oktafia

Perlunya pelatihan moral bagi generasi muda .

by on Nov.19, 2015, under Uncategorized

Pemuda Indonesia zaman sekarang bisa dikatakan berada dalam kondisi yang krisis akan atitud dan sikap tanggung jawab serta kepedulian sosial.Masalah-masalah ini bukanlah masalah yang sepele apabila terus berlanjut maka kehancuranlah yang akan terjadi pada bangsa Indonesia.

Melalui revolusi mental diharapkan para pemuda bangsa akan menyadari tugasnya terhdap kemajuan bangsa dan negara. Selain itu pendidikan moral juga sangat berperan penting dalam membina para pemuda agar bisa melangkah maju kedepan menyongsong hari esok yang cerah.Pembinaan terhadap kareter pemuda haruslah bersal dari berbagi bidang kehidupan karena nantinya pemudalah yang akan menduduki kursi jabatan pemerintahan yang akan mengatur berbagai bidang kehidupan rakyat.

Jika kita kembali menengok ke belakang, peran pemuda pada masa pejuangan kemerdekaan sangatlah penting dan memang sangat membawa perubahan terhadap nasib bangsa kita, apabila kita bisa badingkan dengan pemuda sekarang sangatlah jauh bertolak belakang. Pemuda dahulu sibuk berkumpul untuk membahas pergerakan melawan penjajah namun sekarang banyak pemuda berkumpul untuk berpesta narkoba.Yah narkoba sekarang menjadi barang kecil namun sangatlah berbahaya.Indonesia sekarang ini berada pada kondisi darurat narkoba setiap harinya banyak pemuda tewas sia-sia dikarenakan narkoba. Pemerintah sebenarnya sudah menegakan peraturan mengenai pemakaian dan pengedaran narkota tapi entah kenapa masih banyak saja narkoba yang beredar dan memakan korban jiwa. Para bandar kelas kakap masih belum tertangkap,sehingga peredaran narkoba masih tumbuh subur meskipun Indonesia sudah memberlakukan hukuman mati bagi para bandar narkoba.

Ir Soekarno pernah berkata “Beri aku seribu orang tua maka akan ku cabut semeru hingga akarnya, beri aku sepuluh pemuda maka akan ku guncang dunia” dari kata-kata tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pemuda yang jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding dengan jumlah orang tua akan tetapi hal yang bisa dilakukan jauh lebih besar. Sungguh sangat besar kekuatan yang dimiliki oleh para pemuda, masa muda adalah dimana seseorang mulai terbuka pikirannya mengenai berbagai hal dan berbagai masalah yang dihadapinya, Sehingga pemuda dapat menyelesaikan masalah yang ada dengan sebaik baiknya.

Sumpah pemuda yang dilakukan pemuda pada 87 tahun silam mengikrarkan tiga hal yaitu yang pertama komitmen untuk bertumpah darah saaatu yaitu tanah air Indonesia hal ini berarti apapun yang terjadi mereka akan tetap satu pada tanah air Indonesia membela dan memperjuangkan kemerdekaan pada ssat itu,bandingkan dengan kebanyakan pemuda sekarang mereka acuh tak acuh akan masalah bangsa mereka mereka justru sibuk dengan urusan pribadi mereka masing-masing yang merupakan hal sepele seperti sibuk dengan dunia maya yang mereka update setiap saat dan mereka sibuk meng update kegalauan mereka di media sosial.Apakah mereka peduli akan nasib rakyat yang tidak mendapatkan keadilan di luar sana? Apakah mereka mengetaui msalah yang seddang melanda negri ini?Semoga saja mereka mengetahuinya dan segera mengambil tindakan untuk hal tersebut.
Kedua mengenai bangsa yang satu yaitu bangsa Indonesia hal itu menandakan mulai saat itu para pemuda suadah berkomitmen utuk berkumpul dan menyatu,namun mengenai pemuda sekarang kebanyakan dari mereka justru menimbulkan perpecahan yang sangat miris adalah penyebab mereka beselisih dan ahirnya tawuran adalah hal sepele misalnya hanya tersinggung karena perkataan. Salah satu faktor penyebab tawuran ini ialah adanya rasa bangga akan kelompoknya mereka mengunggul-unggulkan kelompoknya masing-masing sehingga apabila ada sedikit persilisan saja mudah untuk terjadi bentrok atau twuran tadi dengan kelompok lain.

Mengenai komitmen yang ketiga yaitu menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Sebagai bahasa yang utama yang digunakan oleh bangsa Indonesia, bahasa Indonesia berada di atas berbagai bahasa yang ada.Menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar memang bagi sebagian orang hal yang sulit ,namun bagi para pemuda hal tersebut haruslah hal yang mudah. Mempelajari bahasa asing bukan berarti kita tidak bangga akan bahasa kita sendiri namun dengan bahasa asing tersebut kita dapat memperluas pengetahuan kita dan untuk mengimbangi kemajuan zaman demi kemajuan bangsa Indonesia itu sendiri. Mengenai bahasa alay yang banyak digunakan oleh pemuda sekarang ,seharusnya hal tersebut dapat dihindari karena merusak tatanan bahasa yang baik.
Sebagai pemuda marilah kita bersama-sama membangun bangsa ini agar menjdi bangsa yang besar dan menjadi bangsa yang disegani oleh bangsa lain.Marilah kita bangkit dan ada sebuah kata penyemangat untuk para pemuda bangsa “JANGAN TANYAKAN APA YANG BANGSA INI BISA BERIKAN KEPADA ANDA TAPI COBA TANYAKAN APA YANGA ANDA DAPAT BERIKAN KEPADA BANGSA INI”
“STSRT WITH YOURSELF”
“START FROM SMALL THING”
“START NOW”.
Jika bukan kita siapa lagi yang akan memimpin bangsa ini? Apapun yang terjadi inilah bangsa kita , tanah tumpah darah kita tugas kita untuk merubahnya menjdi lebih baik dan demi kesejahteraan rakyat.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 


Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...

    Archives

    All entries, chronologically...