5 TIPS CARA MENGAMANKAN KOMPUTER DARI VIRUS

Melindungi komputer dari virus, memang perkara yang wajib. Tentu Anda tidak ingin data di dalam komputer tiba-tiba hilang akibat serangan virus komputer yang berbahaya bukan? Oleh karena itu, saya memberikan berbagai tips mengamankan komputer dari virus berikut ini. Diharapkan, nantinya bisa memberikan manfaat kepada Anda untuk menutup semua celah dari potensi virus berbahaya.

1. Instal Antivirus Berkualitas

Banyak user yang percaya terhadap perlindungan antivirus gratis. Memang, penyedia layanan mengatakan bahwa terdapat perlindungan spyware, adware, Trojan, dan sebagainya. Namun, pada dasarnya program antivirus gratis ini tidak memberikan daftar perlindungan yang memadai. Sebaliknya, ancaman terus meningkat dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu semua pengguna Windows harus menginstal perangkat lunak antivirus kelas premium pada PC mereka. Meskipun melakukan pembayaran atau kita harus repot mencari lisensinya, namun fitur yang ditawarkan oleh antivirus premium ini benar-benar berkualitas.

virus komputer2. Lakukan Scan Harian

Virus di dalam komputer Anda bisa saja luput dari perhatian perangkat lunak antivirus. Untuk mendapatkan perlindungan secara menyeluruh, tentu saja sangat disarankan melakukan scan harian dalam rangka mendeteksi, mengisolasi, dan menghapus infeksi virus yang muncul.

3. Nonaktifkan autorun

Banyak virus yang hadir dari penginstalan aplikasi sehingga virus tersebar secara otomatis ke komputer kita. Pada dasarnya, hal ini bisa dicegah dengan cara menonaktifkan fitur autorun sehingga pengguna akan mengikuti panduan windows dalam melakukan penginstalan setiap aplikasi. Cara ini membuat komputer lebih terlindung dari potensi virus berbahaya.

4. Jangan Mudah Klik Link

Tidak jarang, kita tergiur terhadap link yang dilampirkan pengguna internet. Padahal, banyak dari link tersebut mempunyai potensi menyebarkan virus ke komputer dan menghapus semua data penting Anda. Biasanya link yang ditawarkan untuk di klik adalah link promosi atau bahkan link pornografi yang membuat pengguna internet lain cenderung melakukan klik.

Baca Juga :  Sejarah Virus Komputer Dan Perkembangannya

Anda harus pintar dalam memilih mana link yang baik dan buruk. Jika terlihat mencurigakan, maka segera hindari.

5. Selalu Melakukan Update Antivirus

Jika Anda mencoba sebuah antivirus, maka jangan menolak untuk melakukan update. Antivirus yang update tentunya mempunyai perlindungan yang jauh lebih baik dan sudah terprogram untuk melindungi komputer Anda dari berbagai ancaman virus baru.

Berbekal 5 tips mengamankan komputer dari virus tersebut, semoga komputer Anda benar-benar terhindar dari segala macam bentuk virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: