Prosesor adalah hal yang wajib di sebuah perangkat komputer atau laptop. Karena prosesor adalah “otak” di sebuah perangkat komputer. Jika tidak ada prosesor, maka perangkat komputer tidak akan bisa digunakan. Pasti Anda sudah familiar dengan prosesor Intel dan AMD. Kedua prosesor itu merupakan brand besar yang selalu bersaing setiap saat. Beragam keunggulan dari keduanya membuat konsumennya terkadang bingung. Selain itu, banyak juga yang membandingkan kedua merek itu dan mana yang sesuai untuk kebutuhan konsumen. Namun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan di bidang masing-masing. Tetapi apakah Anda sudah mengetahui aspek yang membuat keduanya selalu dibandingkan oleh para pengguna komputer? Berikut penjelasannya.

 

  1. Kecepatan

Ketika Anda akan membeli PC/laptop, pastinya Anda ingin memiliki perangkat PC/laptop yang mempunyai kinerja yang baik, bukan? Kinerja PC/laptop yang cepat akan dapat memudahkan Anda dalam mengakses aplikasi dan program tanpa membutuhkan waktu lama, apalagi ketika sedang mengerjakan pekerjaan atau tugas yang penting, PC/laptop yang cepat pasti akan membuat waktu Anda tidak terbuang. Jika dilihat dari aspek kecepatan, terdapat sebuah fakta menarik berdasarkan tes benchmark AMD dan Intel. Intel diyakini jauh lebih cepat dibandingkan dengan AMD. Meskipun tidak kalah jauh, tetapi kita tidak bisa mengelak bahwa Intel memang mempunyai kecepatan yang lebih baik dibanding AMD.

  1. Grafis untuk Game

Zaman sekarang terdapat banyak sekali game-game menarik yang bisa dimainkan menggunakan perangkat komputer seperti semacam laptop. Salah satunya adalah game ber-genre FPS yang juga bisa dimainkan di semua jenis laptop, misalnya Destiny 2, Counter-Strike, Rage 2, Call of Duty, Far Cry 5 dan masih banyak lagi. Untuk memainkan game ini, kekuatan prosesor berperan penting untuk menunjang jalannya game agar lancar. Kurang tepat rasanya apabila sedang bermain game tetapi terganggu karena laptop yang lemot. Apabila dilihat dari segi grafis antara AMD dan Intel, ternyata AMD terbukti jauh lebih kuat. AMD mampu bertahan di posisi yang stabil meskipun suhu laptop meningkat.

  1. Manajemen Suhu

Jika perangkat laptop dioperasikan, pasti suhunya akan meningkat, entah itu hangat atau juga panas. Prosesor berperan penting sebagai pengendali suhu di dekat kipas bawaan perangkat laptop. Maka dari itu, ketika hendak membeli laptop, Anda harus bisa memilih mana prosesor yang dapat memanajemen suhu dengan baik. Jika melihat sisi manajemen suhu, Intel sedikit lebih baik dibanding AMD. Terobosan baru Intel akan menjadikan kinerja prosesor otomatis menurun saat suhu meningkat. Dengan memiliki penyesuaian suhu secara otomatis, prosesor Intel bisa dibilang lebih stabil. Selain itu, Prosesor Intel juga tidak menyebabkan laptop menjadi terlalu panas seperti AMD.

  1. Multimedia

Multimedia adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting agar dapat memberikan beragam manfaat bagi penggunanya misalnya sebagai hiburan. Jika melihat dari segi multimedia, prosesor Intel dan AMD memiliki perbandingan yang cukup signifikan. Intel diyakini lebih baik dibanding AMD. Tentu hal ini terbukti bahwa gambar yang diperlihatkan oleh prosesor Intel lebih detail dan jelas. AMD sedikit tertinggal dibandingkan Intel dari segi multimedia. Selain itu, perbedaan ini juga sudah terbukti dalam dunia game di seluruh dunia.

  1. Virus

Virus adalah suatu hal yang sangat mengganggu apabila menggunakan perangkat laptop. Virus atau malware adalah suatu program yang seringkali memberikan kerugian bagi pengguna laptop itu sendiri, dan bahkan virus bisa merusak sistem. Namun, semakin mutakhirnya teknologi prosesor, AMD memiliki teknologi yang efektif untuk mendeteksi virus. Sebelum virus menyerang perangkat Anda, prosesor AMD akan mengetahuinya lebih cepat. Di sisi lain, Intel belum memiliki teknologi yang ada seperti prosesor AMD. Tentu hal ini akan memastikan bahwa AMD lebih unggul dibanding Intel dari segi mendeteksi virus.

  1. Harga

Selain aspek di atas, harga adalah sebuah penentu konsumen dalam memilih prosesor AMD atau Intel. Tetapi untuk segi harga, prosesor Intel dan AMD ternyata memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Terbukti saat ini laptop yang menggunakan processor Intel sedikit lebih mahal dibanding AMD. Jika Anda ingin memiliki perangkat laptop dengan harga terjangkau tetapi spesifikasi yang baik, Anda bisa memilih laptop yang memiliki processor AMD. Namun, ketika Anda ingin membeli laptop dengan performa multimedia yang baik, laptop dengan processor Intel adalah pilihan yang baik.

Itulah beberapa hal yang membuat kedua prosesor Intel dan AMD sering dibandingkan oleh para konsumen. Namun, terlepas dari itu semua, kembali lagi kepada pilihan masing-masing karena setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing.

Write your comment Here

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: