oktafia

Pelestarian Budaya Nusantara sebagai wujud konservasi budaya#2

by on Nov.19, 2015, under Uncategorized

Indonesia adalah negara yang mempunyai keanekaragaman suku bangsa yang terkaya di dunia.Kekayaan suku bangsa merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya karena itu merupakan hasil dari pemikiran yang luhur dari masyarakat Indonesia.Suku bangsa tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang sanagt luas mulai dari pulau Sumatera,Jawa,Kalimantan,Sulawesi,Papua,Nusa Tenggara,Lombok Bali dan masih banyak lainnya. Masing-masing daerah mempunyai kebudayaan lokal yang berbeda-beda.Setiap daerahnya mempunyai kesenian daerah yang beranekaragam dan sangat penting untuk dilestarikan,dijaga bahkan di pamerkan sampai ke Luar negeri.

Pada era globalisasi sekarang ini banyak sekali muncul teknologi baru yang sangat canggih.Teknologi modern masa kini memang sangat bermanfaat bagi hidup manusia namun disamping itu teknologi mpdern juga dapat menggeser keberadaan dari kebudaan daerah itu sendiri.Sebagai contoh tergantikannya permainan tradisional oleh gedget yang semakin berfariasi model dan fungsinya. Sikap konsumtif masyarakat Indonesia menjadi sasaran utama bagi produsen-produsen luar negeri yang memproduksi barang -barang elektronik dan juga peralatan modrn lainnya.
Sekarang ini negara-ngara Asia Tenggara akan memasuki babak baru yaitu dengan adanya kerjasama dalam bidang economi atau MEA(masyarakat ekonomi Asean).Walaupun fokus dari kerjasama ini pada bidang ekonomi namun secara tidak langsung pasti akan berpengruh pada bidang-bidang kehidupan lainnya salh satunya kultur atau kebudayaan.Contohnya dengan banyaknya pekerja yang masuk ke Indonesia bersamaan dengan itu kebudayaan luar juga akan masuk oleh karena itu eksistensi dari kebudayaan lokal haruslah tetap terjaga. Melalui MEA ini juga rakyat Indonesia mempunyai kesempatan besar untuk membawa budaya lokal Indonesia berkirpah di kancah Internasional.

Menurunnya kesadaran dan minat pemuda sebagai generasi penerus bangsa terhadap kesenian daerah dan nilai luhur budaya bangsa perlu mendapat perhatian penting. Sekarang ini banyak pemuda yang lebih suka menonton konser musik rege dari pada menonton wayang atau kesenian daerah lainnya.Para pemuda lebih memilih memainkan Hp-nya dibanding dengan bersosialisasi langsung dengan orng atau masyarakat disekitarnya.Adanya pembebasan yang diberikan oleh orangtua dalam proses pelestarian budaya juga menjadi salah satu faktor mengapa para pemuda kurang suka dengan budaya lokal Indonesia. Orang tua lebih suka memanjakan putra-putri mereka dengan peralatan-peralatan modern.Salah satu faktor lain yaitu kurang adanya kegiatan-kediatan luar sekolah yang mendukung pelestarian kesenian daerah.

Dalam hal ini perlunya dukungan pemerintah dalam memberi tekanan dalam proses pelestarian kebudayaan. Pemerintah hendaknya membuat suatu peraturan yang tegas mengenai bagaimana agar rakyatnya tetap melestarikan budaya lokal nusan tara khususnya para generasi muda yang sebagai sasaran utamanya. Selain pemerintah kesadaran diri dari para generasi muda ,hal itu lebih utama karena sesuatu yang berasal dari diri sendiri jauh lebih efektif dalam mencapai tujuan.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”


Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...

    Archives

    All entries, chronologically...