Berkembang pesatnya penggunaan media sosial saat ini membuat sistem penawaran secara tradisional melesu. Saat ini orang-orang lebih banyak memilih menawarkan bisnisnya melalui digital. Penguasaan teknologi yang baik dipercaya lebih efektif untuk mengembangkan bisnis. Berbagai macam jenis pemasaran sangat mudah dilakukan dengan memanfaat media sosial, fitu-fitur di internet, dan sebagainya.

Jika memilih pemasaran secara digital anda perlu social media management, banyak strategi pesaran yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan bisnis online Anda. Salah satunya memanfaatkan media sosial Instagram. Kita semua sudah tau, bagaimana potensi Instagram untuk peluang bisnis. Instagram sangat men-suport para pembisnis untuk beriklan disini. Jika Anda masih kesulitan mengelola konten atau postingan di Instagram, sekarang sudah banyak jasa konten Instagram yang bisa Anda gunakan agar pengelolaan media sosial Instagram Anda menjadi lebih baik.

Strategi dalam mengelola media sosial Instagram tentu sangat penting karena kualitas konten ini lah yang nantinya akan menarik audiens bisnis Anda. Konten yang menarik, kretif, segar, dan konsisten akan membuat audiens melirik produk atau jasa bisnis Anda. Menurut berbagai penelitian menggungkapkan bahwa pengelolaan konten Instagram yang baik sangat berpengaruh terhadap respon dan jumlah custemer Anda.

Konten Menarik Instagram

            Instagram dapat menjadi platform penjualan yang efektif untuk meningkatkan awareness, menjangkau customer, dan bahkan melakukan penjualan. Lalu apa yang harus Anda lakukan setelah membuat akun bisnis? Konten seperti apa yang dapat menarik target customer dan meningkatkan penjualan? Anda harus bisa membuat konten-konten yang menarik dan relevan bagi target customer  sehingga mereka ingin mempelajari lebih lanjut produk yang Anda tawarkan.

Beberapa strategi ide yang bisa Anda coba untuk membuat konten instagram lebih menarik sebagi berikut:

Foto atau Video Produk

Cara paling mudah dan sederhana untuk mulai membuat konten untuk Instagram bisnis adalah mengunggah foto atau video produk. Namun, foto produk tidak bisa sekadar foto saja. Jika tidak dilakukan dengan baik, konten bisa terlihat seperti spam dan malah menjauhkan customer.

Tips agar konten foto atau video tampak menarik, Anda dapat memperlihatkan produk dari beberapa sisi. Setelah memberi variasi, Anda dapat menunjukan fitur-fitur atau keunggulan produk. Misalnya, jika Anda ingin memperlihatkan bahwa material produk berkualitas, Anda bisa menggunakan foto close up agar material terlihat lebih jelas.

Selanjutnya penggunaan background yang selaras di tiap fotonya. Ini bukan berarti background harus selalu sama, tetapi sebaiknya antara satu background dengan yang lainnya tidak terlalu berbeda agar feed terlihat rapi. Pastikan bahwa background tidak membuat produk terlihat kurang jelas. Untuk memudahkan pengalaman berbelanja customer, Anda dapat menambahkan shopping tag Instagram Shopping pada foto produk sehingga customer yang tertarik bisa langsung kamu arahkan untuk mempelajari produk lebih lanjut dan melakukan transaksi.

Bermain Pola Feed

banyak akun bisnis di Instagram yang mengatur feed mereka agar membentuk suatu pola. Ini adalah cara untuk menarik customer saat mereka pertama kali mengunjungi profil bisnis Anda. Jika visual feed menarik perhatian mereka, mereka pun akan lebih lama melihat-lihat kontenmu dan mempelajari lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan.

Ada banyak cara untuk mengatur pola feed mulai dari grid diagonal dimana pola foto terus berulang membentuk diagonal, tiles dimana konten diatur secara selang-seling sehingga membentuk pola seperti papan catur, feed berdasarkan baris dimana setiap 3 deret foto pada feed memiliki visual yang serupa, puzzle dimana post satu dengan yang lainnya menyambung, dan banyak lagi.

Bangun Gaya Hidup

Anda dapat membagikan konten yang menunjukkan produk adalah bagian dari gaya hidup. Ini akan membuat produk Anda terlihat relevan di mata target customer. Misalnya jika Anda menjual pakaian atau sepatu olahraga, Anda dapat menampilkan foto model yang sedang berolahraga menggunakan produkmu.

Cara ini dapat membangun citra brand. Foto seperti ini bisa menampilkan lebih dari satu produk. Misalnya model menggunakan sepatu dan baju olahraga yang dijual. Kemudian pada produk Anda bisa menambahkan shopping tag Instagram Shopping. Hal ini dapat meningkatkan exposure beberapa produk lewat satu konten. Selain membuat konten terlihat lebih bervariasi, cara ini juga dapat membantu memberikan konteks pada produk.

Flatlay

Flatlay adalah jenis foto di mana Anda meletakkan barang-barang di atas permukaan datar seperti lantai, tempat tidur, atau meja kemudian menatanya dengan cara yang kreatif. Misalnya jika Anda menjual pakaian, bisa membuat flatlay untuk membagikan inspirasi outfit of the day. Konten flatlay merupakan salah satu tipe konten yang banyak digemari orang karena terlihat bersih, simpel, dan menarik. Pada tipe konten ini, Anda juga bisa menampilkan beberapa produk sekaligus dan menyertakan shopping tag pada masing-masing produk.

Bagikan Konten yang Bermanfaat untuk Customer

Anda tidak harus selalu membagikan konten seputar produkmu saja. Anda bisa membagikan konten-konten lain yang bermanfaat bagi customer. Misalnya membagikan quotes yang menarik dan relevan bagi target customer atau membagikan tips-tips yang masih berhubungan dengan produk Anda.

Meme atau Konten Menghibur Lainnya

Meme atau konten lucu bisa menjadi konten yang membantumu meningkatkan jangkauan audiens. Selain menghibur audiens, konten lucu juga mendorong orang untuk membagikannya ke teman-teman mereka sehingga awareness bisnis Anda juga semakin meningkat. Anda bisa menggunakan meme atau budaya pop yang sedang tren sehingga konten lebih segar dan menarik.

Konten Interaktif

Jenis konten lainnya yang bisa dicoba adalah konten interaktif seperti konten yang mengajukan pertanyaan, game, quiz, atau giveaway. Jenis konten ini umumnya efektif untuk meningkatkan engagement dan membangun komunikasi dengan followers. Cara ini dapat membantu mendapatkan insights dari audiens yang bisa mengoptimalkan penjualan dan mengembangkan produk.

Testimoni

Jika customer selesai bertransaksi, Anda bisa menanyakan mengenai kepuasan mereka. Jika mereka puas, Anda bisa meminta mereka untuk membagikan foto mereka menggunakan produk dan meminta review dari mereka. Anda bisa membagikan foto tersebut sebagai bentuk testimonial. Konten testimonial dapat membantu meningkatkan penjualan karena meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Konten Behind The Scene

Bagikan foto tim Anda yang mencerminkan persona dari brand atau menunjukkan proses di balik layar. Misalnya jika Anda menjual Sepatu, Anda bisa menampilkan foto saat sepatu tersebut sedang dibuat. Konten seperti ini akan membuat brand terlihat lebih personal dan customer pun merasa lebih dekat dengan brand.

Konten Momen Spesial

Customer biasanya senang melihat konten untuk momen-momen spesial misalnya konten spesial liburan akhir tahun, Natal, atau tahun baru. Anda bisa membagikan konten musiman untuk momen-momen tersebut. Pastikan Anda mengunggahnya di hari dan momen yang tepat agar konten tetap relevan. Selain dapat menarik customer, ini juga salah satu cara untuk membangun hype terhadap brand terutama apabila Anda akan mengadakan promo pada momen tersebut.

Beberapa ide konten menarik dapat Anda coba untuk mengoptimalkan bisnis online Anda. Jika Anda merasa kesulitan mengelola Instagram agar tetap konsisten, jalan keluar yang dapat diambil adalah menggunakan jasa konten Intagram. Kali ini saya akan merekomendasikan jasa konten Instagram terbaik yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Agensi Ardata Media yang sangat apik mengelolan akun Instagram bisnis.

Ardata memiliki layanan pengelolaan sosial media dari postingan hingga closing yang ditangani oleh tim profesional. Tim Ardata akan merancang, meriset ide konten dan caption sosial media bisnis Anda sesuai dengan target market produk. Jasa konten Instagram ini akan merancang strategi peningkatan interaksi sosmed Anda dengan cara organik, endorsment, atau melalui ads. Tim Ardata akan memulai dari pembuatan asset, editing, ilustrasi, hingga konten siap posting. Hal tersebut dilakukan bukan sekadar menggunakan template. Anda tidak perlu repot menyeting iklan, audience targeting, ataupun mencari influencer untuk endorse. Tim Ardata akan menangani itu semua. Untuk merasakan manfaat jasa konten Instagram ini, silahkan dapat dicoba.

           

 

Write your comment Here

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: