Pendidikan Ideal di Mata Mendikbud Finlandia

JAKARTA – Seperti kita ketahui, Finlandia dianggap sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Lantas, bagaimana sih pendidikan ideal di mata Menteri Pendidikan dan Komunikasi Finlandia Krista Kuru?

Bagi dia, pendidikan sangat penting dan harus menyenangkan. Pendidikan juga harus membuat orang termotivasi dalam belajar. Bahkan, Kuru tidak segan mengajak anak-anak agar mau belajar sambil menerangkan manfaat pendidikan

gambar: indovasi.or.id
gambar: indovasi.or.id

tersebut.

“Tanpa pendidikan, kita tidak akan kuat. Sebagai bangsa, kita harus bisa memastikan bahwa setiap orang memiliki kemungkinan untuk bisa lebih kompetitif,” kata Kuru kepada Okezone usai bertemu Mendikbud Anies Baswedan di Kantor Kemendikbud, Kamis (19/3/2015).

Kuru bercerita, begitu pentingnya pendidikan membuat dia selalu belajar satu hal setiap hari. Meskipun sulit, kebiasaan ini terus dilakoninya.

“Saya mencoba untuk bersenang-senang setiap hari dan belajar satu hal, meskipun itu sulit,” tuturnya.

Lantas, bagaimana pendapat Kuru tentang pendidikan Indonesia? Dengan ramah, Kuru coba menjawab diplomatis pertanyaan tersebut.

“Saya tidak cukup tahu mengetahui pendidikan Indonesia sehingga saya tidak bisa memberikan komentar mengenai hal itu,” imbuhnya.

(Afriani Susanti )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: