan keaktifan anggota bisa dijaga. Latihan bersama dan nggak cukup satu kali agar saat presentasi nggak banyak grogi.

10. Minta doa kepada kedua orang tua dan teman, itu bisa menjadi keberuntungan.

r45_24752201

sumber gambar: www.boston.com

Terakhir, banyak-banyak berdoa. Selain kamu yang terus menenengadahkan tangan dihadapan Tuhan, minta juga kepada orang tua plus calon mertua dan teman. Orang tua pasti gembira kamu bisa lolos PKM apalagi minta didokan agar bisa lolos PIMNAS. Setiap ketemu teman dan menanyakan kondisi PKM kamu, minta saja doanya. “Doakan lolos PIMNAS bro…”.

OK,. Sekian tips lolos PIMNAS, ditunggu tambahan dan masukannya.
Coming Soon…Tips Juara Karya Tulis Ilmiah Nasional

Salam,
M Wahyudi