RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Buat para calon pendidik jangan lupa latihan buat RPP ya, jangan sampai kita menyepelekan pembuatan RPP, sekarang pembuatan RPP sebagai perangkat ajar wajib hukumnya untuk seorang guru. Rencana Pelaksanaan pembelajaran digunakan sebagai pedoman guru dalam proses pembelajaran, di dalam RPP sendiri terdapat:

  1. Identitas (meliputi nama sekolah, mata pelajaran, alokasi waktu pembelajaran, kelas/semester, dan materi pokok)
  2. Standar kompetensi
  3. Kompetensi dasar
  4. Indikator
  5. Tujuan pembelajaran
  6. Pendekatan/Metode
  7. Sumber belajar
  8. Materi pembelajaran
  9. Langkah-langkah pembelajaran (kegiatan awal/pendahuluan, kegiatan inti, penutup)
  10. Evaluasi

Meskipun RPP dilaksanakan sebagai pedoman guru dalam pembelajaran, namun RPP tidak bisa dikatakan sebagai hukum mutlak keberhasilan suatu pembelajaran. Karena pembelajaran dikatakan berhasil apabila standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran dapat tercapai, karena dalam pelaksanaan RPP pastinya ada kendala yang bisa datang tiba-tiba. Misalnya dalam penggunaan media, ketika guru sudah membuat media sedemikian rupa untuk didemonstrasikan kepada peserta didik saat pembelajaran, namun media itu rusak dan tidak mungkin untuk dipakai, maka guru harus berpikir kreatif untuk tetap menyampaikan materi pembelajaran dengan maksimal agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Dalam kasus ini berarti guru gagal menerapkan RPP dengan media yang sudah direncanakan sebelumnya, namun pembelajaran tetap bisa berhasil apabila peserta didik dapat mencapai kompetensi-kompetensi yang diharapkan.

Saat ini masih banyak guru yang tidak membuat RPP, karena menganggap bahwa RPP bukan hal yang penting dalam pembelajaran. RPP digunakan sebagai pedoman dalam guru mengajar dan memudahkan guru dalam proses pembelajaran yang sudah direncanakan dalam RPP. Jadi RPP merupakan hal penting yang tidak seharusnya dilupakan oleh seorang guru, karena tanpa perencanaan pembelajaran yang matang, guru akan kesulitan dalam menyampaikan materi.

Berikut contoh rpp yang telah saya buat meskipun belum sempurna, tapi semoga bermanfaat. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 6 SD bahasa indonesia semester 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: