Dalam membeli suatu barang sebaiknya harus memerhatikan aspek-aspek penting mengapa Anda membeli barang tersebut, apakah karena kebutuhan, atau hanya ingin memuaskan keinginan semata. Termasuk saat ingin membeli sebuah laptop, Anda harus mengetahui apa saja kebutuhan Anda supaya nantinya laptop yang dibeli bisa meringankan kegiatan Anda. Misalnya kebutuhan Anda hanyalah pekerjaan yang kebanyakan tugasnya mengetik dengan aplikasi office dan sesekali melakukan browsing, maka Anda tak perlu membeli laptop dengan spesifikasi ‘dewa’ untuk melakukan hal itu karena terlalu tinggi untuk melakukan hal seringan itu, dan juga pastinya akan lebih membutuhkan biaya yang lebih mahal. Maka dari itu, kami akan memberikan tip bagaimana cara memilih laptop berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Seperti yang sudah kami singgung di awal, Anda harus memerhatikan kebutuhan Anda sendiri, “kira-kira setelah membeli laptop, akan digunakan untuk apa, ya?”. Untuk lebih jelasnya, kami mengggolongkan kebutuhan laptop dalam tiga hal, yaitu:

  • Laptop untuk Kerja Kantor

Untuk kebutuhan semacam mengetik, browsing, memutar musik, film, bahkan game ringan pun Anda bisa menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi rendah dan harganya pun terjangkau minimal 3 juta ke atas, banyak sekali brand-brand yang menawarkan laptop dengan harga tersebut, Anda bisa bebas memilih brand sesuai selera Anda.

  • Laptop untuk Content Creator

Sebagai Content Creator pastinya membutuhkan laptop yang mampu untuk rendering, editing, desain, dan sebagainya. Untuk itu, kami menyarankan laptop yang sudah memiliki spesifikasi layar yang memiliki Color Gamut tinggi, karena akan memengaruhi kualitas warna yang ditampilkan, sehingga akan lebih terlihat nyata. Umumnya, layar yang memiliki color gamut tinggi adalah 100% sRGB atau 72% NTSC. Kemudian dari segi performa, lebih baik Anda memilih laptop yang memiliki ram minimal 8 GB dan sudah menggunakan SSD untuk mendapatkan performa yang tinggi. Yang terakhir adalah prosesor, Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5 ke atas sudah bisa menunjang kegiatan Anda tergantung seberapa kompleks project yang Anda kerjakan.

  • Laptop Gaming

Jika Anda membeli laptop untuk bermain game-game berat, adalah pilihan yang tepat ketika Anda membeli laptop gaming. Karena biasanya laptop yang berlabel gaming sudah memiliki kemampuan yang sangat tinggi. Dari segi RAM, biasanya laptop gaming memiliki 16 GB RAM, dan kebanyakan laptop gaming juga sudah menggunakan SSD sebagai penyimpanannya. Untuk VGA tak perlu diragukan lagi kualitasnya, meskipun tidak semua VGA di laptop gaming mampu menjalankan semua game berat dengan kualitas grafis “ultra”. Untuk harga laptop gaming sangat beragam, mulai dari belasan hingga puluhan juta. Anda bisa memilih sesuai kemapuan finansial Anda.

2. Garansi

Garansi pada laptop adalah sebuah harga mati, karena jika laptop tidak memiliki garansi, maka akan mustahil untuk bersaing dengan merek lain. Meskipun jarang ditemui brand laptop yang tidak memiliki garansi ketika menjual produk mereka dalam kondisi baru. Anda bisa memilih brand laptop yang memiliki garansi lama, umumnya 12 bulan seperti yang telah diterapkan oleh ASUS, Lenovo, dan sebagainya. Selain garansi, serice center juga harus Anda perhatikan untuk berjaga-jaga misalnya ada kerusakan parah Anda bisa menggunakan garansi yang tersisa untuk memperbaiki laptop ke service center agar lebih terpercaya.

3. Harga Jual Kembali

Hal ini berlaku ketika sudah bosan menggunakan laptop Anda, tetapi belum tentu laptop bekas bisa dijual dengan harga yang tinggi. Sebenanrnya laptop bekas yang masih dihargai lumayan tinggi pun juga tersedia karena mungkin peminatnya sangat banyak. Anda bisa memanfaatkannya dengan membeli laptop baru dengan merek tertentu yang masih banyak peminatnya, ini betujuan untuk mempertahankan harga jual laptop Anda ketika sudah tidak ingin menggunakannya.

4. Cek Barang Sebelum Meninggalkan Toko

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah mengecek laptop baru yang Anda beli sebelum meninggalkan toko. Mengapa? Karena untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada laptop baru, misalnya saja ada tombol keyboard yang tidak berfungsi, dan lain-lain. Jika Anda membeli melalui toko online, usahakan Anda berhati-hati dalam memilih toko agar tidak tertipu, kami sangat menyarankan Anda apabila membeli laptop dari toko online, pilihlah toko distributor resmi, atau dari official store merek yang Anda pilih. Apabila membeli di toko online non resmi, perhatikan rating toko dan testimoni pelanggan sebelumnya.

Mungkin itu adalah beberapa tip mengenai cara memilih laptop berkualitas sesuai kebutuhan yang dapat Anda terapkan sebagai pertimbangan ketika akan membeli laptop seperti apa yang sesuai kebutuhan Anda.

Write your comment Here

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: