Kampus Unnes Sutera #1

Universitas Negeri Semarang atau yang akrab disapa Unnes adalah salah satu kampus berbasis konservasi di Indonesia. Kata konservasi di sini bukan hanya sekedar sandangan. Unnes telah merealisasikannya dalam berbagai tindakan nyata. Dalam visi Unnes sendiri sudah jelas disebutkan bahwa Unnes hendak “Menjadi Universitas Konservasi bertaraf Internasional yang Sehat, Unggul, dan Sejahtera pada tahun 2020”. Untuk merealisasikan tujuan ini Unnes telah mengadakan beberapa terobosan seperti salah satunya kegiatan menanam pohon yang wajib bagi setiap mahasiswa sebagai salah satu syarat wisuda. Dengan visi di atas Unnes dikenal pula sebagai kampus Sutera yang merupakan kependekan dari istilah Sehat, Unggul dan Sejahtera.

Secara akademik Unnes telah memasukan unsur-unsur konservasi dalam kegiatan perkuliahan seperti dengan dikembangkannya Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Konservasi, diadakannya mata kuliah Pendidikan Konservasi, pembuatan buku Etika Karakter Konservasi Mahasiswa Unnes dan lain-lain. Semua itu dimaksudkan agar mahasiswa mampu menyerap nilai-nilai konservasi dan mampu melaksanaknnya dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan satu langkah lebih maju sebagai wujud pembangunan yang berbasis kelingkungan. Namun semua usaha itu tidak menjadi apa-apa tanpa kesadaran Mahasiswa dan peran serta masyarakat sekitar untuk mendukung upaya konservasi di atas. Maka dari itu marilah kita sebagai masyarakat, warga Unnes khususnya untuk memulai budaya konservasi sebagai upaya mewujudkan kehidupan yang Sehat, Unggul Dan Sejahtera masa kini dan masa yang akan datang.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: